money

Generasi Milenial Perlu Banyak Persiapan Saat Berbisnis Bung

Mengatur keuangan dianggap sebagai langkah pertama untuk hidup yang sejahtera, hal ini mesti dilakukan untuk memperbaiki keungan dengan harapan impian yang diinginkan pun tercapai, seperti kata Prita Ghozie, selaku Perencana dan Edukator Keuangan

Untuk menghadapi kehidupan yang penuh risiko maka harus pintar mengatur finansial kita. Sejauh ini masyarakat terutama Generasi Milenial saat mengatur keuangan hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari atau bulanan saja,” kata Prita.

Itu adalah kesalahan yang dianggap Prita harus segera dibenahi, bukan tanpa alasan lantaran generasi ini cenderung terlihat sering menghamburkan uang tanpa memperhitungkan keperluan jangka panjang hingga keperluan dadakan atau darurat. Hal ini memiliki dampak yang kurang baik bung, dan ini bisa saja tak terjadi dalam hidup  kalian asalkan dapat menyisihkan uangnya untuk dana darurat sampai berbisnis.

Menurut perhitungan Prita, untuk mencapai rencana bisnis 70 persen dapat direalisasikan dengan menabung, 42 persennya dengan menyusun rencana keuangan dan 38 persennya didapat dengan bekerja keras atau double.

Salah satu penggoda terberat yang diyakini dapat menguras isi dompet sampai rekening adalah goodan trend lifestyle. Tapi itu bisa dijadikan tameng apabila bung mampu mengendalikan pengeluaran. Nah, untuk mengetahui tips apa saja yang harus diperhatikan, Vice President Business Development LiMa Group Craft Enthusiast, Agni Pratama mebeberkan apa saja yang harus diperhatikan generasi milenial agar berkembang ke depannya.

Kendalikan Ego, Jangan Menangani Bisnis Secara Sendiri

Menurut Agni, salah satu kendala di mana seseorang gagal atau sulit untuk berbisnis adalah memiliki ego terhadap bisnisnya. Salah satu adalah keinginan untuk menagani semua bisnis milikinya sendiri. Padahal hal yang perlu diperhatikan saat mengembangkan bisnis adalah berkolaborasi dengan pihak lain. Munculnya ide dan saran pun bisa jadi adanya kolaborasi sehingga bisnis yang sedang dikembangkan pun makin berinovasi.

Mulai Memiliki Partner Dalam Jumlah Ganjil

Laki-laki yang sudah bergerak lebih dari sepuluh tahun di industri bisnis craft tersebut mengajurkan agar sebaiknya memulai usaha dengan partner yang berjumlah ganjil. Dengan alasan dapat berpengaruh terhadap sebuah bisnis ke depannya, Sehingga adanya pertarungan ego pun tak terbentur hanya dua kepala saja, orang ketiga pun bisa memiliki sifat menengahi bahkan mencari solusi tentang apa yang terbaik harus dilakukan dalam mengatasi masalah dalam dunia bisnis.

Rajin Untuk Melakukan Sebuah Review

Bagi generasi milenial, biasanya melakukan usaha hanyalah sebuah bisnis sampingan dibalik ia berkarir di kantor. Lantaran ia masih ingin belajar sekaligus tak ingin gambling dalam mengambil keputusan seperti seratus persen penghasilan dari bisnis.

Untuk memajukannya pun, penting untuk melakukan review terhadap produk, model bisnis, sampai orang-orang yang terlibat dalam kerjasama. Waktu yang tepat pun biasanya setiap tiga atau enam bulan sekali agar tidak ketinggalan dengan yang lain. Review pun dilakukan agar bisa terus berinovasi baik dalam perkembangan produk maupun model bisnis.

Financial Planning dari Tahun Pertama

Nah, hal krusial ini biasanya luput dari timeline seseorang yang ingin menjalani bisnis. Menurut Agni setiap orang harus melakukan financial planning sejak tahun pertama ia berbisnis dengan membuat journal budget. Wajar apabila di tahun pertama bung harus mengutang sana-sini karena tanpa modal bisnis pun tidak bisa jalan, terutama buat iklan sebuah produk.

