Health

Chatting Atau Pesan Instan Bisa Mempengaruhi Kesehatan Kalau Luput dari Perhatian

Zaman modern ini membuat pengguna gawai tipe smartphone dituntut untuk online setiap hari. Sebenarnya bukan menjadi keharusan sih bung, namun ini menjadi hal yang bung lakukan secara tidak sadar, di mana siaga setiap waktu untuk membalas pesan instan atau chatting. Aplikasi chatting yang tersedia di gawai bung tidak hanya untuk berkirim pesan atau teks, namun gambar,video sampai file pekerjaan. Ternyata kalau ini tidak dikontrol dapat memepengaruhi kesehatan.

Di mana letak temunya antara membalas pesan dengan kesehatan? hal ini tentu tidak terpikirkan oleh sebagian orang, tetapi Regio George Jenarius menulis di IndiaTimes mengatakan bahwa ada beberapa kebiasaan membalas pesan instan yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Tak Ada Jeda Untuk Bernafas Karena Bung Harus Selalu Online Tiap Jam

Di era di mana bung harus selalu online, adalah era di mana bung harus selalu siaga memegang gawai karena bakal ada serangkaian pesan yang harus bung balas. Terutama dari atasan terkait pekerjaan, meskipun itu hari libur sekalipun bung harus tetap meluangkan waktu untuk berfikir di waktu istirahatmu. Dilansir dari World of Buzz, di mana ada kejadian seorang karyawan dipecat karena terlambat membalas pesan bosnya.

Wang adalah karyawan yang bernasib apes tersebut, saat itu sang bos meminta Wang untuk memberikan laporan pendapatan bulanan di malam hari. Sang bos pun memaksa Wang untuk membalas pesannya dalam hitungan waktu 10 menit, jika lebih dari itu wang pun akan dipecat. Benar saja, setelah semalaman pesan tidak dibaca, sang bos kemudian memberitahukan pegawai lainnya di grup chat kalau Wang telah dipecat.

Waktu Berkualitas Bung yang Berharga Terampas Begitu Saja

Mungkin bung pernah melihat dalam beberapa kesempatan ketika ada segerombolan orang yang duduk satu meja namun malah terfokus dengan gawainya saja. Ada juga yang coba menerapkan peraturan baru dengan menumpuk gawai di tengah agar quality time terjaga, dari situ saja dapat disimpulkan kalau gawai sudah merampas kehidupan dengan bung yang terfokus untuk membalas pesan.

Konten Pesan Pun Terabaikan Asalkan Membalas Tepat Waktu Tanpa Alasan

Komunikasi yang dicerminkan lewat sebuah aplikasi pesan instan terlihat tidak sehat, di mana isi pesan tidak terlalu baik secara isi. Karena untuk membalas pesan kita dikejar-kejar dan akan merasa bersalah apabila membalas lama akan kesibukan kita.

Padahal kalau pesan disampaikan tidak terburu-buru tentu jawabannya jauh lebih pribadi dan bijaksana. Lantas apakah aplikasi pesan instan mengubah persepsi kita dalam membalas pesan? jawabannya relatif, tapi sebagian besar orang mengiyakan bung. Karena konten pesan terbaikan asalkan waktu untuk membalas tidak terlalu lama.

Kesehatan dan Kesejahteraan Terganggu Karena Menunggu Balasan

Menunggu balasan pesan memang sangat mengjengkelkan, ternyata menunggu balasan memiliki dampak terhadap kesehatan. Karena harapan untuk mendapat balasan merupakan sebuah efek samping yang membuat bung atau si penunggu balasan selalu online, sehingga benar-benar melelahkan dalam jangka panjang.

Meluangkan Waktu Dari Gawai Adalah Sumber Kenyamanan yang Tak Ternilai

Terlalu terfokus dengan gawai dapat mengganggu beberapa hal lain yang bung perlu lakukan. Seperti tidur atau mendekatkan diri dengan orang penting dalam hidup bung, seperti orang tua atau kekasih. Belum lagi terlalu terkoneksi dengan gawai dapat membuat waktu tidur menjadi berantakan.

