Ride

Hati-hati, Salah Ganti Lampu Putih Untuk Kendaraan Bisa Masuk Penjara Bro!

lampu mobil putih

Menurut data yang dikeluarkan Korlantas Polri, kecelakaan lalu lintas secara nasional setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Sejak 2014 hingga terakhir tahun lalu, jumlahnya semakin banyak. Sejak tahun 2014 tercatat 95.906 kasus, tahun selanjutnya 98.970 kasus, dan terakhir 2016 meningkat menjadi 105.374 kasus. Dengan rincian dari total 105.374 kasus, korban meninggal dunia tercatat 25.859 orang, luka berat 22.939 orang, luka ringan 120.913 orang.

Dan tahukah anda jika ternyata salah satu penyebab dari kecelakaan lalu lintas dipicu oleh pengguna kendaraan yang mengganti lampu kendaraannya dengan High Intensity Dishage (HID) dan Light-Emitting Diode (LED) alias lampu putih. Kasus soal lampu putih ini pernah viral saat dikeluhkan oleh Persatuan Sopir Truk Indonesia dalam laman facebook.

Saat itu Bahri Shohibul perwakilan para supir meminta pengertian para pengguna motor dan mobil pribadi yang memakai lampu putih. Mereka mengatakan bahwa sorot lampu tajam itu sangat menyilaukan pandangan mereka. Bahkan Bahri menceritakan kondisi kebanyakan para sopir yang sudah lelah karena membawa barang atau bahan yang dbutuhkan masyarakat. Saat berpapasan dengan mobil yang berlampu silau warna putih, seketika pandangan menjadi gelap.

Nah, karena itu buat Sobat Yomamen yang doyan lampu putih, cobalah untuk tak sembarang mengganti lampu kendaraannya. Berikut adalah berapa hal yang patut anda pertimbang jika ingin mencoba mengganti lampu kendaraan dengan Lampu putih.

UNTUK MENGGANTI LAMPU KENDARAAN TIDAK BISA SEMBARANGAN, ADA UNDANG-UNDANGANYA

Undang-undang terkait pencahayaan berkendara telah diatur di dalam UU pasal 24 PP no. 55 tahun 2012. Disebutkan, bahwa pencahayaan baik lampu dekat dan utama jauh harus memenuhi persyaratan sebagai berikut ini.
– Berjumlah 2 (dua) buah atau kelipatannya
– Dipasang pada bagian depan kendaraan bermotor
– Dipasang pada ketinggian tidak lebih dari 1.500mm dari permukaan jalan dan tidak melebihi 400mm dari sisi bagian terluar kendaraan
– Dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.
– Dan apabila sepeda motor dilengkapi lebih dari 1 (satu) lampu utama dekat maka lampu utama dekat harus dipasang berdekatan.

Dan dijelaskan lebih lengkap dijelaskan lagi dalam pasal 70 PP no. 50 tahun 2012 yang menerangkan bahwa daya pancar dan arah sinar lampu utama harus lebih dari atau sama dengan 12.000 candela (satuan untuk menyebutkan intensitas cahaya).

WALAU TERKESAN MEWAH SEBENARNYA INI BERBAHAYA

Pihak perusahaan yang menjadi produsen kendaraan sudah melakukan pertimbangan untuk pemakaian lampu utama yang tidak menyilaukan mata,termaksud untuk pemakaian lampu putih untuk kendaraan. Namun banyak pengendara yang berpikir bahwa semakin terang dan putih suatu lampu kendaraan akan membantu mereka untuk dapat melihat jalanan lebih terang yang sebenarnya cahaya terang yang dipantulkan oleh lampu kendaraan anda tersebut akan menganggu pengendara lain karena sinarnya yan sialu.

Kejadian seperti ini sering sekali berakhir dengan terjadinya kecelakaan dijalan, karena seseorang yang terkena sinar lampu putih dari kendaraan lain sering sekali kehilangan konsentrasi berkendara karena silau. Coba bayangkan jika hal tersebut menimpa anda? Bisa saja akan ada hal buruk menimpa anda karena kesalahan seseorang dalam memilih lampu untuk kendaraannya!

