Money & Power

Kalau Pria Punya Bos Perempuan

bos perempuan

“Pria sering merasa terintimidasi oleh bos perempuannya, karena mereka tidak berbicara bahasa yang sama. Pria itu takut salah bicara di depan bos wanitanya!” Demikian diungkap oleh Mary Blair, profesor psikologi dari university of california. Hal ini wajar, karena pria sudah punya anggapan dan citra khusus tentang perempuan yang akhirnya berpengaruh terhadap pekerjaan.

Coba kita tanya apa yang ada dibenak ketika disebut bos perempuan? Biasanya akan langsung muncul kata “emosional, menggunakan perasaan, tidak mampu” dan stigma sejenis lainnya. Pemikiran macam begini justru akan membuat kita kesulitan ditempat kerja. Karena itu ada beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk bisa menghadapi bos wanita.

Pria suka mengawasi sementara wanita suka kerja sama
Ini beda paling utama antara pria dan wanita, terutama ketika menjadi bos. Pria lebih cenderung untuk menjadi supervisor alias pengawas. Bos pria biasanya sudah menentukan standar kerja mereka diawal dan dia akan mengawasi bawahannya apakah sudah melakukan pekerjaan sesuai standar yang ditentukan.

Sementara perempuan lebih suka jika dilibatkan dalam kerja sama. Bos wanita biasanya tidak menentukan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan diawal. Mereka lebih ingin melihat sifat proaktif bawahannya.

Karena itu cara paling mudah adalah dengan menginformasikan tentang apa yang perlu, sedang dan akan kita lakukan sebagai bawahan dan serahkan kepada bos perempuan secara berkala sebelum ditanya.

Jangan kaget jika bos wanita bisa mencoret-coret pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Ini bukan karena mereka tidak percaya dengan kita, tapi lebih karena mereka senang turun mengerjakan secara bersama-sama.

bos perempuan

Buat perempuan masukan personal lebih penting dari peraturan
Para pria dengan egonya memang suka menegakan peraturan. Beda dengan perempuan, mereka lebih mudah beradaptasi dengan keadaan. Karena itu dalam pekerjaan, mereka lebih suka menjalankan ide masukan bawahannya dibandingkan hanya sekedar menjalankan peraturan.

Kalimat macam “dari tahun-tahun kemarin kita seperti itu Bu!” akan jadi masalah buat kita. Jadi buat mereka jauh lebih penting alasan kita melakukan suatu pekerjaan, dibandingkan sekedar melakukannya karena peraturan mengatakan demikian. Bahkan bukan tidak mungkin mereka lebih berani “menabrak” peraturan jika masukan kita lebih masuk akal.

Karena itu seandainya mereka membahas sebuah masalah, jangan buru-buru memotong dan memberikan solusi. Apalagi dengan menyebut “kalau kantor kita peraturannya begini” atau “kalau tahun lalu bisanya begitu”. Lebih baik dengarkan hingga ia menyelesaikan kalimatnya dulu. Baru kemudian pikirkan masalah tersebut dan solusinya yang lebih terkini, baru ajukan sebuah masukan.

Para pria, PMS itu memang ada!
Suka tidak suka, para pria harus memahami bahwa perempuan itu memang mengalami apa yang disebut dengan pre menstrual syndrom. Hal yang disingkat dengan PMS ini adalah sebuah siklus rutin yang mempengaruhi fisik dan psikologis perempuan. Waktunya biasanya satu sampai dua minggu sebelum periode datang bulan.

bos wanita

Bentuknya beragam dan efeknya berbeda-beda ditiap wanita. Ada yang disebut PMS tipe anxiety yang akan memberikan rasa tegang, khawatir dan labil. Ada lagi PMS tipe Depression, yaitu ketika wanita mengalami gejala depresi, mudah lupa, sulit mengungkapkan isi kepala dengan kata-kata, serta ingin menangis dan merasa ditinggalkan. Lainya adalah PMS tipe carving yang selalu merasa lapar dan PMS tipe hyperhydration yang merasa kembung pada perut. Tipe-tipe ini bisa bermunculan secara sendiri atau secara bersamaan sekaligus.

Jadi sebagai laki-laki, jangan ikut terbawa emosi kalau tiba-tiba mood bos wanita anda tiba-tiba berubah secara mendadak. Bisa jadi dia sedang mengalami PMS. Atau anda punya pengalaman lain?

1 Comment

1 Comment

  1. Perlengkapan Bayi

    September 10, 2015 at 1:02 pm

    Atasan cewe’ biasanya suka marah – marah, n gk mau ndengerin bawahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top