Entertainment

Demi Menaikkan Reputasi Ternyata Film Juga Butuh Kontroversi

Keberhasilan sebuah film dapat ditentukan oleh berbagai faktor. Pemain, alur cerita dan cerita yang berbasis dari kisah nyata juga bisa membuat sebuah film naik namanya ke permukaan. Tentu bagi sutradara secara umum, membuat film terkenal menjadi tujuan. Kejelian sutrada pula dalam mengemas sebuah tontonan, menjadi sebuah alasan kenapa ia dapat membuat film tersebut sukses di pasaran.

Namun di satu sisi ada sebuah elemen pendukung yang membuat film mendapatkan reputasi lebih selain alur cerita dan pemain, yakni kontroversi. Yap, kontroversi yang mendapatkan respon penonton sesaat sebelum film tersebut tayang membuat film ini dikenal. Beberapa kontroversi yang terjadi baik karena kejadian saat proses syuting maupun karena mengangkat hal sensitif yang mengundang keresahan banyak orang.

Kira-kira film apa saja yang berbau kontroversi hingga dikenal banyak orang?

The Passion of the Christ Mendapatkan Penobatan Film Kontroversial Sepanjang Masa

Sumber : IndieWire

Film yang tayang di tahun 2004 mendapat sambutan yang kurang nyaman ditelinga, terutama bagi sang sutradara Mel Gibson. Lantaran fimnya tersebut tidak bisa lepas dari sisi kontroversi yang mulai dari awal sampai akhir. Dalam film ini, banyak unsur atau adegan kekerasan yang dialami oleh Yesus. Mel Gibson pun mendapat sederetan kritikan pedas.

Adegan yang terangkum dalam film tersebut dianggap terlalu brutal dan mengganggu, dan perlakukan penyiksaan tersebut dicela dan dianggap tidak pantas untuk dimasukkan ke layar lebar. Sampai-sampai muncul anggapan kepada Gibson kalau ia membawa pesan antisemitisme dalam filmnya. Dua tahun kemudian majalah Time memasukin film The Passion of the Christ sebagai film paling brutal sepanjang masa. Sedangkan Entertainment Weekly menobatkan sebagai film paling kontroversial sepanjang masa.

Mengubah Pemeran Utama Karena Terlibat Kasus Kekerasan Seksual

Sumber : StudentEdge

All The Money in The World harus menjalani syuting ulang secara total karena sang pemeran utama, Kevin Spacey harus tersandung kasus kekerasan seksual. Bagi Ridley Scoot sang sutradara, tentu hal ini tak biasa dibiarkan saja dengan menelan cemoohan publik karena tetap memainkan sang tersangka kasus kekerasan. Alhasil Scoot pun mengiyakan kala menjalani syuting ulang total film yang tayang di tahun 2017.

Akhirnya Spacey digantikan oleh Christopher Plummer, yang mendapatkan penghargaan Golden Globe dan Academy Awards. Meskipun dimainkan oleh Christpher Plummer sebagai pemeran utama, namun beredar kabar kalau Mark Wahlberg menerima bayaran fantastis untuk melakukan syuting ulang, yaitu sebesar 1,5 juta dollar Amerika.

Sedangkan lawannya mainnya , Michelle Williams hanya menerima gaji harian sebesar 80 dollar Amerika. Alhasil kontroversi ini tercium publik dan memicu perdebatan.

Membuka Kasus Perkosaan Sang Sutradara Sekaligus Bintang Utama

Sumber : Indie Wire

Sutradara sekaligus bintang utama dari film Birth of a Nation yang tayang di tahun 2016 mendapat pandangan kurang bagus dari penikmat film. Film yang mengisahkan tentang perlakuan kekerasan dan perlakuan tak adil dari pendeta yang berubah menjadi pemberontak ini mendapat respon negatif. Kemudian, Nate Parker selaku sutradara dan bintang utama juga dikorek kehidupan pribadinya yang di mana pernah terlibat kasus dugaan perkosaan pada tahun 1999 silam.

Muculnya kembali kasus yang telah lama tersebut karena muncul nama Jean McGianni Celestin sebagai salah satu penulis film, yang mana juga dituduh memerkosan seorang gadis. Meskipun proses pengadilan tidak memutuskan Nate Parker bersalah. Di tahun 2012 gadis yang disangkan menjadi korban perkosaan oleh Nat Parker ditemukana bunuh diri di sebuah institusi kejiwaan.

