Lebih Tahu

Cicilan Kian Padat? Ada Tips Hemat Selama Berpuasa Bikin Keuangan Selamat

Konon, cicilan membuat pekerjaan semakin semangat karena merasa ada tanggung jawab. Mumpung di bulan puasa ada cara atau kiat-kiat hidup hemat agar kebutuhan dapat dan cicilan tidak telat. Secara logika, pengeluaran selama bulan puasa seharusnya menurun kan bung? karena pengeluaran untuk makan berkurang yang biasanya makan tiga kali sehari jadi dua kali sehari.  Tapi apakah nyatanya demikian? tidak juga bung.

Ternyata ini masalah lagi ke individu masing-masing, ada yang pengeluaran selama bulan puasa malah melonjak jadi 2 sampai 3 kali lipat. Karena banyak agenda dan aktivitas bersama teman-teman dan keluarga, termasuk urusan reunian yang berkedok bukber. Agar tetap hemat, maka bung simak tips-tips berikut ini agar cicilan tidak telat dan kebutuhan juga terpenuhi secara tepat.

Penuhi Kebutuhan dengan Belanja Untuk Satu Bulan Ke Depan

Seperti pengelaman beberapa tahun sebelumnya kalau harga bahan pokok menjelang ramadhan itu kerap naik, bahkan sulit diprediksi. Kenaikan harga ini berdampak besar dengan pembengkakan pengeluaran bulanan.

Agar bisa berhemat, belanja bahan pokok yang sekiranya bisa bertahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan. Jadi tak perlu membeli barang tersebut saat harga dalam posisi mahal. Selain hemat aktivitas belanja jadi efektif. Manfaatkan promo dan diskon agar pengeluaran jauh lebih hemat.

Membeli Makanan Siap Santap, Dibanding Memasak

Memang kalau memasak makan sendiri jadinya bisa lebih murah dalam kuota jumlah besar seperti untuk satu keluarga misalnya. Tapi jika bung memasak untuk diri sendiri, otomatis pengeluaran akan lebih mahal mulai biaya gas, minyak, listrik serta bahan pokok makanan yang melonjak pengeluaran.

Nah, lebih baik beli makanan jadi di pasar dalam jumlah yang sedikit untuk dirimu sendiri. Dijamin harganya lebih murah dan hemat. Kalau tidak, bung belanja lauk saja dan nasinya memasak sendiri.

Bentuk Daftar Menu Untuk Satu Bulan, Baik Untuk Berbuka atau Sahur

Menata menu makanan untuk penghematan sangatlah berguna, dengan mencatat siapa saja orang dirumah yang ikut menikmati hidangan apabila bung mungkin sudah berkeluarga. Tulis bahan pangan yang dibutuhkan dan berapa jumlah yang dibutuhkan. Melakukan hal ini memudahkan bung untuk menghitung estimasi pengeluaran selama sebulan, selain itu bung tidak akan memiliki makanan terlebih atau yang terbuang.

Mencoba Membuat Kue Lebaran Buatan Bung Sendiri

Harga bahan makanan saat menjelang lebaran serba naik, ini jadi alasan bagi para penjual kue untuk melipatgandakan harga. Sebagai konsumen bung mungkin bakal merasa rugi tapi kalau dipikir lagi ini adalah hal wajar.

Maka dari itu dari pada bung mengeluh, mengapa tidak mencoba membuat sendiri? yang bung perlukan adalah bahan pokoknya saja, tinggal buat variasi seperti kue lebaran apa yang bung suka. Tenang, di Internet banyak yang mengajarkan caranya jadi bung bisa membuatnya, apalagi membuat kue di bulan puasa adalah cara menghabiskan waktu yang tepat.

Membatasi Bukber dengan Cermat

Undangan buka bersama saat bulan puasa biasanya banyak sekali. Dari tajuk temen SD, SMP, SMA sampai kuliah. Bahkan teman kerja dan temen gengmu terkadang memiliki acara sendiri, memang sih tujuannya baik yakni silaturahmi dengan orang lain.