DARI HUKUM PIDANA KURUNGAN HINGGA DENDA

Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 279 menyatakan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,-

Dari Undang-undang tersebut anda bisa tahu jika dengan mengganti bola lampu kendaraan menjadi lampu putih yang bisa menganggu pengendara lain adalah salah satu tindakan melanggar UU.

Bagi anda yang saat ini telah memakai lampu putih pada kendaraan atau sedang berniat mengganti bola lampu kendaraan mungkin bisa mempertimbangkan hal-hal diatas, karena pada kenyataannya selain dapat merugikan oranglain  kegiatan tersebut juga dapat merugikan diri anda sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Oppo F3 Special Edition Reza Rahadian

Awal Ramadhan dimanfaatkan satu brand gadget ternama, Oppo, untuk memasarkan produk andalannya, Oppo F3 Limited Edition. Kali ini Oppo mengusung Brand Ambassador aktor Reza Rahadian.

Reza adalah aktor yang sukses memerankan tokoh berkarakter Presiden Ketiga RI BJ Habibie lewat film Habibe & Ainun (2006). Reza juga sukses memerankan sosok bos yang menyebalkan dalam film My Stupid Boss (2012).

Produk terbaru Oppo ini diberi nama Oppo F3 Special Edition Reza Rahadian. Oppo  sengaja meluncurkan produk gadget limited edition dengan icon Reza Rahadian karena gadget ini dinilai pas menggambarkan sosok Reza Rahadian yakni, macho. Lihat saja Body Oppo F3 Special Edition Reza Rahadian, dibalut warna black matte. Produk ini diproduksi terbatas, hanya 600 unit.

Keren, begitu kata pas untuk menggambarkan Sleek Metal Body Oppo F3 ini. Desain 5,5 inch dengan bodi compact dengan bezel sangat tipis dan finishing halus dengan sudut membulat, membuat Oppo F3 sangat pas di genggaman dan nyaman digunakan.

Lewat produk terbaru ini, Oppo menghadirkan pengalaman selfie terbaru bagi penggunanya. Untuk pertama kalinya, Oppo F3 menggunakan dua kamera depan, One for Selfie, One for Group Selfie.

Tengok saja keunggulan Oppo F3 yang mengusung kamera pertama 16 MP Beautify Selfie Camera, untuk portrait selfie yang jernih. Juga Double View Group Selfie Camera untuk Group Selfie dengan banyak orang sekaligus dan tentu saja menangkap pemandangan yang lebih luas.

Oppo merancang khusus Double View Group Selfie Camera, yang mampu memotret dua kali lipat lebih luas. Group Selfie menjadi lebih mudah tanpa bantuan selfie stick. Kamera depan ini menggunakan 6 lapisan lensa. Lapisan ini membuat pengaturan cahaya lebih tepat, sehingga tidak terjadi distorsi atau penyimpangan pada gambar, misalnya wajah yang menjadi cembung.

Uniknya, di Oppo F3 ini saat mendeteksi tiga orang atau lebih, maka akan muncul notifikasi yang menyarankan pengguna beralih ke kamera Group Selfie. Meski Double View Dual Selfie Camera ini bekerja secara terpisah, tetapi memberikan experience yang mudah dalam satu interface.

Kehadiran Oppo F3 yang mendapat sambutan baik dari konsumen, membuat Oppo ingin terus memberikan kejutan kepada konsumennya. Termasuk dengan kehadiran Oppo Reza Special Edition, yang akan dijual secara terbatas tersebut. Tak berhenti sampai di sana, setiap para pembeli Reza Special Edition ini juga akan mendapatkan exclusive gift.

Rincian keunggulan produk Oppo F3 Reza Special Edition ini kamera depan 8 MP wide angle, mampu menangkap gambar dua kali lipat lebih luas. Sehingga ber-group selfie menjadi lebih mudah dan praktis. Serta latar pemandangan sekitar pun tetap tertangkap.

Canggihnya, Oppo F3 memasang Flash Touch Access 0,2s. Sensor finger print yang sangat sensitive dan akurat, memudahkan user mengakses Oppo F3 ini hanya dalam 0,2s. Bahkan pengguna dapat menyimpan 5 sidik jadi untuk mengaktifkan langsung 5 aplikasi berbeda.