Seekor Hewan Ketakutan Saat Proses Syuting, Membuat Film Dikecam

Sumber : Cooming Soon

Bagi sebagian penonton memperlihatkan hubungan antara hewan dengan manusia selalu berhasil mendapatkan tempat khusus bagi penonton di layar lebar. Dua film yang sukses menguras emosi penonton adalah Hachiko dan Homeward Bound, lantaran pengorbanan sang hewan kepada majikan. Tetapi ada satu film membuat penonton tidak merasakan haru melainkan kesal.

Film bertajuk Dog Purpose yang tayang di tahun lalu tersebut dikecam setelah muncul sebuah video yang memperlihatkan kondisi menyedihkan sang hewan saat menjalani proses syuting. Film yang disutradarai oleh Lasse Hallstorm ini dikecam karena sang anjing yang terlihat ketakutan ketika diceburkan di sebuah sungai buatan yang mengalir deras.

Adegan tersebut memicu protes keras kelompok pecinta hewan kemudian berujung aksi boikot terhadap film keluaran Amblim Entertainment tersebut.

Mendapat Ancaman Apabila Ditayangkan

Sumber : Variety

Film kontroversial bernama The Interview di tahun 2014 tak jadi tayang setelah mendapat ancaman. Sutradara Seth Rogen mengisahkan tentang Dave Skylark yang diperankan James Franco dan Aaron Rapaport yang dimainkan Seth Rogen. Saat menginjak kaki di tanah Korea Utara pimpinan diktator Kim Jong Un yang dimainkan Randall Park.

Sebagaimana kita tahu bung, kalau sosok presiden Korea Utara tersebut memang kontroversial yang memancing konflik dengan berbagai negara tetangga. Akhirnya pihak Sony membatalkan perilisan global karena tidak berani menayangkan film ini setelah mendapat ancaman dari pihak misterius.

Bahkan pihak misterius mengatakan akan melakukan serangan terhadap bioskop yang nekat menayangkan The Interview.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Kerajaan Perempuan Terbesar di Dunia Menganut Sistem Cinta Satu Malam, Tak Kenal Pernikahan

Suku Mosuo China, menempatkan perempuan sebagai kekuasaan tertinggi dalam kelompoknya. Suku yang mendiami tepi Danau Lugu, barat laut dataran tinggi Yunnan, China juga dikenal sebagai kerajaan perempuan terbesar di dunia. Tidak seperti di kebanyakan tempat di mana sistem Patriarki secara tersirat ada di masyarakat. Suku ini secara terang-terangan menerapkan sistem Matriarki. Otomatis perempuan mendominasi kepimimpinan atas seagala bidang kehidupan di sana.

Dilansir dari The Vintage News, suku Mosuo tidak hanya menarik karena menjadi kerajaan perempuan terbesar di dunia. Akan tetapi suku ini tidak mengenal adanya pernikahan, atau membangun keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu juga anak. Bahkan isitilah suami bagi pria yang menjalin hubungan, juga tidak dikenal dalam suku Mosuo. Lantaran mereka menganut sistem Walking Marriage alias pernikahan berjalan atau Axia.

Dengan kata lain para perempuan bebas memilih pria yang mereka sukai untuk berhubungan seksual tanpa ada ikatan pernikahan. Perempuan yang telah dinyatakan dewasa secara seksual akan meminta para laki-laki untuk mengunjungi kamarnya saat malam hari guna berhubungan seksual. Seorang laki-laki yang tidur dengan wanita Suku Mosuo akan menggantung topi di pegangan pintu kamar sebagai tanda, agar tidak ada laki-laki lain yang masuk ke dalam kamar bung.

Setelah melepas hasrat seksual, laki-laki diwajibkan pergi sebelum matahari terbit dan kembali ke rumah ibunya. Axia dapat berjalan satu malam atau bahkan lebih. Para wanita Suku Mosuo pun dapat mengajak pria yang berbeda di setiap malam. Tentu apabila perempuan hamil dan melahirkan, ia tidak tahu secara biologis siapa ayahnya.

Anak akan dibesar oleh ibu, dibantu dengan nenek dan saudaranya. Karena perempuan sangat dominan di Suku Mosuo, laki-laki tidak memiliki kewajiban guna mencari nafkah atau membesarkan anak-anaknya. Hanya ibu lah yang memiliki hak 100 persen atas anak yang lahir dari rahimnya.

Di era sekarang, banyak generasi muda Mosuo sudah meninggal tradisi mereka dan menjalani dunia modern dan memasuki masyarakat. Beberapa dari mereka bahkan memilih untuk menikah dengan suku lain. Intervensi pemerintah pun telah banyak dilakukan demi menjembatani Mosuo dengan seluruh dunia. Seperti di desa utama Luosho terdapat hotel, tempat makan, karaoke, fasilitas kasino demi mendukung pariwisata. Sampai-sampai hal pelacuran juga dipromosikan.