Akan tetapi kalau banyak dari acara tersebut mengadakan di restoran pasti bakal memakan biaya, oleh karena lebih baik pilih mana saja yang sekiranya memang harus bung datangi. Kalau boleh saran, cari beberapa restoran yang memakai promo. Dari mulai kartu debit, kredit sampai finance technology yang menjanjikan cashback.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Hal Seru yang Bisa Dibahas Sebagai Topik Pembicaraan Saat Chatting dengan Gebetan

Hal pertama yang harus bung ketahui adalah, si nona  bosan bahkan males kalau bung bentar-bentar nanya ‘lagi apa?’. Seolah tidak ada topik pembicaraan yang bisa dibahas, kan? padahal banyak banget hal yang bisa digali atau di-improvisasi. Setidaknya bikin obrolan benar-benar menarik untuk didiskusikan atau ditertawakan.

Meskipun respon-nya terkadang jutek bahkan terlihat nggak tertarik, nggak usah dipikirin, setidaknya kalian sudah mencoba. Cari lagi topik lain yang menarik dibahas. Penting, untuk mengetahui karakter dia itu seperti apa, gali-gali hal menarik dari pembicaraan kalian saat bertemu atau chatting. Dari situ kalian tentukan topik apa yang sekiranya menarik dibahas. Berikut ini ada beberapa topik yang seru dibahas saat chatting dengan gebetan.

Pertanyakan Aktivitas yang Telah Dilewati di Hari Ini

Saat kalian merasa sedang dilanda kebingungan untuk menentukan topik. Sebaiknya jadikan aktivitas atau rutinitas yang dilewati di hari tersebut untuk dibahas. Bakal timbul pembicaraan menarik apabila ia sedang melewati hal-hal yang seru bahkan menjengkelkan. Telat karena transportasi umum yang ditumpangi bannya bocor atau kena omel dikantor karena salah memasukkan data.

Memang terkadang ia ingin melupakan hal sial. Tapi kalau bung tahu bagaimana cara membahasnya jadi hal menarik justru ia sungkan untuk mengingat kembali. Seperti menjadikan hal tersebut sebagai lelucon sembari memberikan dukungan dan nasihat. Contohnya, ‘kalau kamu bareng aku tadi ke kantor, nggak ada tuh kejadian telat karena naik bus bannya bocor haha’.

Meminta Pendapat Si Nona Saat Memilih Pakaian atau Sepatu

Jangan selalu meminta pendapat saat membeli barang ya. Topik ini dipakai sebagai bahan saja, alias jangan sering-sering! takut-nya si nona akan berpendapat bahwa bung matrealistis, pamer atau semacamnya. Maklum karena baik bung atau si nona belum kenal secara dekat.

Tapi meminta pendapat si nona dengan mengirim foto pakaian atau sepatu yang kalian beli jadi topik obrolan yang menarik. Apalagi saat kalian kopi darat, kemudian bmemakai barang yang sebelumnya direkomendasikan, akan jadi hal membuatnya senyum-senyum sendiri. Percayalah.

Membuat Lelucon Pribadi

Yang dimaksud dengan lelucon pribadi, adalah bentuk lelucon yang dimengerti antara bung dan si nona. Lelucon pribadi bisa terbentuk lewat obrolan kalian atau saat bertemu, kalian menemukan peristiwa menarik kemudian dinamai.

Saat menyebut nama tersebut kalian akan tertawa saking memorable dan lucunya peristiwa itu. Di sisi lain lelucon bersifat personal mengisyaratkan adanya chemistry. Maka ia akan mencari saat bung pergi.

Membicarakan Tentang Film atau Musik

Film atau musik tetap jadi topik menarik untuk dibicarakan. Coba cari tahu tipikal film atau musik seperti apa yang nona suka, dimulai dari bung menceritakan tentang film yang habis bung tonton. Apabila ada kesamaan maka kalian bisa bertukar judul film! syukur-syukur kalau ia mau menonton apa yang bung rekomendasikan.

