Otomotif

Datsun Go Cross Menyapa Sekaligus Menjawab Pasar Indonesia

Sebagai pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, Datsun meluncurkan satu lagi model moda transportasinya di Indonesia, setelah sebelumnya mengeluarkan Go+ dan Go Panca. Model terbarunya tersebut adalah Datsun Go Cross. Peluncuran Datsun Go Cross di Indonesia ini sekaligus menjadi peluncuran pertamanya di dunia. Tampilan terbaru Datsun ini lebih menarik dan sporty dibandingkan variannya yang lawas.

Datsun Go Cross sendiri diciptakan untuk menyasar pasar mobil crossover di Indonesia. Mengingat segmentasi pasar di Indonesia menyukai model mobil seperti Terios atau Pajero (SUV), namun juga dapat mengangkut banyak penumpang (MPV). Lantaran mobil di Indonesia dipakai sebagai kendaraan keluarga, Datsun Go Cross yang memiliki tampilan sporty ini juga dapat menampung banyak penumpang. Proses distribusi pertama Datsun Go Cross ini akan dilakukan Maret 2018.

Tidak Lagi Ramah Secara Harga, Tapi Fasilitas Oke Punya

Dastun Go Cross tidak lagi LCGC seperti dua model lawasnya Go+ dan Go Panca, secara harfiah LCGC adalah mobil murah yang ramah lingkungan Beberapa kelebihan mobil LCGC yang lainnya adalah hemat energi dan harganya sangat terjangkau. Selain itu model dan logo dari mobil tipe ini harus mencerminkan Indonesia dan menambahkan merek Indonesia. Lantaran tidak LCGC, Datsun Go Cross dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Datsun Go Cross memiliki estimasi harga Rp 163 juta untuk transmisi manual, Rp 175 juta untuk transmisi CVT, sementara Datsun Go+ dan Panca dibanderol Rp 105 juta – Rp 135 juta.

Selain Nyaman, Keselamatan Juga Ditingkatkan Secara Teknologi Demi Memberi Keamanan Berkendara Bung!

Mobil ini juga mengutamakan keselamatan dalam fitur-fitur terbarunya. Fitur yang menunjang keselamatan ini menjadi perhatian utama saat dirancang. Seperti model sebelumnya, mobil ini tetap dilengkapi dengan Vehicle Dynamic Contro (VDC) yang berguna untuk menjaga stabilitas kendaraan agar tidak slip di jalan atau pun saat bermanuver. Juga dilengkapi dengan electronic brake distribution (EBD) yang memastikan distribusi merata dari tekanan rem disemua kondisi.

Karena mobil ini lebih canggih dibanding sebelumnya, fitur-fitur yang tersedia pun dikendalikan komputer dan sensor. Ada pula fitur-fitur lainya seperti brake assist, traction control, brake-limited slip differential, dan anti lock break system (ABS) yang mencegah roda terkunci saat pengereman.

Sporty Menjadi Wajah Baru Dari Model Datsun Go Cross

Secara tampilan dari segi eksterior, mobil Datsun Go Cross lebih segar dan sporty. Beberapa tampilan eksterior yang membuat mobil ini sporty adalah over fender-nya. Termasuk penyematan roof rail sehingga membuat tampilannya lebih gagah dan macho. Karena didesain untuk kebutuhan pasar Indonesia, roof rail pun memiliki kapasitas 30 kilogram yang berguna untuk perjalanan jauh, seperti mudik.

Desain lampu utama mirip mata elang sehingga mengesankan kesan sangar yang dipadukan dengan lampu sein dan daytime running lamps (DRL). Desai grille-nya pun juga dibentuk menarik dengan motif honeycomb. Di bawah lampu depan terdapat lampu kabut berbentuk bulat, dan keberadaan skid plate di bemper depan kian menegaskan konsepnya sebagai mobil crossover. Datsun Go Cross juga dilengkapi wiper yang tidak ada pada model lawas Datsun Go Panca.

