Otomotif

Demam Motor Lawas? Merek Asal Indonesia Coba Melepas Dahaga Warga Indonesia

Di saat motor klasik sedang digandrungi para pecinta dan penikmat roda dua, nampaknya ini menjadi peluang bagi Indonesia untuk merilis Gazgas Gazelo 125. Gazgas sendiri adalah merek buatan dalam negeri yang coba mengembangkan motor lawas ini. Selain motor lawas yang diberni nama Gazelo 125, perusahaan yang bermarkas di Jawa Timur ini juga merakit sekaligus mendistribusikan berbagai jenis motor trail, mini moto, dan special engine.

Gazelo 125 ini serupa nampak mirip dengan Super Cub milik Honda, apabila dilihat dari tampilan desainnya. Adapun motor Honda klasik Super Cub tersebut yang ditaksir bisa mencapai Rp 28 juta sampai Rp 35 juta, tidak sampai ke Indonesia. Mungkin, bagi Bung yang kepincut dengan motor lawas seperti itu bisa menaruh hatinya ke Gazelo 125, demi memajukan produk Indonesia.

Gazelo 125, Tampilan Lawas yang Menggugah Aroma Retro Setiap Pengemudinya

Sebagai motor klasik, tentu sudah dapat dibayangkan bahwa tampilannya otomatis akan terlihat jadul. Di zaman modern seperti sekarang pun, tampilan klasik tak dicap kuno atau pun mengundang keheranan setiap orang. Mulai dari pakaian, bahkan sampai ke kendaraan. Tampilan dari Gazelo 125 sangat klasik, dengan tulang body yang kurus kering dibalut warna merah. Mengingatkan pada motor keluaran Honda yang keluar tahun 1970-an. Tidak hanya warna merah, adapun warna biru muda menjadi salah satu opsi bagi calon pembeli.

Soal Kecepatan, Motor Klasik Biasanya Tak Dapat Berkutik, Tetapi Motor yang Satu Ini Sangat Unik

Motor klasik tidak hanya identik di penampilan, biasanya juga soal kecepatan yang dengan kata lain tak dapat dipertandingkan. Bukan berarti lambat Bung, tetapi motor klasik biasanya tidak memacu kecepatan seperti motor di era sekarang. Contohnya saja Honda Super Cub yang hanya memiliki cc di angka 50 dan 110, tentu saja kecepatannya tak usah dipertanyakan. Gazelo sendiri nampaknya ingin tampil beda, dengan coba mengusung cc lebih besar di angka 125. Mungkin, produsen asal Indonesia paham bahwa kecepatan tetap nomor satu bukan hanya soal penampilan.

Harga Gazelo 125 Lebih Terjangkau Dan Memukau

Seperti yang dibahas di atas, kalau saja Honda Super Cub jadi masuk ke tanah air, harganya bisa mencapai RP 25 juta sampai Rp 35 juta. Tentu saja ada rasa ikhlas tidak ikhlas untuk merogoh kocek lebih dalam demi seekor Super Cub. Dibanding keluaran Jepang, Gazgas jelas lebih murah.  Seperti dilansir dari halaman resminya, motor ini dibanderol dengan harga Rp 14,5 juta off the road untuk wilayah Jawa. Bisa Bung hitung sendiri kan selisihnya?

Memacu Daya Ke Angka Ribuan RPM Dengan Mesin Karburator

Gazelo 125 sudah pasti bukan merupakan motor yang futuristik dengan mesin injeksi, motor ini masih menggunakan karburator sebagai senjata mesinnya yang bernama SOHC. Dengan kualitas karburator empat langkah SOHC, Gazelo mampu melesat dengan daya 7,3 TK pada 8.000 RPM dan torsi maksimun 7 NM pada 6.000 RPM. Untuk spesifikasinya, motor ini mempunyai panjang 1.820 mm, lebar 670 mm, tinggi 1.030 mm, dengan jarak sumbu roda 1.180 mm.