Apakah bung tertarik untuk datang ke Suku Mosuo?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Walhi Menuduh Prabowo Mendapatkan Tanah Ribuan Hektar di era Orde Baru

Calon Persiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meyakini memiliki lahan seluas ribuan hektare. Menurut LSM Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) seharusnya beliau tak memiliki Hak Guna Usaha (HGU) seluas ribuan hektare di masa kini. Kemungkinan ia mendapatkan lewat koneksi politik saat Orde Baru.

Kepala Departemen Kajian Pembelaan dan Hukum Lingkungan Zenzi Suhadi mengatakan kalau kepemilikan tanah yang luasnya lebih dari 100 ribu hektare dalam satu koneksi itu tidak mungkin menggunakan HGU.

“Nah, seharusnya tidak boleh ada orang yang memiliki lahan itu dalam jumlah besar seperti yang dimiliki Pak Prabowo. Hanya saja sayangnya konsesi-konsesi dalam jumlah besar seperti itu bisanya kalau enggak HPH (Hak Pengusahaan Hutan), HTI (Hutan Tanaman Industri) dan perkebunan itu, tapi tidak ada yang dalam satu konsesi mencapai 100 ribu (hektare),” katanya dilansir dari CNNIndonesia.com

Kemungkinan besar tanah seluas tersebut didapat Prabowo karena merupakan eks menantu Presiden Kedua RI Soeharto sejak era Orde Baru menurut Zenzi. Lantaran penerbitan izin untuk lahan ratusan ribu hektare saat itu diperuntukkan untuk HPH ( (Hak Pengusahaan Hutan) dan HTI (Hutan Tanaman Industri). Bahkan tidak hanya jenderal saja menurutnya, tetapi orang yang memiliki relas politik juga mendapatkan izin tersebut.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98 tahun 2013 tentang Pedoman Perizinan Perusahaan Perkebunan mengatur soal batas paling luas pemberian Izin Usaha Perkebunan (IUP) untuk satu perusahaan atau kelompok (grup) perusahaan perkebunan. Seperti perkebunan sawit mencapai 100.000 hektare, teh 20 ribu hektare dan tebu 150.000 hektare.

IUP pun diwajibkan bagi perusahaan yang membudidayakan sawti lebih dari 1.000 hektare, teh lebih dari 240 hektare dan tebu lebih dari 2.000 hektare. Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati dan Manajer Kampanye Walhi Fatilda Hasibuan juga mengatakan kalau HGU biasanya diberikan kepada korporasi. Tidak mugkin individu memiliki HGU dengan luas tanah mencapai ratusan ribu hektare.

Yang mesti dilihat itu perusahaan Prabowo apakah memiliki lahan ratusan ribu hekatare? karena untuk perorangan enggak bisa ya punya ratusan ribu hektare,” ungkap Nur dilansir dari laman yang sama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Kapal Penjarah Ikan Lautan Dunia Berhasil Ditekuk di Indonesia

Sudah satu dekade kapal penangkap maling ikan menjarah ikan di lautan di dunia. Kapal tersebut dikenal dengan nama Andrey Dolgov. Sepak terjangnya selama 10 tahun menjarah ikan-ikan yang berada di perairan dunia harus berhenti, Kapal Andrey Dolgov berhasil diringkus di Indonesia setelah mencoba melarikan diri dari patroli Angkatan Laut (AL) Indonesia yang bersenjata lengkap. Dikutip dari BBC.com , kapal pencuri ini juga diintar oleh pesawat tak berawak yang berputar-putar di atasnya sampai para penjarah ikan menyerah.

Kapal Andrey Dolgov atau yang dikenal dengan STS-50 dan Sea Breez 1 merupakan bagian dari jaringan kriminal internasional yang sudah terorganisir yang secara tidak langsung tumbuh subur di antara garis hukum maritim dengan pejabat korupsi. Operasi penangkapan kapal dan awaknya buah kerjasama polisi dan otoritas maritim yang melacak kapal para perampok ikan lewat satelit.

Kapten dan kru terkejut telah ditangkap” kata Andreas Aditya Salim bagian dari gugus tugas keprisedenan di Indonesia yang memimpin operasi.

Kapal Andrey Dolgov ditangkap di Selat Malaka. Berada tepat di jalur pelayarang utama antara Semenanjung Melayu dan Pulau Sumatera. Setelah diselediki ternyata ditemukan setumpuk jaring-jaring besar berulir halus yang merentang setara 29 km jika digunakan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top