Dua tahun kemudian harus memiliki tambah pinjaman ke bank. Tahun ke tujuh mulai mencari dana lewat IPO, itu pun sudah direncanakan jangka panjang.

Melakukan Riset Secara Teliti dan Detail

Setiap bisnis yang bung jalani pasti memiliki pesaing, jangan sampai bung ketinggalan atau kalah dengan pesain. Teruslah membaca, meneliti pasar yang berguna dalam perkembangan bisnis. Riset harus dilakukan tak hanya saat bung memuali bisnis tapi juga setelah bisnis tersebut berjalan.

Agni pun mengatakan kalau pebisnis yang sukses adalah selalu melakukan riset. Sebagai generasi milenial jangan hanya terjebak dengan idealisme tanpa membaca pasar sekaligus melakukan pengamatan dengan pesain. Karena yang ideal bagi kamu, belum tentu ideal bagi target pasarmu bung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Menginspirasi Rekan Kerja, Bisa Bung Mulai Dari Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman

Dalam bekerja, pasti bung pernah mengalami satu kesempatan di mana bung yang berkontribusi lebih banyak dalam tim. Sedangkan rekan kerja hanya bekerja ‘seadanya’. Tidak selalu berjalan mulus dalam kinerja antara bung dan rekan kerja bisa jadi membuat bung tak semangat, begitu pula dengan mereka.

Nah, semua ini tentu juga menjadi tantangan dalam pekerjaan. Bagaimana bung harus bisa menginspirasi, sehingga mereka, memiliki semangat yang sama sampai visi misi yang sama. Tentu saja ada cara-cara tepat yang dapat bung lakukan.

Salah satunya adalah membangun lingkungan kerja yang nyaman. Dikutip dari Cermati.com ada beberapa cara agar rekan kerja dapat terinspirasi sehingga kerjaan yang sulit pun dapat diatasi.

Membina Hubungan yang Sehat dengan Rekan Kerja

Membina hubungan yang sehat dengan rekan kerja tidak hanya dengan rekan kerja yang satu tim dengan bung saja. Tetapi berlaku ke semua strata, seperti ke atasan sampai ke bawahan. Membina hubungan yang sehat dapat dilakukan dengan cara membiasakan tegur sapa, mengajak ngobrol sampai makan siang bareng.

Dengan cara seperti itu tidak langsung bung telah mengajak mereka untuk menikmati hubungan kerja yang baik dan nyaman. Hal ini memiliki dampak posifit bagi kinerja bung dan tim saat itu juga.

Mengetahui Apa yang Diinginkan Tim, Agar Profesionalitas Terbangun Secara Alami

Berperan dalam membangun lingkungan kerja bisa dipelopori oleh siapa saja. Termasuk bung sendiri, tak bermaksud untuk melangkahi perusahaan. Tetapi karena ini berkaitan dengan tim kerja bung, otomatis bung harus melakukan demi menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

Seperti bersikap dan menentukan budaya kerja seperti apa, dengan meminta rekan kerja untuk menyampaikan aspirasi. Perlahan-lahan rekan kerja bung akan mendapatkan efek positif dari yang bung lakukan, syukur-syukur kalau budaya kerja yang dijalankan dari hasil kemauan tim. Dapat berimbas dengan kinerja yang positif bagi perusahaan.

Bersikap Seperti Pemimpin yang Profesional

Profesionalias menjadi hal utama dalam dunia kerja, dilanjuti dengan kejujuran dan ketekunan. Apabila bung berada di posisi atasan, tentu bung harus menjadi contoh yang baik bagi bawahan. Tidak hanya ramah dan berbaur dengan mudah, tapi contohkan lewat kemampuan dalam mengatasi pekerjaan.

Apabila itu berhasil, rekan kerja lainya pasti sudah menaruh kepercayaan secara 100% kepada bung. Jangan lupa untuk memberikan arahan yang tepat, terutama bagi para rekan kerja yang kelihatannya bingung untuk menentukan keputusan kerja.

Kombinasikan Tanggung Jawab dengan Kemampuan Kerja yang Mumpuni

Salah satu modal penting dalam bekerja ya apalagi selain kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan. Kerahkan semua kemampuan kerja guna menjadi contoh kepada rekan kerja lain bagaimana cara untuk berdedikasi. Karena ini menjadi nilai lebih tidak hanya di mata perusahaan tapi juga rekan kerja. Selain itu jalankan tanggung jawab dengan baik tanpa ada yang terlewatkan.