Demam Motor Lawas Memang Lagi Melanda, Bahkan Ada Astrea yang Ditawar Selangit Harganya

Motor lawas nampaknya sedang dilanda momen emasnya beberapa bulan belakangan. Salah satunya hal ini dirasakan oleh Zubastian Rachman, pemilik restorasi Astrea Grand yang harganya dibanderol sampai Rp 80 juta. Tentu saja itu bukan harga yang selayaknya, namun faktor kelangkaan dan sudah jarangnya motor Astrea, berhasil membuat banyak pasang mata khususnya pecinta roda dua ngiler melihatnya.  Tetapi, daripada ngiler melihat Astrea yang harganya tak masuk akal, lebih baik nikmati Gazgas 125 yang jelas memiliki banyak manfaat dengan dampak yang sama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Keunggulan Honda ADV 150 Ekstrak dari Pendahulu X-ADV

Honda ADV 150 menarik perhatian saat dirilis di GIIAS, pecinta roda dua membicarakan kehadiran motor dari perusahaan berlambang ‘H’ ini. Setelah ditelusuri, banyak keunggulan yang dimiliki ADV 150. Sebelum membahas keunggulan, motor satu ini ternyata merupakan turunan dari versi gahar-nya Honda X-ADV 750. Terbukti dari segi desain. Sosoknya jangkung, visor tinggi, jok berudak memperlihatkan kesamaan dengan pendahulunya.

Lantas apa yang membuat ADV 150 tidak tersirat huruf X ? karena kode ‘X’ adalah kode sebagai motor off-road. Mutsuo Usui, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor menjelaskan karena motor ADV 150 memang bukan untuk off-road, tapi bisa dipakai di medan jalan yang berat. Nah, kira-kira apalagi keunggulan dari ADV 150? simak di bawah ini ya bung.

Suspensi Membantu Melintasi Jalan Berbagai Kondisi

Suspensi dari ADV 150 memiliki jarak terendah dari tanah. Yakni sekitar 165 mm, membuat ADV 150 mudah untuk melintasi jalanan di berbagai kondisi. Suspensi depan teleskopik long travel dipadukan suspensi belakang kembar dengan tambahan sub tank besutan Show!

Semakin gagah karena jarak suspensi belakang sekitar 40 cm. Bagi pengereman ADV didiukung cakram dengan gelombang doameter 240 mm pada roda depan dan 220 mm pada roda belakang. Khusus tipe ABS-ISS sudah bekali ABS satu channel di bagian depan.

Ban Depan dan Belakang Berbeda Agar Mendapat Traksi Lebih Baik

Honda ADV 150 terbilang berbeda dari kelasan 150 cc lainnya. Karena menggunakan ban tipe semi dual purpose. Ban depan memiliki ukuran 110/80 lingkar 14 inci. Sementara bagian belakang 130/70 lingkar 13 inci. Honda R & D Southeast Asia sekaligus pemimpin proyek ADV 150, Kazuya Minowa menyatakan pemilihan ban belakang supaya ban belakang mendapat traksi lebih baik saat dipakai di kondisi jalan kurang baik.

Memiliki Pencahayaan LED

Untuk penerangan Honda ADV 150 sudah memakai teknologi full LED baik di lampu depan belakang sampai sein. Lampu sein ini mirip dengan CBR 150. Membuat tampilan ADV semakin menarik, daya tarik lain yaitu lampu depan juga dilengkapi lampu DRL atau Daytime Running Light.

Terdapat Pelindung Angin Membuat Berkendara Terhalang Terpaan Angin

Terdapat Windscreen pada Honda ADV 150. Berfungsi untuk melindungi pengendara dari terpaan angin. Pelindung angin ini dapat diatur dua tingat sesuai dengan kenginan pengendara. Namun pola pengoperasiannya masih manual, tidak seperti saudaranya Honda Forza yang sudah elektrikal. Pelopor Adjustable Windscreen ini pertama kali muncul di kelasnya skutik lewat Honda ADV 150.