Transmisi CVT Dirancang Untuk Merayu Pengemudi Perkotaan

Datsun Go Cross muncul dengan dua transmisi untuk memanjakan pasar Indonesia. Tidak hanya menawarkan tranmisi manual saja, namun Datsun juga menawarkan transmisi X-tronic CVT yang sangat memudahkan pengemudi di perkotaan, karena mode CVT memadukan antara performa dan efisiensi. Mode transmisi ini diklaim responsif pada kecepatan rendah, juga tidak boros bahan bakar pada saat berkecepatan tinggi berkat low engine revs yang membuat rasio gear menjadi lebih panjang.

Mobil ini menggunakan rasio kompresi yang lebih tinggi guna meningkatkan efisiensi bahan bakar karena menggunakan mesin 1.200cc dengan 68/78 hp bertorsi 104 Nm yang menawarkan kinerja optimal. Biasanya persoalan efisiensi menjadi salah satu acuan bagi pasar Indonesia, sehingga model terbaru Datsun didesain hemat bahan bakar.

Tampilan Luar Begitu Sporty Namun Dalamnya Trendy Bung!

Kalau tampilan luar cukup gagah dengan desain lampu seperti mata elang, sangat berbeda dengan bagian dalam yang coba tampil kekinian. Secara kasat mata dapat dilihat tampilan dashboard yang terkesan lebih baik dibanding dua model sebelumnya. Aksen krom terdapat pada panel instrumen dengan head ukuran 6,75 inci berlayar sentuh dilengkapi koneksi bluetooth, USB, Aux dan smartphone.

Tidak seperti model sebelumnya di mana letak rem tangan terdapat di atas, sekarang model rem tangan pada Datsun Go Cross berada di posisi pada umumnya. Karena didesain semi mobil keluarga, tempat penyimpanan banyak tersedia seperti di kantung pintu, tempat penyimpanan uang, kotak penyimpanan berpenutup, tempat cangkir untuk penumpang depan dan belakang. Datsun Cross mampu menampung lima penumpang dewasa dengan ruang ekstra di baris ketiga. Kursi di baris ketiga juga bisa digunakan untuk penumpang anak-anak saat perjalanan pendek.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Agar Dilirik Lawan Jenis, Coba Pajang Foto Profil Dengan Mobil Jeep

Agar dapat dilirik secara sempurna oleh lawan jenis kita harus berpenampilan menarik. Secara logika itu satu-satunya jalan apabila ingin dilirik, kan? hal ini termasuk juga oleh kendaraan apa yang bung miliki, karena secara tidak langsung itu termasuk ke dalam bagian penampilan.

Kendaraan memiliki banyak simbol yang dapat diartikan oleh lawan jenis, salah satu simbolnya mungkin adalah kesuksesan. Meskipun arti kesuksesan tak hanya diukur oleh seberapa dalamnya sebuah materi. Namun dibalik itu semua, ada sebuah survei yang mengatakan bahwa memajang foto dengan mobi jeep lebih mudah mendapatkan jodoh. Lantas apakah benar demikian?

Potensi Ketertarikan Lawan Jenis Bisa Meningkat Sampai Ratusan Persen!

Survei ini dilakukan oleh salah satu situs kencan yang cukup terkenal akan beberapa bentuk penelitian, yakni Zoosk. Dalam analisisnya kali ini, Zoosk menyatakan lebih dari 15 juta foto kencan online baik perempuan maupun laki-laki yang memuat foto mobil Jeep dengan berbagai merk, meningkatkan potensi ketertarikan sebesar 243 persen! nampaknya sisi ketertarikan ini sangat universal, karena baik laki-laki dan perempuan kalau merujuk pada survei sangat menyukai foto dengan Jeep. Seperti ada sisi tersembunyi yang tersirat dari mobil garang tersebut.

