Kisah

Dia Yang Pernah Mengalahkan Ronaldo Dan Messi, Kini Resmi Mengundurkan Diri

Dengan permainananya yang elegan dan kemampuan mendribble bola secara halus. Membuat pemain yang berparas tampan ini cukup dikenal banyak orang. Kelihaiannya dalam mengolah si kulit bundar sering kali menjadi ancaman bagi tim lawan.

Dia lah Ricardo Kaka, seorang pesepakbola asal Brazil yang baru saja mengumumkan resmi pensiun dari dunia yang membuat dirinya terkenal. Sepakbola merupakan hal yang melekat dengan dirinya. Dengan segala kerendahan hati dan sikap religiusnya. Ia mampu mengambil hati banyak penggemar selain karena pemainan cantiknya di lapangan hijau.

Kaka pensiun di umur 35 tahun. Merupakan usia yang tidak begitu muda lagi Bung, apalagi untuk urusan olahraga yang acap kali mengadu kekuatan dan otak selama 2×45 menit. Sebagai pemain yang pernah menyicipi manisnya di sepakbola dengan berbagai piala. Saya rasa Kaka adalah sosok yang patut kita contoh dan kagumi. Bukan begitu bung?

Sebelum Cristiano Ronaldo Dan Lionel Messi Saling Berebutan Ballon d’Or, Kaka Adalah Orang yang Berhasil Menengahi Persaingan Mereka

Sumber:Facebook.com/kakak

Bung sudah bosan dengan hegemoni Ronaldo dan Messi di dunia sepakbola selama beberapa tahun belakangan? Yup, penghargaan Ballon D’or memang hanya milik kedua pemain itu sepuluh tahun ke belakang. Dan melihat dari usia serta Skill mereka yang belum menurun, nampaknya sekian tahun ke depan masih akan jadi milik Messi dan Ronaldo. 

Nah, sebelum dominasi mereka mencuat seperti sekarang. Kaka adalah orang terakhr yang memboyong piala pemain terbaik di benua biru. Tepatnya di tahun 2007. Kala itu ia diapit oleh Ronaldo dan Messi. Penampilannya di tahun tersebut memang baik dbanding Ronaldo dan Messi. Lihat saja lemari trophy AC Milan mulai dari piala Liga Champions, UEFA Super Cup sama FIFA Club World Cup. Itu semua berkat dirinya

Mungkin Pesepakbola Lain Bisa Hidup Glamor Dengan Kekayaanya, Sedangkan Kaka Lebih Memilih Dekat Kepada-Nya

Sumber:Facebook.com/kakak

Kehidupan itu memang harus dekat dengan sang pencipta bung, karena rasa yang paling dilupakan manusia adalah rasa bersyukur kepada penciptanya. Kaka memang terkenal dengan pribadi yang religius. Kalian pernah melihat selebrasi mengangkat kedua tangan sambil jari telunjuk di udara? atau melihat pemain membuka jerseynya dan memperlihatkan kaos bertuliskan “I Belong To Jesus” ? itu adalah Ricardo Kaka bung.

Dibalik gemerlap dunia para pemain sepakbola yang melekat dengan glamoritas dan wanita. Kaka malah menghindar dari itu semua. Seseorang sempat mempertanyakan dirinya mengapa ia masih membutuhkan Yesus padahal dia sudah bergelimang harta dan tenar. Ia pun punya jawaban sederhana.

“Saya membutuhkan Yesus setiap hari dalam hidup saya. Firman-Nya, Alkitab, mengatakan bahwa tanpa Dia(Yesus), saya tidak dapat melakukan apapun,” ujar Kaka ketika itu

Cedera Tak Membuatnya Menjadi Orang yang Lemah Meskipun Kondisi ini Membuatnya Putus Asa

Sumber: Facebook.com/kakak

Cedera adalah momok yang bakal merenggut karir bagi setiap atlit olahraga. kalau cedera mulai menghampiri dan tak kunjung terobati, lebih baik cari pekerjaan pengganti. Dengan mobilitas permainan yang begitu tinggi dan intensitas jadwal pertandingan yang padat. Wajar saja kalau pemain bisa mengalami cidera.