Untuk jeroan dalannya, Oppo 3 ini mengusung RAM 4GB + ROM 64GB. Sehingga saat melakukan  multitasking, gaming maupun pengalihan antar aplikasi lebih cepat dan smooth. ROM internal luas (yang dapat di-upgrade) untuk menyimpan foto Group Selfie maupun berbagai aplikasi sosial media dan lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Ketika Bingung Memilih Mobil Yang Pas

Terus terang memilih mobil memang bukan perkara mudah. Karena ini berhubungan dengan citra diri yang ingin kita tampilkan. Belum lagi, umumnya budget yang kita keluarkan untuk membeli mobil mengharuskan kita untuk melakukan komitmen jangka panjang.

Lantas bagaimana cara menentukan mobil yang pas untuk kita? Sebetulnya hanya diperlukan sedikit riset dan perencanaan sederhana. Jangan terburu nafsu menentukan pilihan mobil idaman. Yang perlu dilakukan adalah meraba kebutuhan kita dan citra diri kita tak hanya saat ini. Namun juga setidaknya untuk 3 sampai 5 tahun ke depan.

Mobilmu untuk pribadi atau bisnis?

Kita harus menentukan apakah mobil yang kita cari ini untuk kita gunakan pribadi atau untuk bisnis. Kenapa? Karena ego kita tentunya harus sedikit dikalahkan jika memang digunakan untuk bisnis. Tentunya kebutuhannya akan sangat berbeda. Namun kita akan sedikit lebih bebas mengikuti selera jika itu untuk keperluan pribadi.

Menentukan Budget Itu Penting

 

Berikutnya coba kamu pikirkan mengenai budget yang akan dikeluarkaan untuk membeli kendaraan tersebut. Kalau dana bukan menjadi masalah utama, kamu tentunya bisa lebih bebas memilih mobilmu.

Namun jika dana yang akan dikeluarkan sedikit terbatas, tentunya pertimbangan harga mobil jadi penentu. Apalagi seandainya kita tidak membeli mobil tersebut secara tunai, tentunya kita harus memikirkan bagaimana skema pembiayaannya nanti. Berapa cicilan yng harus kita sisihkan tiap bulan. Berhubung kredit tidak hanya hitungan bulan, kamu harus mempertimbangkan pengeluaran sampai 3-5 tahun ke depan.

Pahami Tipe Kendaraan Yang Kamu Butuhkan

Hal penting lainnya adalah memahami jenis kendaraan. Sebab kebutuhanmu tentunya memerlukan tipe kendaraan yang spesifik pula. Misalnya kalau kamu banyak menghabiskan waktu di daerah padat perkotaan, tentunya sangat rasional memilih sedan yang kompak atau tipe hatchback. Sementara jika kamu hobi untuk sedikit bertualang di akhir pekan, mobil SUV terasa jadi pilihan yang tepat.

Kapasitas Penumpang Patut Dipertimbangkan

Kita tak boleh egois hanya melirik kemauan sendiri. Sebab bisa jadi kita bertanggung jawab juga untuk orang sekitar kita atau untuk keluarga. Tentunya pengantin baru yang masih terlibat romansa masih cocok menggunakan kendaraan dengan dua tempat duduk. Tapi seiring hadirnya si kecil, kita membutuhkan kapasitas tambahan ketika mengajaknya naik mobil. Apalagi jika sudah punya momongan lebih dari satu, besar kemungkinan kita membutuhkan mobil berkapasitas 5 orang atau bahkan 7 orang.

Mau Pakai Aplikasi Untuk Mencari Mobil Yang Cocok Untukmu?

Pastinya rumit kalau harus menyambangi dealer satu per satu untuk melihat pilihan mobil yang diinginkan. Karena itu coba sobat Yomamen menjajal fitur Find Me a Car dari auto 2000.

Kita tidak akan dihadapkan langsung dengan jenis-jenis dan fitur mobil. Tapi kita akan dipersilahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan. Misalnya, salah satu pertanyaan adalah apakah anda perduli terhadap harga atau mengutamakan prestise.