Memotivasi Rekan Kerja Dengan Cara yang Disukai

Kami tidak menyarankan bung untuk selalu berkoar-koar seperti motivator ulung dengan kata-kata penyambung hidup. Motivasi rekan kerja memiliki banyak cara, terutama cara yang tepat. Selain menunjukkan lewat tindakan, bung juga bisa memotivasi lewat lisan.

Tapi lihat kondisi pribadi rekan kerja anda bung, karena tidak semua orang dapat menerima motivasi. Pastikan bung memberikan motivasi dengan cara yang tepat, dan rekan kerja dapat menerima di porsi yang tepat.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Nikmatnya Durian, Tak Sejalan Kalau Dikonsumsi Berlebihan Hingga Menyebabkan Kematian

Teruntuk para penikmat durian, memakan sesuatu yang enak pasti bikin lupa takaran. Perihal nafsu yang mendorong untuk selalu menyantap tanpa ada batasan yang tetap. Tapi nih, untuk bung yang sangat fans mencintai durian, tentu bung harus tahu, efek samping apabila nafsu tak dikontrol.

Pasalnya kondisi buah durian yang terlalu matang mengandung alkohol. Di sisi lain apabila dikonsumsi secara berlebihan juga dipercaya bisa memancing beragam penyakit, sampai kematian! Ya, meskipun kami tidak naif kalau durian juga memiliki manfaat. Seperti meningkatkan energi, kekuatan otot, tekanan darah, memperlancar buang air besar dan menunjang kesehatan kulit.

Lantas efek samping apa saja yang diterima apabila mengonsumsi durian berlebihan dengan kondisi buah yang terlalu matang?

 Memicu Tumbuhnya Kolesterol Tinggi

Durian sebenarnya sehat, mengandung lemak nabati yang baik untuk tubuh. Namun, buah ini cenderung memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal inilah yang menyebabkan kolesterol tinggi,” ujar Dr Inge Permadhi, SpGK dilansir dari Kumparan.

Memang tidak ada yang menampik bahasanya durian memiliki manfaat bagi tubuh bung. Dokter Gizi macam Dr Inge pun mengamini itu. Tetapi selain memiliki manfaat buah durian ternyata dapat menyebabkan kolesteror tinggi. Karena buah durian mengandung banyak gula di dalamnya.

Paling fatal kalau bung mengabaikan peringatan untuk tidak memakan durian secara berlebihan. Kolesterol tinggi mampu memicu beragam penyakit kronis, seperti asam urat dan penumpukan plak pada pembuluh darah yang akan berujung pada stroke dan gagal jantung.

“Durian sebenarnya sehat, mengandung lemak nabati yang baik untuk tubuh. Namun, buah ini cenderung memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal inilah yang menyebabkan kolesterol tinggi,” ujar Dr Inge Permadhi, SpGK

Gula Darah Dapat Meningkat dan Bahaya Bagi Pengidab Diabetes

Bagi bung yang mengidap penyakit diabetes alangkah baiknya tidak mengonsumsi durian. Takutnya, akan mempeburuk kondisi penyakitmu bung. Buah berduri ini terkandung berbagai macam gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa. Alhasil gula darah dapat meningkat karena konsumsi buah durian. Bahkan peningkatan cenderung lebih tinggi dibanding buah manis lainnya seperti pisang dan mangga.

Menambah Berat Badan Hingga Memicu Obesitas

Untuk mengontrol kesehatan mungkin bung memiliki program diet. Tujuannya bukan untuk penampilan belaka, tetapi guna mengontrol asupan kalori untuk menjaga berat badan. Memakan durian secara berlebihan dapat membuat bung mengalami penambahan berat badan sampai memicu obesitas bung.

Karena dalam satu kilogram buah durian berukuran sedang saja, mengandung hampir 1.500 kalori bung, sehingga asupan kalori dari satu durian utuh saja sudah mencukupi hampir 70 persen kebutuhan kalori harian di tubuh.