Dengan segala kesuksesan yang direngkuh, pada tahun 2009 membuat Real Madrid kepincut mendatangkan dirinya untuk disandingkan dengan mega bintang lainya, Cristiano Ronaldo. Tapi cedera lutut yang menggrogoti membuat penampilan Kaka mulai melempem, tak bergairan dan kurang impresif. Sehingga berkarir di tim sekelas Madrid selama 4 tahun tidak begitu mendongkrak perfomanya, sampai pada akhirnya ia pindah ke mantan timnya, AC Milan, untuk status bebas transfer.

Dokter yang menangani dirinya pun sempat berbicara, seandainya Kaka tidak mengalami cidera lutut mungkin ia masih bisa mendominasi perebutan Ballon d’Or untuk 3 atau 4 tahun lagi.

Masa Kecilnya Hampir Merenggut Mimpinya, Tapi Tuhan Berkata Lain Dengan Skenario Hidupnya

Sebagai pribadi yang religius, kepercayaan kepada Tuhan sangatlah besar. Ini adalah salah satu contoh yang harus kita ambil dari pemain ini bung. Pasalnya, Kaka bisa saja tidak jadi pemain bola dan hanya duduk di kursi roda sambil mendengarkan khotbah di gereja. Kenapa? karena ketika kecil ia hampir lumpuh akibat kecelakaan aneh saat ia melompat ke kolam renang. Mengalami kecelakaan tulang belakang hampir saja membuatnya lumpuh.

Tidak hanya kecelakaan pada saat ia melompat ke kolam renang saja. Di tahun 2000 dan di usianya yang memasuki 15 tahun. Ia tampil sangat apik di akademi Sau Paulo, namun karena tubuhnya yang kecil membuat dirinya gampang terkena cidera. Sehingga dokternya menyarankan ia mengikut program nutrisi untuk membantu kekuatan fisiknya.

Dua kejadian itulah yang membuat pandangan Kaka berubah terhadap dunia, dan ia menjadi pribadi yang taat kepada agama.

Dihormati Tiga Klub yang Berbeda Merupakan Tanda Dia Disegani

Sumber : Facebook/Kaka

Pada tanggal 17 Desember 2017, ia resmi mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari dunia sepakbola lewat unggahanya di twitter. Ucapan terima kasih dari fans dan dukungan penuh terus diberikan kepada pemain yang berusia 35 tahun ini.

Mantan klub yang pernah mendapat jasanya mengucapkan terima kasih seperti AC Milan, Sau Paulo dan Orlando City. Seperti Sau Paulo, ia mengucapkan “Saat seorang legenda berhenti bermain. Mereka tak benar-benar pensiun tapi mereka akan selalu tertulis dalam sejarah,” lewat sosial media resminya.

Seorang legenda memang tak akan terlupakan jasanya, dengan kehidupan yang religius dan sempat bertarung pesat melawan cedera lutut membuat Kaka tetap bangkit dan tidak menyerah. Meskipun karirnya meredup dari pemain bintang serba bisa sampai jadi pemain malang yang biasa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Tak Hanya Pelatih Ole Gunnar Solskjaer Saja, Beberapa Pesepakbola Bermain Gim untuk Mengenali Lawannya

Kegagalan Mourinho dalam membawa tim besar macam Manchester United berjaya, membuatnya tergeser dan digantikan oleh sang legenda Setan Merah, Ole Gunnar Solskjaer. Sejauh ini peran Solskjaer cukup membawa performa Setan Merah meningkat. Tapi apakah bung tahu, kalau Solskjaer mempelajari cara pelatih sepakbola lewat video gim seperti Football Manager?