Maka akan jadi topik pembicaraan panjang. Bagaimana kalau beda? mintalah rekomendasi film yang sesuai seleranya, kemudian bahas setelah bung menontonya. Dengan cara ini, si nona akan merasa bahwa bung mau menyelami dunia-nya. Sekaligus menandakan kalau bung bukan tipikal orang yang egois.

Memberikan Meme yang Sedang Viral di Internet

Topik pembicaraan bisa berawal dari meme yang beredar di internet. Coba saja kirim ke gebetan dan lihat bagaimana reaksinya. Apabila ia sedang suntuk kemudian ceria berarti berhasil. Alhasil pembahasan tersebut akan mengalir. Jangan kaget kalau ke depannya kalian akan saling tukar meme. Ini jadi hal yang seru, ya kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Meramu Topik Pembicaraan yang Menarik Saat Kencan dengan si Nona

Memilih topik pembicaraan yang menarik bagi wanita saat kencan memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi kalau bung berharap bakal ada kencan kedua, ketiga dan seterusnya. Untuk itu dalam menentukan topik, harus mengetahui mana hal menarik yang dibawakan. Dari pada datang dengan random dan membiarkan topik mengalir, lebih baik disusun dengan rapih, kan?

Topik pembicaraan adalah jembatan perasaan. Susana asik bahkan seru bisa ditimbulkan lewat obrolan. Maka dari itu bung harus tahu cara meramu topik pembicaraan, agar semakin menarik. Dari pada berpikir susah-susah, lebih baik simak beberapa topik pembicaraan yang di bawa saat kencan. Agar nona merasa seru saat bertemu denganmu

Membahas Soal Hobi yang Digandrungi

Hobi adalah hasrat yang dilakukan atas dasar kesenangan. Apabila membicarakan hal semacam ini sebagai topik kencan, sangat seru untuk dilakukan. Keterbukaan satu sama lain dengan perbedaan hobi misalnya, jadi hal menarik!  satu sama lain akan lebih mendalam mengulik kerpibadian lawan bicara. Maka obrolan akan jauh lebih dalam.

Pengalaman Masa Lalu yang Seru dan Tak Terlupakan

Mengais kembali pengalaman masa lalu dengan cara menceritakan betapa seru-nya dulu ketika kamu sekolah. Atau menceritakan tentang perjalanan waktu kamu study tour ke Jogja dan Bali ketika SMA. Momen seru tersebut dapat memancing rasa penasaran si nona untuk mendengarkan secara antusias.

Bahkan bisa jadi ia ingin membagikan pengalaman yang sama. Topik menceritakan masa lalu yang seru dan terlupakan, merupakan salah satu topik tajam yang bisa dipakai saat kencan.

Bertanya Soal Musik atau Film

Menyentuh budaya pop seperti musik atau film, bisa dikatakan adalah topik menarik. Pasalnya menceritakan tentang film favorit seperti menceritakan kepribadian. Lantaran ada hal yang ingin disampaikan. Semisal si nona suka drama korea, karena konfliknya ringan, dalam arti si nona ini cukup simple dalam urusan sesuatu tidak neko-neko. Dan bisa ditebak juga kalau ia pasti suka lagu yang easy listening. Kalau sudah mendapatkan celah semacam ini coba rekomendasikan film atau musik kesukaan kalian.

Membahas Isu yang Ramai Diperbicangkan di Sosial Media

Kalau sedang tahap kencan dengan si nona, harus rajin buka sosial media terutama kalau ada isu hangat ya. Perempuan cenderung memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan, makanya perempuan suka sekali bergosip. Meskipun tidak semua lho.

Lantas kalau kita peka terhadap isu hangat, apakah justifikasi cowok gosip akan menempel pada kita? tentu saja tidak. Soalnya isu hangat di sini adalah yang jauh dari soal infotainment.