Dengan beberapa kali klik kita akan disuguhkan pilihan mobil yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan kita. Jadi siap menjajal fitur Find Me a Car ini dan menemukan mobil idamanmu?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Ride

Tak Mau Urus Hal Ini, Jelas Akan Bikin Bensin Motor Boros

Berapa banyak biaya yang kita keluarkan dalam sebulan untuk keperluan mengisi bensin pada motor? tentu jawaban dari masing-masing kita akan berbeda-beda. Tentunya bergantung pada jenis motor yang digunakan dan banyaknya perjalanan yang ditempuh di setiap bulannya.

Memang benar demikian. Namun sesungguhnya tiap jenis motor itu punya konsumsi bahan bakar yang optimal. Sejumlah perawatan dan hal kecil lainnya akan mempengaruhi, dekat tidaknya kita pada kondisi optimal tersebut. Sayangnya, banyak dari kita yang menganggap remeh hal-hal tersebut dan menganggap wajar jika budget bensin kita melonjak.

Tak Cuma Untuk Melumasi Mesin, Oli Juga Sangat Berpengaruh

Pelumas oli yang baik dan sesuai standar pasti akan lebih baik dalam mempengaruhi kemampuan mesin dalam bekerja. Membuat gesekan yang terjadi pada dapur pacu motor akan lebih halus dan mengurangi suhu panas pada mesin. Tentnya ini akan memacu lari motor lebih cepat karena ringan dan tentunya yang akan berujung pada berkurangnya konsumsi bensin. Dan sebaliknya pemilihan pelumas oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan akan mempengaruhi performa mesin. Jangan heran jika kemudian bensin menjadi boros karena pemilihan oli yang keliru.

Hal lain yang perlu untuk diperhatikan adalah jangka waktu untuk penggantian oli mesin. Sebaiknya dilakukan ketika jarak tempuh sudah mencapai 2.000 – 2.500 km. Lewat dari waktu tersebut juga bisa mempengaruhi cara kerja mesin pada motor. Karena oli yang usianya terlalu lama akan bersifat encer dan tak akan melumasi mesin dengan baik.

Tekanan Udara Pada Ban Motor Bukan Hanya Semata Soal Kenyamanan

Mungkin terdengar sepele tapi nyatanya tekanan udara yang kurang berpengaruh pada performa mesin dan konsumsi bahan bakar. Kurangnya tekanan udara pada ban akan membuat lari motor lebih berat. Nyatanya tekanan udara pada ban yang kurang mampu membuat pemakaian bensin lebih boros hingga 10% – 15%.

Sehingga bensin yang tadinya kita perkirakan akan bertahan untuk seminggu tiba-tiba sudah habis dalam waktu 3 hari hanya karena ban motor yang kurang udara. Untuk itu menjaga tekanan udara pada ban adalah hal yang perlu kita perhatikan agar pemakaian bensin lebih hemat lagi. Selalu pastikan ban dalam keadaan optimal dan tidak kurang udara.

Ganti Serta Bersihkan Busi Pada Rentang Waktu Yang Dianjurkan

Ini adalah salah satu komponen paling penting yang mampu menentukan hemat atau tidaknya konsumsi bensin pada motor. Mesin bisa bekerja karena adanya pembakaran yang dipicu oleh percikan api dari busi. Nah, pemakaian busi yang sudah melebihi waktu yang dianjurkan akan membuat pembakaran tak sempurna, hingga menuntut pemakaian bensin yang lebih banyak.

Maka dari itu perhatikan waktu penggantian busi ketika motor sudah mencapai jarak tempuh antara 6.000 – 7.000 km. Karena jika sudah lebih dari itu dapat dipastikan bahwa ini akan mempengaruhi performa mesin dan pemakaian bensin. Selain itu perhatikan pula kebersihan busi yang kita pakai. Sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Serta jangan lupa pula untuk mengatur kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrik.

Perhatikan Kondisi Pelek dan Pengaturan Kopling

Hal lain yang sering mempengaruhi beratnya laju motor adalah kondisi pelek pada motor, untuk itu kita perlu melakukan pengecekan pada pelek motor secara bertahap sesuai waktu yang kita tentukan. Perhatikan kebersihan roda serta kemampuan berputarnya, laju motor yang berat biasanya dikarenakan bearing roda yang sudah aus.