Gim virtual tersebut membuat para pemainnya berperan sebagai seorang manajer. Kita akan mengatur menu latihan, memilih staf, mengatur transfer hingga meracik taktik. Dengan data pemain yang cukup akurat. Tentu gim ini dibentuk dengan sangat serius, bahkan menjadi gim virtual yang paling relate dengan sepakbola. Solskjaer mengakui kalau persiapannya sebelum melatih dengan memainkan gim tersebut.

Dilansir dari Tirto, sebuah perusahaan analisis sepakbola  bahkan pernah menggabungkan data yang dimiliki dengan data yang dipunya Football Manager guna melakukan analisis terhadap pemain sepakbola sejagad raya. Mungkin ini jadi alasan tepat kenapa Solksjaer memainkan gim ini karena tidak berbeda jauh dengan sepakbola yang ada di dunia nyata. Selain Football Manager, beberapa gim lain yang masih bergenre sama pun menjadi bahan pertimbangan pesepakbola dalam mengambil keputusan.

Mempelajari Skill di Lapangan dengan Melihat Teknik dari Gim Sepakbola

Punggawa Arsenal Alex Iwobi, juga memiliki cerita unik antara dia dengan gim sepakbola. Dilansir dari New York Times, ia mengatakan kalau gim sepakbola membantunya untuk mengecek lawan yang akan dihadapinya. Dari segi taktik, formasi bahkan sampai pemain. Tidak sampai di situ bung, ia juga menambahkan bahwa ia mencontek skill sepakbola lewat gim sepakbola, salah satunya gocekan khas pemain sayap Irlandia Aiden McGeady, yakni McGeady Spin.

“Dia memiliki satu gocekan khas, setelah melihat dan memperhatikannya saya akan pergi ke taman dan mempelajarinya,” ungkap Alex Iwobi.

Mengenali Rekan Satu Tim Memang Penting, Apabila Tidak Mengenali Tengok Saja Lewat Playstation

Kalau bung masih asing dengan nama Krzysztof Piatek, coba tengok daftar pencetak gol terbanyak sementara di Serie A musim ini. Karena penyerang yang berseragam Genoa asal Polandia ini berhasil membubuhkan 13 gol. Tanpa gim sepakbola seperti FIFA, mungkin torehan golnya tidak sebanyak itu.

Lantaran sebagai pemain baru ia tidak begitu mengenali siapa saja rekan barunya di Genoa. Tidak kehabisan akal, ia memainkan Playstation dan memainkan gim FIFA untuk membantu ia mengenal rekan barunya di Genoa.

“Aku tidak tahu siapa rekan-rekanku sewaktu pertama kali datang. Maka, aku menyalakan PlayStation dan melihat nama-nama mereka di gim FIFA,” ujar Piatek dilansir dari BBC.co.uk

Mepelajari Ronaldinho Lewat Gim, Membuatnya Berhasil Menahan Sepakan Penalti

Saat itu seperti bermain melawannya di Playstation. Dia memiliki run-up yang sama, itu sangat aneh,” ujar Marco Amelia kepada BBC.co.uk

Pada tahun 2008 saat Marco Amelia masih bermain untuk Palermo, ia berhasil menjadi penyelamat. Setelah AC Milan mendapatkan hadiah tendangan penalti, kemudian Ronaldinho pun diberikan kepercayaan sebagai eksekutor. Tapi karena Playstation, Amelia sudah hafal bagaimana cara Ronaldinho ambil ancang-ancang dan mengarahkan tendangan. Kemudian, ia pun berhasil menghalau bola.

Bahkan Guna Mengatasi Kejenuhan di Lapangan, Egy Maualana Menjadi Video Gim Sebagai Penenang Pikiran

“Semua pemain bola tidak asing dengan permainan video gim FIFA. Fokus kami tak hanya bermain bola saja, ketika ada waktu free, kami memanfaatkan waktu dengan bermain video gim. Kami tentu juga butuh refreshing untuk menyegarkan fisik dan otak,” ujar Egy dilansir dari Tirto.