Semeisal kasus bullying siswa SMP di Kalimantan, penyiksaan terhadap hewan, sampai viralnya video tentang penambangan batu bara ilegal. Dengan membicarakan hal semacam itu, membuat si nona tahu kalau kita ternyata cukup memperhatikan berita dan isu hangat yang berkembang.

Menceritakan Tempat yang Ingin Dikunjungi

Setiap tempat yang telah kamu kunjungi pasti memiliki cerita serta pengalaman yang menarik. Ceritakanlah pengalaman tersebut dengan si nona. Sangat beruntung kalau tempat yang sudah bung kunjungi, ternyata akan nona kunjungi saat libur nanti atau ia ingin berkunjung tapi belum kesampaian.

Menceritakan tentang tempat membawa nuansa penasaran tersendiri bagi yang mendengarkan. Selain itu ceritakan juga tempat yang ingin bung kunjungi serta alasan kenapa ada rencana untuk mengunjunginya.

Menunjukkan Kualitas Diri

Meskipun dalam topik pembicaraan kamu tak boleh dominan, tapi ada baiknya sesekali bercerita tentang diri sendiri seperti tentang kualitas diri. Seperti apakah pekerjaan yang dilakukan sekarang sudah sesuai dengan passion atau seperti yang dibayangkan.

Sembari menyelipkan cerita tentang kelebihan apa yang membuat bung bisa berada di posisi seperti ini. Selain itu, ajak juga si nona untuk bercerita tentang kelebihan dan apa yang ia cita-citakan sejak kecil.

Becerita Tentang Kawan Bahkan Keluarga Kalian Seperti Apa

Biasanya si nona memiliki genk pertemanan yang akrab. Pancinglah cerita dia dengan genk-nya tersebut dengan menceritakan bagaimana bung dengan teman-teman bung. Bagaimana kalau kalian telah berkumpul, apa yang kalian lakukan.

Selain itu ceritakan juga sedikit tentang keluarga dan bocorkan bagaimana sikapmu saat nanti menjadi kepala keluarga. Siapa tau cocok dengan kriteria si nona.

Menanyakan Tentang Sifat Apa yang Dibenci Olehnya

Kamu kalau kesel dengan orang seperti apa?”, ini merupakan pertanyaan penting dalam hubungan sekaligus topik menarik untuk dibahas. Karena teman kencanmu bisa saja langsung membeberkan sikap apa saja yang tidak disuka.

Hingga membuatnya marah atau jengkel. Di sisi lain ia akan menjelaskan kenapa sifat-sifat tersebut sangat dibenci olehnya.

Membahas Tentang Kekurangan atau Sifat Buruk

Membahas sifat buruk mungkin dapat jadi boomerang hingga nantinya teman kencan menjauh. Tentu ini bagus dong? karena lebih baik tak ada kencan kedua dan ketiga dari pada saat jadian putus-putus juga kan?

Yap, membahas tentang kekurangan diri itu semacam sinyal apakah keberadaan kita membuat risih si nona atau tidak. Sekaligus kita menjelaskan kita orang seperti apa. Setelah menjelaskan kita balik bertanya untuk  nona bercerita tentang kekurangannya.

Sudah Siap Ngobrol Masa Depan?

Eitss, kalau ngobrol masa depan tak bisa gegabah atau sembarangan. Lihat bagaimana respon si nona, apakah ia antusias dengan semua topik yang kalin bahas atau tidak. Kalau sudah ada sinyal antusias barulah kalian bisa mengobrol tentang masa depan. Bahkan bisa berandai-andai apabla kalian ternyata hidup bersama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Jangan Bingung, Masih Banyak Cara Membuat Wanita Nyaman

Menyenangkan saat perempuan mengatakan ‘Aku nyaman denganmu’. Kehadiran kita selama ini diterima dengan baik dan tidak membuatnya risih. Kenyamanan dihasilkan lewat tindakan dan perbuatan, se-simple bagaimana Bung memperlakukannya. Penjelasan seperti ini mungkin membingungkan. Tapi bung jangan keburu bingung, karena ada cara membuat wanita nyaman.

