Health

Hati-hati Bung, Tak Pandai Menghibur Diri Bisa Bikin Stres Sendiri

Keletihan akan bekerja dapat menyebabkan stres, yang terkadang tanda-tandanya luput dari perhatian. Bung yang berlaku tidak seperti biasa, hanya merasa ini adalah hal yang umum. Padahal tidak demikian. Rutinitas kerja, tekanan dan juga deadline, dapat dikatakan menjadi pemicu kenapa bung suka bersikap kelewatan. Bahkan survei yang dilakukan American Psychological Association menyatakan bahwa sebanyak 30% pria mengalami stres karena terjebak di pekerjaanya.

Beberapa faktor yang menyebabkan stres dipekerjaan antara lain adalah kontribusi kepada perusahaan terlalu besar namun tak sebanding dengan upahnya. Merasa terkungkung dan tidak dapat berkembang, kemudian tidak dihargai oleh perusahaan juga menjadi alasan. Ketiga faktor tersebut disebutkan oleh American Psychological Association. Bagaimana dengan bung sendiri?

Stres sendiri dapat menghalangi bung untuk beraktivitas. Kepikiran akan hal tersebut dapat menyerang fisik juga lho bung. Seperti bung mengalami sakit perut, sakit kepala, rasa mual, dan resiko penyakit jantung juga menjadi akibat yang diperoleh apabila bung mengalami stres. Alangkah baiknya bung memahami beberapa gestur yang dialami orang mengidap stres, agar tidak salah ketika rasa stres melanda.

Sulitnya Memfasilitasi Emosi, Membuat Bung Mempunyai Hobi Untuk Memaki-maki

Sulit meredam emosi merupakan salah satu gestur yang terdapat pada orang yang stres. Ketika ada teman mengajak ngobrol baik-baik, bung malah menjawabnya dengan amarah. Yap, kita tidak dapat mengontrol emosi dengan baik, sehingga bawaanya hanya ingin marah-marah. Bung yang mengalami stres jadi sulit menempatkan tempat di mana untuk meluapkan emosi.

Selain tidak tahu tempat untuk meluapkan emosi, bung juga jadi susah untuk menumbuhkan rasa toleransi. Terutama toleransi terhadap hal yang seharusnya tidak perlu pake urat istilahnya, begitu kata kawan lain. Misalnya bung menunggu makan di restoran, namun hanya telat lima menit, bung jadi memaki-maki pelayan. Bung harus mencari tahu apa perkara yang menyebabkan bung stres, apakah benar dari pekerjaan, karena bisa saja kan dari percintaan?

Nafas Terasa Berat Dan Lelah, Padahal Olaharaga Juga Enggak, Kenapa Ya Bung?

Apabila bung berolahraga dan nafas terengah-engah karena terlalu letih, itu wajar saja. Namun, apabila tidak beraktivitas yang mengundang keringat namun nafasnya terengah-engah, jelas jadi sesuatu yang tak wajar. Yap, bung mungkin sedang mengalami stres. Karena ketika stres kadar oksigen di otak tidak ideal bung, tapi bukan berarti bung diminta untuk membeli tabung oksigen. Bung bisa mengambil langkah utnuk menenangkan diri, mengambil cuti misalnya.

Nafas yang terengah-engah juga menandakan denyut jantung dan tekanan darah bung meningkat. Selain itu nafas yang terasa berat tanpa mengalami sakit seperti flu juga menjadi tanda bahwa fikiran bung sedang tertekan. Kalau tanda-tanda ini terjadi dengan bung sekarang ini, lebih baik ambil waktu sejenak untuk beristirahat. Rehatkan otak sejenak agar stres bisa lenyap.

Memejamkan Mata Jadi Tidak Karuan Ini Tanda Kalau Pola Tidur Bung Berantakan

Pola tidur bisa menjadi tidak normal karena rasa stres difikiran membuat rasa kantuk tidak datang di jam-jam biasa tidur. Walaupun banyak juga yang bilang bahwa kalau stres dapat membuat orang tidak bisa tidur. Padahal tidak juga bung, stres justru membuat pola tidur menjadi berantakan tidak karuan. Bahkan bisa sampai insomnia.

Selain itu rasa kantuk juga bisa menyerang seharian, kemudian ketika bung ingin tidur tidak dapat dilakukan. Itu menjadi tanda bahwa bung sedang mengalami banyak tekanan. Lebih baik bung berolahraga agar badan lebih bugar. Dengan berolahraga, juga dapat mengembalikan pola tidur karena rasa lelah yang didapat bisa menyebabkan rasa kantuk.

Hingga Pada Badan yang Terasa Nyeri Lebih Hebat dari Biasanya

Badan tak bisa digerakkan, semua sendi terasa ngilu dan susah untuk digerakkan. Hal ini dikarenakan oleh syaraf tubuh bung sedang tegang. Barangkali bung memang benar-benar stres, sehingga hal tersebut kian terasa dalam diri.

Solusinya bung bisa datang ke spa untuk merelaksasikan badan agar stres hilang dan tidak datang. Syaraf-syaraf tubuh bung dapat kembali renggang ketika dipijit dengan lembut oleh para terapis. Bisa juga bung melakukan berendam di air hangat, karena air hangat dapat menghilangkan rasa nyeri di badan.

Tiba-tiba Mempunyai Hobi Makan Yang Manis-Manis, Demi Menangkal Stress yang Mengikis Fikiran

Jauh dari dari biasanya, tiba-tiba bung gemar makan yang manis-manis. Yap, tiba-tiba hasrat untuk membeli makanan seperti es krim. cokelat dan permen, itu bukan karena tiba-tiba bung sedang ingin membeli. Tetapi ada dorongan dari otak yang menstimulus hormon kortisol bung, yakni hormon yang memiliki tugas untuk melawan stres.

Untuk melawan stress yang dikadung badan, bung diperalat oleh hormon kortisol untuk mengkonsumsi yang manis-manis. Karena makanan yang bersifat manis bisa mendorong hormon tersebut. Karena tubuh sedang menginginkan asupan gula yang lebih untuk meredam rasa stres. Jadi tak ada salahnya ketika bung sedang stres, untuk membeli banyak coklat dan es krim untuk menangkal stres bertingkah lebih ekstrim.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top