Tidak hanya Egy Maulana Vikri, saja yang mendaulat vieo gim seperti FIFA sebagai kegiatan refreshing di lapangan. Witan Sulaeman pun juga melakukan hal yang sama. Karena baginya, permainan tersebut dapat mengisi waktu luang, bersenang-senang sekaligus membunuh rasa jenuh.

Video Gim Macam Sepakbola Bagus Untuk Pelatihan Bagi Para Pelakunya

Ketika seseorang bermain banyak video game, mereka mungkin menjadi sangat baik pada apa yang kita sebut metakognisi dari apa yang mereka lakukan,” ungkap Amy Price adalah pelatih sepakbola dan direktur program Lisensi UEFA untuk pendidikan jasmani dan olahraga di Universitas St. Mary di London dilansir dari BBC.co.uk 

Amy Price saat melatih Fulham FC, ia mengatakan pendekatan permainan video digital untuk pelatihan. Ia mengatakan konteks ini, metakognisi adalah ide yang digunakan dalam pendidikan untuk merujut ketika seorang siswa berpikir. Secara sederhana ini membuat siswa untuk menganilisis proses yang membantu mereka belajar dan untuk dapat menggunakan pengetahuan itu untuk memecahkan masalah lagi di masa depan.

Dalam kasus ini, berarti ada keuntungan khusus bagi para atlit sepakbola yang memainkan gim sepakbola. Karena itu membantu para pemain untuk belajar dalam memecahkan masalah di lapangan. Seperti yang diutarakan Alex Iwobi, Marco Amelia dan Krzysztof Piatek.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sport

Keperkasaan Liverpool Disudahi oleh Tangan Wolverhampton Wanderers di Piala FA

Liverpool sangat perkasa di Liga Inggris musim ini, karena baru menelan satu kali kekalahan dari 21 pertandingan yang dilakoni saat bermain tandang melawan Manchester City di lanjutan Liga Inggris. Nyatanya, di pertandingan selanjutanya pada laga putaran ketiga Piala FA, Wolverhampton Wanderers mampu menumpaskan Liverpool dengan skor tipis 1-2.

Kekalahan tersebut membuat Liverpool tersingkir di Piala FA. Kekalahan ini diyakini karena pelatih Jurgen Klopp melakukan rotasi pemain dengan memainkan para pemain lapis kedua. Tiga di lini depan yakni Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Klopp menempatkan Daniel Sturridge dan Divock Origi sebagai juru gedor.

Tanpa Salah, Firmino dan Mane, Liverpool gagal mengkreasikan serangan untuk menjebol barisan belakang Wolverhampton. Bahkan bola sepakan dari pemain Liverpool jarang ada yang mengarah ke tepat sasaran. Liverpool tertinggal lebih dulu lewat kaki Raul Jimenez di menit ke-38. Kemudian Liverpool menyamakan kedudukan di menit ke-51 lewat Divock Origi. Tak berselang lama, 4 menit kemudian Ruben Neves membawa Wolverhampton unggul.

Setelah pluit panjang dibunyikan, skuad Jurgen Klopp tidak mampu menahan imbang bahkan membalikkan keadaan sehingga mereka harus tersingkir di Piala FA.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sport

Dibangun dengan Dana Milyaran, Berikut Deretan Stadion Termahal di Asia Tenggara

Stadion dengan dana milyaran diyakini dibangun demi memuaskan hasrat penonton. Di Asia Tenggara saja, banyak stadion berkualitas bagus yang memang memiliki standar setara Eropa. Sebut saja stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur sampai stadion kebanggaan masyarakat Indonesia yakni Stadion Gelora Bung Karno. Beberapa stadion tersebut merupakan memiliki nama besar yang sampai diakui dunia karena kualitas dan megahnya.