Seyogyanya, wanita jarang mengatakan secara verbal apabila merasa nyaman. Tapi itu bisa dilihat, apabila selalu mau saat diajak ketemu, tidak pernah menolak ketika diajak makan atau nonton. Bahkan mencari di saat tidak menghubungi. Demi meraih respon seperti itu, coba ikuti beberapa tips bagaimana membuat wanita merasa nyaman.

Mencurahkan Segala Perhatian Demi Membuatnya Senang

Berikan segala bentuk curahan perhatian, itu membantu nona menyadari kalau selama ini bung selalu ada dan menemani. Si nona tidak mungkin meminta untuk diperhatikan. Ini timbul dari inisiatif, tanpa ada rasa inisiatif dan kepekaan, hal yang sulit untuk membuat perempuan nyaman.

Tak perlu ke hal-hal besar, hal-hal mikro seperti bertanya ‘apa sudah di rumah?’ atau ‘Hari ini panas banget, minum yang banyak ya!’ contoh sederhana di mana perempuan akan merasa senang. Bentuk perhatian itu seperti hadiah ditengah kegelapan.

Setia Dengannya, Meskipun Belum Ada Status Antara Kalian Berdua

Menjalani tanpa status itu rumit, kan? namun kalian harus menunjukkan keseriusan. Segala bentuk risiko harus ditanggung, semisal ia tak memilihmu. PDKT atau belum menikah, mungkin masa bebas untuk memilih mana terbaik dari yang terbaik. Hingga kalian melancarkan PDKT lebih dari satu perempuan.

Untuk membuat si nona merasa nyaman harus dibuktikan dengan setia kepada pasangan. Sebagai pembuktian kalau hanya dia yang Bung inginkan adalah tidak mendekati perempuan lain.

Menjadi Pendengar yang Baik, di Segala Situasi

Baik sedih atau pun senang kalian wajib mendengarkan apa yang ia ceritakan. Seputar aktivitas yang dijalani sehari-hari apabila ingin diceritakan harus kalian dengarkan. Jadi pendengar yang baik membuat perempuan tahu akan pergi ke mana ia saat ingin mencurahkan perasaan. Setiap orang ingin didengarkan saat memiliki masalah, meskipun tidak ada solusi.

Intinya tunjukkan rasa tertarik akan segala bentuk topik yang ia ceritakan. Saat curhat tatap matanya, dengarkan isinya dan simak semua aksara yang keluar dari mulutnya.

Pede dan Tidak Minder

Minder saat bercengkeramah dengan si nona akan merusak segala situasi. Ia tak ingin bersanding dengan laki-laki yang pesimis dan tidak percaya diri. Takut imbas tersebut menempel ke dirinya, terbayang betapa lelah-nya terus memberikan nasihat dan motivasi karena kalian suka mengeluh.

Pede saja dengan apa yang kalian miliki, si nona akan merasa nyaman karena diperjuangkan oleh orang yang berpikiran positif. Tapi jangan terlalu pede juga sampai mengarah ke sombong! semua hal yang kalian miliki tak perlu diperlihatkan untuk membuat nona terkesan. Justru bisa jadi bumerang.

Ubah Diri Jadi Gentlemen, Bukan Lelaki Cemen!

Gentlemen itu seperti apa sih? Gentlemen itu tidak dinilai dari pakaian ala-ala eksekutif muda. Tapi melakukan berbagai macam hal sederhana yang menarik perhatiannya. Seperti menarik bangku saat ia ingin duduk, mengantarkan pulang saat kencan, membukakan pintu mobil, atau membiarkan si nona jalan terlebih dahulu.

Dengan mengemban bentuk sikap semacam itu, dijamin kaum hawa tak tahan menahan rasa suka dan merasa nyaman. Lantaran diperlakukan sebagai putri raja. Sikap gentlemen wajib dimiliki laki-laki agar menambah citra dan pesona dalam diri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top