Teknologi

Hati-hati Penipuan Lewat Missed Call Misterius

Beberapa hari belakangan, sejumlah pengguna telepon genggam mendapat missed call dari luar negeri yang diduga sebagai scam atau penipuan. Penipuan ini bakal menyedot pulsa Bung, apabila Bung penasaran untuk melakukan panggilan balik. Sudah barang tentu, Bung bisa saja menjadi salah satu korbannya. Karena hal ini bisa menyerang siapa pun.

Missed call memang terkadang menjadi hal yang kurang mengenakkan untuk nomor yang tidak dikenal. Atau Bung bisa saja mengalami teror dari orang yang tidak dikenal yang hanya berniat untuk bercanda, yang jelas saja bakal tidak lucu tentunya. Adapun penipuan lewat telepon ataupun teror yang dialami seseorang bisa saja terjadi karena ulah Bung sendiri yang kurang waspada terhadap penggunaan gawai pintar.

Jangan Menyebarkan Nomor Telepon Ke Sembarang Orang, Apa Lagi Membagikannya di Sosial Media atau Internet

Saat Bung mendapatkan telepon misterius, otomatis Bung bakal bertanya-tanya siapakah si penelepon tersebut. Andai selanjutnya Bung mengalami penipuan, otomatis Bung langsung mengutuk perbuatan orang tersebut. Namun, sebelum Bung mengeluarkan sumpah serapah bernada hinaan tersebut, cobalah ingat-ingat lagi apakah Bung sempat membagikan nomor telepon genggam ke sembarang orang atau tidak? Kalau Bung memang melakukan hal demikian, ya berarti itu menjadi kesalahan Bung. Terutama bagi Bung yang suka membagikan nomor telepon genggam di media sosial atau internet, dan hati-hati Bung karena dengan demikian, nomor Bung bisa jadi salah satu sumber target penipuan mereka.

Cara Paling Jitu Adalah Blokir Nomor Telepon

Bagi Bung yang tidak tahu cara untuk memblokir nomor telepon, alangkah baiknya Bung mengikuti beberapa langkah ini. Pertama-tama, buka log panggilan, kedua klik panah atau info, ketiga klik titik tiga di kanan atas kemudian pilih opsi Add to block list (Tambah ke daftar blokir), dan yang terakhir pilih opsi Ok. Kalau gawai Bung tidak terdapat fitur ini, Bung bisa mendownload aplikasi Call Blacklist atau Call Blocker yang terdapat di Google Play atau Apple Store.

Kalau Ada Nomor yang Tidak Dikenal, Lebih Baik SMS Terlebih Dahulu Sebelum Mengangkat Atau Menelepon Balik

Memang rasa penasaran bakal muncul di kepala ketika ada nomor tak dikenal coba menelepon. Apa lagi jika menelepon lebih dari 2 kali, pasti bakal membuat Bung penasaran kan? Adanya teknik scam dari nomor yang tidak dikenal bisa jadi membuat Bung penasaran. Nah, ada baiknya daripada Bung mengangkat atau menelepon balik, lebih baik kirim SMS terlebih dahulu. Agar orang tersebut memberikan identitasnya lewat SMS. Karena bisa saja yang menelepon adalah orang yang mengenal Bung. Dengan demikian mengecek identitas penelepon lewat SMS menjadi salah satu cara baik yang bisa Bung lakukan.

Apalagi Telepon Dari Luar Negeri yang Memiliki Potensi Menipu Lebih Tinggi

Kasus yang sedang terjadi belakangan ini adalah maraknya penipuan dari telepon yang berasal dari luar negeri, seperti dari negara Kongo. Adapun nama teknik ini adalah Call-Back Scam. Di mana si penipu bakal terus-terusan menghubungi korban sehingga Bung penasaran. Adapun beberapa warganet tanah air telah banyak yang melakukan pengaduan ke beberapa operator lewat akun resmi provider di Twitter. Bahkan hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi sampai menjangkit ke Australia.

Ini Merupakan Trik Lama yang Coba Dilakukan Kembali Lho Bung!

Walaupun kasus ini sedang hangat-hangatnya sekarang, ternyata trik Call-Back Scam bukan hal baru dalam kejahatan teknologi. Trik penipuan ini dikenal pada mulanya dengan nama “Wangiri” yang dalam bahasa Jepang memiliki arti “panggilan tak terjawab”, yang sudah ada sejak tahun 2000-an. Nampaknya trik ini kembali digunakan oleh beberapa pihak untuk meraup keuntungan lewat pulsa yang terdapat di HP korban. Bahkan tagihannya pun bisa jadi berkali-kali lipat Bung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top