Bung Foto Dengan Jeep Bakal Terlihat Dua Kali Lipat Lebih Laki

Mungkin masih menjadi pertanyaan kenapa mobil Jeep bisa mendapatkan kesan begitu positif di mata kaum adam dan hawa. Menurut kami ini semua terbentuk dari image mobil itu sendiri.  Jeep itu kalau diibaratkan sebagai sosok, mungkin ia adalah sosok yang macho dan jantan! saat bung menunggah foto dengan  mobil Jeep kami yakin si Nona memiliki pandangan semacam ini. Karena dari tampilan dan bentuk, Jeep tidak termasuk mobil yang mewah bahkan menawan, ia adalah sosok mobil yang kuat diberbagai medan dan mampu melewati rintangan. Sedangkan kalau dipajang oleh perempuan, membuat para laki-laki membayangkan sosok yang tahan banting, seksi dan juga mandiri. Jadi wajar kalau kedua belah gender ini saling tertarik dengan foto unggahan Jeep.

Bagaimana Dengan BMW atau Toyota?

Selain Jeep, Zoosk juga sempat membahas dua merek yang cukup memiliki nama di dunia otomotif, BMW dan Toyota. Keduanya mendapat persentase yang tinggi untuk ketertarikan dari lawan jenis. Secara jelas, BMW lebih tinggi dari Toyota merek yang satu ini mendapat perhatian sebanyak 143 persen, sedangkan Toyota ada di kisaran 73 persen. Hal ini wajar, karena BMW terlihat lebih classy, mewah dan menawan, image tersebut memang melekat kepada perusahaan roda empat asal Jerman ini. Sedangkan Toyota lebih kepada sosok yang family friendly, lantaran perusahaan ini sering merilis mobil SUV yang akrab dipakai keluarga.

Tapi Jangan Mencoba Berfoto Dengan Mobil Jenis Hatchback Ya

Namun secara unik Zoosk menyatakan kalau jenis mobil Hatchback bukan menjadi pilihan bung untuk menarik perhatian lawan jenis, karena jenis mobil ini bakal menurunkan kesempatan untuk mendapatkan perhatian dari lawan jenis. Askmen, selaku situs yang membicarakan seputar laki-laki mengamini hal ini dengan mengatakan 15 persen kesempatan bakal turun.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Thailand Memiliki Cara Unik Mengembangkan Mobil Listrik

Mengembangkan mobil listrik sudah menjadi sebuah PR bagi beberapa negara. Terutama dalam memerangi pemanasan global dan polusi udara yang kian hari kian buruk. Di sisi lain tak bisa dipungkiri bahwa mobil dan motor adalah transportasi yang berguna untuk menempuh tempat dengan efiensiensi tenaga dan waktu.

Pengembangan mobil listrik diyakini menjadi solusi tepat dan cepat apabila disegerakan. Nah salah satu yang ‘ngebet’ soal pengembangan ini adalah negara tetangga kita bung, yakni Thailand. Nah bagaimana Thailand melakukan perkembangan mobil listrik? coba simak di bawah ini ya

Tak Mau Menunggu Lama, Thailand Coba Bergerak Secepatnya

Pemerintah Thailand sepertinya tidak sabar kalau menunggu pabrikan otomotif menjual mobil listrik di negaranya. Alhasil ia bergerak sendiri melalui Otoritas Pembangkit Listrik Thailand (Egat) yang dikelola pemerintah dan berencana mengembangkan kendaraan listrik sendiri. Diyakini ini menjadi jalan pintas untuk sesegera mungkin memperbagus kualitas udara yang diracuni karena emisi gas yang keluar dari roda dua dan roda empat.

Memanfaatkan Cangkang Mobil Bekas untuk Proyek Mobil Listrik

Salah satu cara unik yang dilakukan adalah menggunakan mobil bekas sebagai cangkang mobil listrik yang dikembangkan. Seperti diberitakan oleh Bangkok Post, Egat bakal memodifikasi mobil bermesin bakar menjadi mobil listrik. Tak tanggung-tanggung, mobil bekas yang disulap menjadi mobil listrik tersebut akan dijual pada tahun depan. Bakal ada masa percobaan untuk menentukan berapa biaya yang diperlukan untuk satu modifikasi mobil bekas.