Selain itu pilihan cara untuk pengaturan kopling pada motor (yang mungkin memakai kopling) juga berpengaruh pada konsumsi pemakaian bensin. Penyetelan kopling stel pada motor jangan terlalu sensitif, artinya saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Dimana hal ini akan membuat kopling mudah selip saat gas dipelintir serta kondisi motor yang jadi tertahan tapi putaran mesin malah meninggi. Kita harus memastikan bahwa kondisi kampas kompling masih bisa berfungsi dengan baik jika ternyata sudah mulai tidak baik segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.

Hindari Bobot Serta Aksesoris Yang Berlebihan Pada Motor

Rasanya ini adalah sesuatu yang wajar karena biar bagaimanapun setiap motor telah dirancang dengan beban maksimal yang memang sanggup untuk beban bawaan tertentu. Jika ternyata motor kita sering mengangkut beban bawaan yang melebihi kapasitas jangan heran jika konsumsi bensinnya juga akan lebih boros.

Karena beban yang berat akan memaksa motor untuk mengeluarkan tenaga dan laju yang juga lebih berat lagi, disamping itu kita juga patut untuk memerhatikan pemasangan aksesoris pada body motor yang kita gunakan. Hadir dengan desain dan komponen yang telah ditentukan oleh pabrik sudah membuat motor tersebut layak untuk dipakai sehingga seharusnya kita tidak perlu lagi untuk menukar dan menambah modifikasi pada motor demi menjaga beban bawaannya.

Sesekali Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Meski terdengar aneh karena harganya justru lebih mahal tapi pilihan ini dipercaya mampu mengurangi pemakaian bensin yang lebih sedikit. Karena penggunaan bensin setingkat Pertamax atau Pertamax turbo dipercaya lebih irit daripada penggunaan bensin premium biasa.

Ini tak lain karena penggunaan pertamax mampu membuat pembakaran lebih besar daripada menggunakan premium bensin biasa. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah penggunaan pertamax juga akan membuat tarikan lebih enteng dan mesin menjadi selalu pada keadaan prima daripada menggunakan premium. Dengan laju yang ringan dan enteng tentu akan membantu mesin lebih hemat dalam pemakaain bahan bakar.

Dan Yang Terakhir Adalah Mengubah Cara Kita Berkendara

Point paling penting dari semua hal diatas adalah bagaimana cara kita dalam berkendara, karena semuanya hanya akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan cara berkendara yang tepat. Beberapa diantaranya adalah kebut-kebutan dijalan, menarik gas mendadak setelah motor berhenti dan menarik rem mendadak saat laju motor masih cukup kencang.

Sebaliknya jika kita jalankan motor dengan tenang dan beraturan, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas akan lebih membantu kita untuk menghemat bensin yang akan dipakai oleh motor.

Karena intinya semuanya telah diatur dengan standar yang sesuai dari pabrik, pakailah motor sesuai dengan aturan yang memang dianjurkan untuk pemakaian yang lebih hemat tentunya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hang Out

Meski Tanpa Oper Gigi Tak Berarti Kami Tak “Lebih Laki”

“Lelaki sejati pasti oper gigi”

Entah alasan darimana tapi istilah macam itu banyak beredar untuk mendiskreditkan kaum adam yang menggunakan motor otomatis alias tanpa perlu oper gigi. Bentuk kalimatnya bisa macam-macam, dan tak jarang dibentuk stiker yang ditempel di belakang fender motor mereka yang merasa motornya lebih mewakili jiwa kelaki-lakiannya.

Padahal urusan benci sama motor ini tak mampu meredam kebesaran matic dalam menguasasi jalanan. Saat ini nyaris 80 persen penjualan motor dikuasai motor tanpa gigi. Karena itu buat kalian yang sering menghina pilihan motor kami, mungkin perlu paham alasan kenapa motor matic pantas jadi primadona.