Memang kalau dibanding beberapa stadion yang berada di Eropa, dua nama tadi tidak cukup stand out. Meskipun begitu, beberapa stadion tersebut memang dibangun dengan dana yang tidak banyak, kira-kira berapa ya bung total biaya pembangunannya? Sampai berapa biaya pekerja dan ongkos material di negara yang berbeda dan pada waktu yang berbeda membuatnya sulit untuk dinilai, tetapi inilah daftar stadion termahal sepakbola di Asia Tenggara.

Stadion Aji Imbut

Hampir menghabiskan dana Rp 1 Triliun, Stadion yang jadi markas Mitra Kukar di Liga 1 Indonesia ini salah satu stadion yang patut dipandang. Terletak di Tenggarong, Kalimantan Timur, didirikan pada tahun 2008. Total 35.000 penonton menjadi kapasitas resmi di stadion ini.

Bahkan dikatakan, stadion ini menjadi salah satu stadion atap yang unik di Asia Tenggara. Tidak hanya sebagai stadion sepakbola saja, Stadion Imbut juga memiliki pusat komplek olahraga yang lebih besar, di mana terdapat velodrome dalam ruangan dan sarana olahraga lainnya.

Stadion Batakan

Salah satu stadion di Indonesia yang besar lagi adalah Stadion Batakan, yang dibuka pada tahun 2017 lalu. Secara desain dan inspirasi Stadion Batakan mencontoh stadion paling terkenal di dunia Emirates Stadium milik Arsenal, hingga menghabiskan dana sebesar Rp 1,38 Triliun.

Stadion yang berkapasitas 46.000 kursi yang menjadi kandang bagi Persiba Balikpapan yang bermain di Liga 2. Desain dan konfigurasinya membuat stadion ini terhitung unik dibandingkan stadion-stadion lainnya di Asia Tenggara, dan dibangun khusus untuk sepakbola, trek lari yang biasa hadir di stadion-stadion di Asia.

Stadion Shah Alam

Dibangun dengan dana Rp 1,53 triliun ini merupakan salah satu stadion paling bersejarah dan ikonik dibangun pada awal 1990-an. Stadion megah yang kerap banyak menggelar final Piala Malaysia ini dapat menampung 80.000 penonton. Mantan raksasa sepakbola Malaysia, seperti Selangor yang diyakini memiliki banyak kenangan indah di sini. Di tahun 2011 saja stadion ini pernah direnovasi dengan biaya Rp 13,5 miliar.

Stadion Bukit Jalil

Dilansir dari FourFourTwo, nilai Stadion kebanggaan masyarakat Malaysia ini sangat fluktuatif. Sehingga estimasnya biaya stadion dikeluarkan untuk pembangunan dan renovasi stadion,Rp 5,25 Tiliun. Stadion ini memang layak dihargaim karena fasilitasnya yang sungguh mewah dan pantas untuk dijadikan markas bagi tim nasional Malaysia hampir 20 tahun hidupnya.

Meski sudah menghabiskan biaya yang begitu besarnya, stadion yang dibangun untuk Commonwealth Games pada tahun 1998 akan direncakan mengalami renovasi lagi guna menjadi tuan rumah apabila ada perandingan besar sepakbola di masa depan.

Singapore National Stadium

Jawara sebagai stadion termahal di Asia Tenggara adalah Singapore National Stadium, dengan bangunan berbentuk kubah, tadionya stadion ini dibuka diatas tanah yang diratakan pada tahun 2007. Pada tahun 2014 baru dibuka kembali, menghabiskan biaya hampir Rp 17,6 triliun stadion ini memiliki kapasitas 55.000 penonton yang bisa menggelar pertandingan sepakbola sampai rugby loh bung.

Konon kompetisi atletik bisa digelar di stadion ini karena tribun yang mampu digerakkan, sehingga fans bisa berada lebih dekat dengan lapangan permainan ketika digunakan untuk pertandingan sepakbola. Namun stadion ini tetap punya masalah, dalam hal lapangannya, dan terus dikritik karena kualitas rumputnya. Meski begitu, stadion ini tetap merupakan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top