Ada Tiga Mobil yang Jadi Uji Coba Modifikasi untuk Menjadi Mobil Listrik

Asisten Gubernur untuk penelitian dan invoasi pengembangan bisnis, Jiraporn Sirikum menyatakan kalau organisasinya bekerja sama dengan Pengembangan Sains dan Teknologi Nasional. Di tahap awal mereka akan memodifikasi tiga mobil bekas yakni Toyota Vios, Honda Jazz dan Nissan Almera sebagai bahan uji coba. Memang tidak ada alasan terkait mengapa ketiga mobil tersebut yang ditunjuk, yang jelas mesin ketiga mobil bekas tersebut bakal dicopot diganti dengan listrik dan baterai.

Satu Modifikasi Mobil Bekas Senilai Rp 130 juta!

Biaya untuk memodifikasi mobil bekas diperkirakan sekitar 300.000 baht (Rp 130 jutaan) untuk memasang komponen kendaraan listrik yang vital seperti baterai lithium-ion dan motor listrik,” kata Jiraporn.

Karena ini hasil modifikasi mobil bekas maka harga dibanderol katanya bakal lebih murah dibanding kendaraan listrik yang baru bung. Adapun tujuan proyek perombakan mobil bekas menjadi mobil listrik untuk meningkatkan pemakaian kendaraan listrik di Thailand secara cepat, daripada menunggu peluncuran kendaraan listrik oleh pabrikan otomotif.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Lafalnya Sama Dengan Sate Taichan, Ini Porsche Taycan Seharga 1,3 Miliar

Mendengar kata Taycan, pasti yang terlintas di kepala adalah sate ayam dengan bumbu pedas yang viral beberapa tahun belakangan. Nah, Taycan yang satu ini beda bung! dan bukan dari sisi kuliner melainkan otomotif. Perkenalkan Porsche Taycan, sebuah mobil listrik yang digadang-gadang akan mengaspal di Indonesia tahun depan pada kuartal pertama.

Dibalik rencana mendatangkan Tayacan, dilema terjadi pada pihak Porsche Indonesia soal regulasi kendaraan listrik yang tak kunjung lahir dan keliatan. Meskipun begitu di satu sisi Posche Indonesia tetap percaya diri untuk menghadirkan Porsche Taycan ke tanah air.

Bila tidak ada regulasi, ini akan menjadi hal yang sulit karena harganya bisa sangat menjadi mahal. Tetapi di lain sisi kita juga akan mengikuti konsumen, jika ada permintaan dari konsumen kita akan mencoba memenuhinya,” ujar Christoph Choi, Managing Director Porsche Indonesia.

Harga dari Taycan akan mahal apabila tidak dipayungi regulasi kendaraan listrik, Choi pun tidak menampik soal itu karena berkaitan dengan insentif pajak. Tapi Porsche memiliki sejarah besar dalam dunia otomotif jadi tak salah kalau memboyong mobil listrik teranyar ke Indonesia.

Tentunya akan sulit untuk menjual mobil ini bila pemerintah tidak mendukungnya, seperti insentif pajak. Harga mobil bisa menjadi sangat mahal, tetapi saya pikir masih banyak konsumen di luar sana yang ‘gila’,” imbuhnyaChoi.

Porsche salah satu perusahaan otomotif yang mengembangkan mobil listrik secara global, bahkan di keluaran perdana mobil listrik taycan sudah dipesan mencapai 20.000 unit di seluruh dunia. Kemewahan dan performa yang “mengigit” jadi nilai penawaran Porsche kepada pengendara.

Taycan kuat diajak berlari 0-100 km/jam dalam 3,5 detik dengan jarak sejauh 311 mil atau 500 km berdasarkan pengetesan NEDC Test Cycle. Enaknya lagi, pengendara hanya butuh ngecas 4 menit agar mobil dapat berlari hingga 100 km.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top