Memang buah durian bukan satu-satunya hal yang disalahkan karena berat ditimbangan tiba-tiba naik bukan? tetapi terdapat hal berbahaya apabila asupan kalori bung berlebih. Dalam jangka panjang ini dapat meningkatkan risiko terutama seperti naiknya berat badan sampai obesitas.

Setelah itu berat badan yang berlebih agak sulit dikontrol dan dapat memicu seseorang terkena penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, Alzheimer sampai gagal jantung.

Pankreas Akan Merasa Lelah Karena Durian yang Dikonsumsi Tak Berhenti, Malahan Bertambah

Dr Inge Permadhi, SpGK yang membuka praktik di RS Siloam menyatak penyebab lain apabila bung mengonsumsi durian yang terlalu matang. Seperti sudah dijelaskan bung, kalau durian yang terlalu matang akan mengandung alkohol. Jika dikonsumsi secara tidak terkontrol akan menimbulkan beragam penyakit, salah satunya pankreas akan lelah untuk bekerja. Karena saat mengonsumsi durian tanpa batasan mendorong pankreas untuk terus bekerja secara jor-jor’an.

Kandungan gula yang terdapat pada durian terlalu matang, akan membuat kerja pankreas semakin keras untuk menghasilkan insulin, jika dibiarkan, dapat memicu kerusakan sel-sel pada pankreas yang berujung pada obesitas,” pungkasnya.

Tak Diduga Kalau Durian Juga Bisa Menyebakan Kematian Bagi Penikmatnya yang Memakan Tanpa Tau Aturan

Terdapat satu kombinasi berbahaya lho saat menyantap buah berduri ini, yakni menyantapnya sambil menenggak minuman keras. Lantaran perut bisa mengalami keram ringan sampai parah apabila dikonsumsi berbarengan dengan minum-minuman keras.

Tingkat keparahannya tergantung dari berapa banyak durian dan alkohol yang bung konsumsi saat itu. Alasan kenapa durian dapat menyebabkan kematian dalam kasus ini. Karena buah ini mengandung senyawa sulfur yang disebut dietil disulfida yang dapat menghambat kerja enzim aldehyde dehydrogenase (ALDH) dalam hati yang berfungsi untuk memecah alkohol.

Ditambah lagi durian merupakan buah tinggi kalori, jadi saat menambahkan alkohol  membuat perut dan hati sangat sulit mencerna makanan. Hal inilah dapat menyebabkan gejala hangover berlebihan. Kadar alkohol dalam darah yang gagal dipecah oleh tubuh karena dihambat oleh durian yang berubah menjadi sangat beracun.

Efek yang diterima saat itu juga, bung akan mengalami pernapasan pendek, tidak responsif, seperti orang linglung atau bingung, sampai kehilangan kesadaran dan berakhir koma. Selain itu, durian tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, jadi makan durian bersama minuman keras bisa meningkatkan tekanan darah.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Seorang Lelaki di Tangerang Meninggal, Setelah Mengonsumsi Durian Berlebihan

Menikmati buah durian (bagi yang menyukai) tentu adalah kenikmatan. Teksturnya yang lembut menambah kelezatan tersendiri dari buah yang berduri tajam ini. Meskipun enak, durian tidak bisa dikonsumsi berlebihan. Apalagi bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

Hal mengenaskan menimpa kepada Adie Syarifudin yang secara mengenaskan tewas bersimbah darah setelah kebanyakan makan durian. Laki-laki berusia 53 tahun ini ditemukan di Desa Curug Wetan, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Pihak Kepolisian telah memastikan kalau Adie tewas bukan dibunuh. Sebab, sehari sebeleum mereggang nyawa Adie memakan banyak buah durian.

Kasat Reskrim Polres Tanggerang Selatan AKP Alexander Yurikho menuturkan kalau Adie tewas dengan pembuluh darah pecah. Laki-laki yang kesehariannya bekerja sebagai supir angkutan umum jugas mengidap penyakit darah tinggi. Sebagaimana dijelaskan oleh pihak keluarga.

Diduga korban meninggal karena sakit darah tinggi dan memakan durian, yang mengakibatkan pecah pembuluh darah dan darahnya keluar dari hidung,” kata Alexander.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top