Kalau Buatmu Tampilan Matic Tak Menarik, Setidaknya Kamu Harus Coba Kenyamanannya

Buatmu mungkin tidak terkesan jagoan tapi motor matic punya kelebihan lain untuk urusan kenyamanan dalam berkendara. Kita hanya perlu menarik gas untuk berjalan tanpa perlu untuk oper gigi berkali-kali ini adalah point penting yang banyak orang tidak sadari dari kenyamanan yang memang diberikan oleh motor jenis matic.

Coba bayangkan ketika kita berada dalam situasi macet dan matahari yang terik, jenis motor yang lain mungkin akan mengharuskan kita untuk oper gigi dan tarik gas kopling tapi dengan motor matic kita hanya perlu menarik gas dan rem saja. Bukannya ini lebih mudah dan nyaman ?

Kemampuan Untuk Melaju Hingga Menyelip Antrian Kendaraan Di Jalan Bisa Diandalkan

Kodisi jalanan yang macet hampir setiap hari kadang memaksa kita untuk pintar dalam melihat celah yang bisa kita lewati untuk menyelip dan berjalan lebih cepat dan kemampuan ini ada pada motor matic. Rasio putar kemudi maatic jelas lebih besar dibandingkan motor non skutik. Jadi motor ini dapat dengan mudah dibelokan meski sudut putarnya mencapai 90 derajat.

Buat Yang Masih Ngotot Ingin Terlihat Jantan, Tenang Matic Juga Punya Desain Ciamik

Kalau kamu masih berpikir desain matic itu cuma ada yang manis-manis, mungkin mainmu kurang jauh bro. Coba saja tengok misalnya tampilan yamaha Nmax yang masuk kelas elegan. Atau Yamaha Aerox yang punya body gambot dengan tampilan depan yang agresif. Jadi pilihan tampilan memang sudah sedemikian beragam.

Tapi mesinnya skutik itu cupu? Lagi-lagi, kamu kurang informasi bro. Memang yang umum di Indonesia, motor matic berkisar diantara 110ccsampai 125 cc. Tapi jangan salah, saat ini sudah beberapa pabrikan juga memasukan motor matic dengan kapasitas mesin 155cc sampai 250cc.

Malah coba tengok motor NM4 Vultus yang dijual resmi Honda Big Bike ke Indonesia. Kapasitas mesinnya jelas bikin minder, tak kurang dari 745cc. Dan yup, transmisinya otomatis.

Spare Part Bervariasi Yang Banyak Memudahkan Kita Untuk Mendapatkannya

Motor matic dengan jenis apapun tidak akan membuat kita kebingungan untuk mencari spare partnya, karena pasti tersedia di semua dealer hingga bangkel-bengkel umum yang biasanya selalu menyediakan spare part dari motor matic secara lengkap. Kita bisa dengan mudah membeli segala spare part motor matic dengan variasi dan kualitas yang juga bermacam-macam di pasaran. Dan yang jelas matic memang salah satu motor dengan spare part yang melimpah, sehingga kita tidak perlu khawatir jika ada spare part yang ingin di modifikasi atau di ganti

Kelebihan Lain Yang Tak Kalah Menarik, Harganya Terjangkau Dan Cicilan Yang Ringan

Hal lain yang sebenarnya perlu kita pertanyakan adalah budget yang kita butuhkan untuk sekedar mendapatkan sebuah kendaraan yang sejatinya dipergunakan hanya untuk mempermudah hidup kita. Berbeda dengan motor lainnya harga motor matic umumnya, jelas lebih terjangkau baik dari pembelian cash ataupun angsuran cicilan kreditnya.

Ssst…Banyak Perempuan Lebih Nyaman Dibonceng Naik Skutik

Terserah sesama laki-laki mau berpendapat motor matic kurang ini dan itu. Satu hal yang penting kita tekankan adalah kenyataan bahwa sebagian perempuan lebih nyaman dibonceng naik skuter matic. Mereka kadang kerepotan kalau harus naik di jok tinggi. Belum lagi badan mereka mudah pegal kalau duduk di belakang dalam posisi menunduk ala motor balap.

Jadi buat apa motor kren bro, kalau akhirnya lebih banyak berkendara sendiri?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Suzuki GSX-S150 Buat Yang Selalu Berjiwa Muda

Ketika penyuka MotoGP tanah air dimanjakan oleh kecanggihan GSX-R150, bukan berarti Suzuki menganaktirikan penyuka motor naked bike. Hal ini dibuktikan dengan ditelurkannya Suzuki GSX-S150 yang merupakan saudara kandung dari tipe R.