Hal yang perlu bung lakukan adalah memasang status, untuk menginfokan bahwa bung sekarang sedang tidur atau sibuk sehingga tak dapat diharapkan untuk membalas secara cepat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Ketidaksuburan Laki-Laki Dapat Dipantau Lewat Ciri-Ciri Fisik Lho

Masalah kesuburan tidak hanya menjadi masalah perempuan saja, namun laki-laki pun juga. Ketidaksuburan adalah suatu ketakutan tersendiri lantaran merasa tidak layak sebagai pejantan atau yang membuahi. Alangkah baiknya untuk mengetahui apakah bung memiliki masalah dalam kesuburan atau tidak, tepatnya lakukan pengecekan ke dokter dengan pemeriksaan sperma. Karena tidak memiliki keturunan yang diakibatkan oleh laki-laki yang tak bisa membuahi adalah tekanan tersendiri.

Di sisi lain, Popular-world.com melansir bahwa untuk mengecek apakah laki-laki itu memiliki masalah kesuburan dapat dilihat dari ciri-ciri fisik. Hal ini ditengarai dapat dilihat dari beberapa hal yang tidak hanya terlihat oleh mata saja, namun dari hal-hal yang dirasakan oleh pribadi si laki-laki itu sendiri. Kira-kira ciri fisik apa saja yang dialami oleh seseorang yang memiliki masalah kesuburan?

Volume Air Mani yang Rendah

Risiko masalah kesuburan otomatis berkaitan dengan volume air mani yang rendah. Rendahnya volume manis bisa menjadi indikator jumlah sel sperma yang terkandung. Karena sperma-lah yang akan membuahi ovarium sehingga menghasilkan janin. Maka dari itu bung, semakin rendah volume mani, semakin sedikit jumlah sperma yang ada, semakin tinggi pula risiko adanya masalah kesuburan.

Terasa Nyeri Saat Berejakulasi

Saat berajakulasi sangat tidak mungkin untuk merasakan rasa nyeri. Apabila seorang laki-laki merasa nyeri yang terjadi saat ejakulasi itu menandakan adanya ganggua pada prostat dan orang lain di area penis. Rasa nyeri ini sendiri, menandakan kalau bung mengalami masalah terkait dengan kesuburan.

Fungsi Seksual yang Menurun

Hal ini bisa terjadi karena terdapat masalah pada hormon testosteron. Fungsi seksual menurun pada lelaki bisa diketahui dengan suit mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Saat fungsi seksual menurun, diyakini pula kalau ini terjadi karena ada masalah terkait dengan kesuburan.

Ukuran Testis Mengecil

Jangan bilang bung langsung mengecek ke bagian dalam celana. Namun hal ini dikatakan sebagai salah satu ciri seseorang yang tidak subur. Testis yang mengecil dan mengerus bisa menandakan adanya masalah kesuburan seperti varikokel. Apabila bung mengalami hal ini coba periksakan ke dokter.

Mengalami Kerontokan Rambut

Ketombe menyebakan seseorang rambut rontok memang benar adanya. Tetapi tidak melulu disebabkan oleh ketombe, apalagi bagi laki-laki. Karen rendahanya hormon testosteron juga bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Apabila ciri-ciri fisik ini melekat dengan dirimu, coba periksakan ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih baik.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Baca Permission Apps Agar Kasus Meresahkan Macam Pinjaman Online Tak Terulang

Serupa dengan aplikasi lain, dalam kasus aplikasi fintech, sebenarnya ada ‘Permission Apps’, sialnya sudah menjadi kebiasaan kita untuk tidak membaca terlebih dahulu. Padahal di situ tertulis untuk meminta akses untuk membaca SMS, kontak sampai panggilan masuk. Apabila kita tidak memberikan akses, otomatis sang penagih utang online tidak dapat memberikan kabar macam-macam kepada kerabat bahkan atasan kalian.

Kasus penagihan utang online memang gencar di pertengahan tahun 2018, tetapi hal semacam ini berpotensi bisa kembali terjadi. Mungkin di dalam bidang lain tidak hanya perbankan. Maka dari itu kami mengingatkan untuk bung lebih teliti dan membiasakan membaca permission apps, jangan di-iya-kan saja. Dari pada bung menyesal nantinya.