Mengusung Panelmeter Digital

Teknologi canggih dari Honda ADV 150 lainnya terdapat pada sistem digital panelmeter. Layar instrumen dengan negative display ini dapat menampilkan berbagai informasi yang sangat membantu pengendara. Tidak bahan bakar saja, melainkan indikator aki, indikator suhu luar, konsumsi bahan bakar rata-rata dan instan, indikator penggantian oli mesin, jam tanggal, Trip A dan Trip B.
ADV 150 dibanderol mulai  Rp 33,5 juta sampai Rp 36,5 juta. Motor ini memang sudah dikembangkan sejak 2 tahun lalu atau pararel dengan usia PCX lokal saat ini. Jadi bisa dikatakan kalau motor ini tidak dikembangkan secara mendadak. PT. AHM sendiri menargetkan terjual 100.000 unit setiap tahunnya.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Honda ADV 150, Menciptakan Pasar Baru di Kelas cc 150

Nmax disebut-sebut memiliki pesaing bernama Honda ADV 150. Motor tersebut baru saja meluncur di GIIAS 2019 yang berlangsung dari tanggal 18-28 July 2019. Alasan dikatakan jadi pesaing karena memiliki desain serupa. Menonjolkan sporty diselimuti aura maskulin, hingga mirip dengan skuter bongsor dari Yamaha, Nmax.

Tetapi Toshiyuki Inuma selaku Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) membantah anggapan itu. Diciptakannya Honda ADV 150 bukan untuk menantang jenis motor apa pun. Namun, ingin menciptakan pasar baru terutama pada kelas cc 150 di tanah air.

Sesuai rencana kami, kehadiran ADV 150 adalah untuk membuka pasar baru (pada segmen skutik penjelajah 150 cc),” jawab Inuma dilansir Detik, di ICE, BSD, Tangerang.

Secara harga memang terdapat jenjang cukup berbeda. Alhasil tidak begitu tepat kalau dikatakan jadi pesaing Yamaha Nmax. Pasalnya di situs Yamaha tertulis, Nmax dibanderol dengan harga Rp 27,540 sampai Rp 31,150 sedangkan ADV 150 dimulai dari Rp 33,5 juta sampai Rp 36,5 juta. Selisih RP 5 juta jadi bukti kalau kedua motor ini tidak begitu bersaing.

Bahkan ditambahkan Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya, Honda ADV 150 dikembangkan sejak 2 tahun lalu atau paraprel dengan usia PCX lokal saat ini. Bisa disimpulkan kalau motor ini tidak dikembangkan secara mendadak. PT.AHM sendiri menargetkan terjual 100.000 unit setiap tahunnya.

“Kami juga melihat perkembangan pasar tidak hanya elegan-luxury tapi juga ada pasar-pasar yang pengin sporty, macho, dan futuristik,” kata Thomas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Demi Memanjakan Pasar, KTM Hadirkan Motor Penjelajah

KTM selalu hadir mendatangkan hal yang baru demi memanjakan pecinta roda dua Indonesia. Sebelumnya, mereka sudah menghadirkan motor ber-cc besar yakni Duke 790 dan 790 Adventure. Kini PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) sebagai pemegang merek motor KTM di Indonesia siap mendatangkan motor penjelajah ke Indonesia. Bedanya, kali ini KTM tidak membawa motor ber-cc besar seperti dua varian sebelumnya. Kabarnya motor yang didatangkan nanti memiliki mesin lebih kecil.

Tahun ini harapannya Adventure 390 bisa dirilis di EICMA Milan (Pameran motor besar di Milan, Italia). Setelah launching di sana, pasti kami bawa ke sini (Indonesia),” ujar Presiden Direktur PJLM Kristianto Goenadi, di Jakarta.

Pasar adventure Indonesia sedang berkembang. Sangat potensial untuk seseorang dengan ketertarikan tersebut, memiliki motor untuk menjelajah namun dengan dimensi yang lebih kompak. Seperti kita tahu, KTM sering kali memboyong motor ber-cc besar.

Marketnya memang besar. Apalagi orang Indonesia ada kecenderungan punya lebih dari satu motor. Jadi ada yang buat harian dan ada motor yang dipakai buat touring di hari libur saja,” lanjut Kris.

Kabar dilansir dari Detik, motor penjelajah baru KTM akan memakai mesin seperti Duke 390 dan RC 390. Mesin ini akan mengusung konfigurasi satu silinder 4 katup, DOHC 377 cc, dengan output 43,6 dk pada 9.500 rpm dan torsi puncak 35 Nm pada 7.000 rpm.  Bagian desain, nantinya KTM 390 Adventure bakalan mirip dengan para pendahulu seperti 790 Adventure dan 1290 Adventure.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top