Menurut Seiji Itayama, Managing Director 2W PT. SIS, pada saat peluncuran GSX-R dan GSX-S Februari lalu, “Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 siap menyambut publik Indonesia untuk memenuhi hasrat berkendara dengan motor berperforma tinggi dan berpenampilan stylish untuk memenuhi gaya hidup sehari-hari”.

Untuk urusan dapur pacu GSX-S150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC yang sama dengan saudaranya tipe R. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Manajemen mesin GSX-S 150 ini dilengkapi dengan 6 sensor untuk efisiensi kerja untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis. Sistem pengapiannya disebut closed loop, dengan adanya oksigen sensor pada pembuangan yang bisa dibilang jarang diterapkan pada motor sekelasnya. Ini juga termasuk penerapan throttle body diameter 32mm dan injektor 10 lubang produk Mitsubishi agar pengabutan campuran bahan bakar lebih atomized. Sebagai bocoroan, teknologi ini serupa yang ada pada GSX-R 1000 loh.

Serunya performa tinggi ini diimbangi dengan radiator yang gambot. Dengan ukuran pendingin air yang besar ini, diharapkan suhu mesin akan tetap optimal meski dipacu dengan tenaga maksimal. Dan pastinya akan tetap nyaman jika dipakai dalam durasi perjalanan jauh atau untuk dipakai harian.

Ya, tipe GSX-S150 ini memang bergaya street fighter yang juga mengadopsi tampilan touring yang cocok untuk perjalanan jauh. Karena itu posisi berkendaranya tak terlalu menunduk macam di tipe R. Handle barnya dibuat lebar dengan posisi yang berada tinggi di atas tangki dan tempat duduk. Tentunya gaya berkendara ini dimaksudkan agar pengemudi tak lekas lelah dalam perjalanan jauh.

Konsisten dengan konsep ini, tangki dibuat aerodinamis dengan bentuk melengkung. Kapasitasnya yang mencapai 11 liter, dipastikan cukup untuk mencapai jarak tempuh jauh. Meski aerodinamis  justru penampilan GSX-S150 ini terlihat cukup gagah.

Untuk dimensi, tampilan dari motor garapan Suzuki ini mempertontonkan rangka Single Cradle yang bisa terlihat jelas. Ukurannya sendiri memiliki panjang 1.975 mm, lebar 674 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.070 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase sendiri mencapai 1.300 mm.

Dengan ukuran macam ini, GSX-S150 ini bisa dibilang cukup bongsor untuk kelas 150cc. Tapi tak perlu khawatir, tinggi jok yang 785mm sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia tanpa harus berjinjit.

Ukuran kekar ini berlanjut hingga kaki-kaki. Di depan menggunakan suspensi teleskopik besar dengan di belakang mengusung tipe monoshock guna menambah kestabilan berkendara. Velg alloy berukuran 2,15 inchi di depan dan 3,5 inchi di belakang dibalut ban depan 90.

Tak mau kalah dengan saudaranya, GSX-S150 juga mengusung aura modern. Karena kita akan disambut oleh LCD speedometer full digital. Display dibagi menjadi 3 bagian. Di bagian kanan dan kiri sendiri menampilkan indikator lampu sein, lampu netral, lampu jarak jauh, rpm, dan indikator bahan bakar. Sementara itu, pada bagian tengahnya memberikan informasi mengenai kecepatan, tachometer, posisi gigi, indikator bahan bakar, dan waktu.

Lampu depannya sudah mengadopsi teknologi LED dengan batok lampu yang dilengkapi dengan visor kecil. Di bagian tangki disematkan fairing mini Shroud yang berfungsi untuk membelah angin dan membuat tampilan lebih gahar. Apalagi di bawah mesin terdapat undercowl yang berfungsi juga sebagai pelindung mesin. Sementara untuk lampu belakang digunakan model yang sama persis dengan tipe R.

Jadi sobat Yomamen pilih GSX-R150 atau GSX-S150?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top