Perhatikan Apabila Aplikasi Meminta Panggilan ke Nomor Ponsel di Kontak Bung

Jangan sesekali bung mengiyakan, apabila ada aplikasi meminta izin ‘Directly call phone numbers’. Lantaran pihak aplikasi memiliki akses untuk melakukan panggilan ke nomor ponsel yang ada di kontak bung. Berbahayanya lagi ini dapat disusupi malware yang secara diam-diam dapat melakukan panggilan ilegal. Bahkan pembicaran bung dengan lawan bicara ditelfon dapat disimak secara diam-diam lho.

Apalagi Memberika Akses Membaca dan Menerima Pesan

Jangankan aplikasi, apabila ada seseorang yang membaca SMS atau pesan pasti bung merasa risih kan? ini lah yang terjadi pada aplikasi fintech yang kerap meminta akses untuk membaca dan menerima SMS dari gawai yang mengunduh sebagai jaminan. Untuk itu apabila ada aplikasi lain yang meminta akses ‘Send, Recieve, and Read SMS and MMS messages’. Lebih baik urungakan niat untuk mengunduh.

Meminta Izin Untuk Mengubah Hingga Menghapus File yang Ada di Kartu MicroSD

Ini sangat mengerikan bukan?  bayangkan kalau bung memberikan izin aplikasi untuk ‘Modify or delete SD card contents’. Pihak aplikasi bisa membaca dan menghapus file yang ada di kartu microSD! kalau ada foto dan video yang disalahgunakan , bagaimana? tanpa perlu dijelaskan tentu bung tahu kan efeknya.

Jangan Menganggap Nomor IMEI Tidak Penting

Biasanya ada juga Permission Apps yang meminta akses aplikasi pada identitas di perangkat. Seperti nomor IMEI dan nomor telpon pengguna. Maka dari itu apabila ada aplikasi yang minta izin untuk ‘Read Phone Status and identity’, Tentu kamu tak bisa menganggap itu tidak berbahaya.

Hindari Apabila Ada yang Meminta ‘Find Accounts on The Device and Read your Contacts

Ini juga sama bahayanya dengan yang lain bung. Kalau bung memberikan izin maka aplikasi dapat membaca semua kontak dan akun yang ada di gawaimu. Tak cuma kontak di handphone aja, surat elektronik sampai media sosial juga bisa diaksesnya. Biasanya permintaan aplikasi semacam ini ditemukan di aplikasi medsos.

Setelah membaca ini semua bung seharusnya sudah mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dizinkan aplikasi saat mengakses. Hingga rentetan kasus yang terjadi seperti pada pinjol tidak bisa menimpa bung-bung sekalian, toh mereka tidak dapat berlaku seenaknya apabila bung mau lebih teliti untuk membiasakan membaca segala hal bukan?

Eittss, tunggu dulu bung. Bukan berarti kami menyalahkan setiap pengguna yang tidak membaca hingga akhirnya berujung menerima makian yang melengking sampai ungkapan yang merendahkan martabat dari penagih utang online.

Kami pun juga tak setuju dengan cara yang dilakukannya. Seperti yang diungkapkan Kepala Divisi Advokasi Bidang Perkotaan Masyarakat Urban LBH Jakarta, Jeanny Silvia Sari Sirait di Kumparan, Kalau aksi debt collector yang melakukan teror kepada nasabah adalah tindak pidana. Karena semua sudah di atur lewat sebuah SOP tentang cara penagihan, dan penagihan perbankan melarang menggunakan kekerasan fisik atau verbal.

Tapi alangkah baiknya juga kita tidak hanya melihat satu sisi kan? bahwasanya hal-hal semacam ini dapat dihindari kalau kita cekatan membaca permission apps-nya. Dengan tidak memberikan akses yang bersifat pribadi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Pinjaman Online Disebut Jebakan Setan, Akibatnya Seorang Supir Taksi yang Bunuh Diri

Maraknya pinjaman online bagi beberapa orang mungkin sebagai suatu aplikasi yang dapat membantu. Karena dapat pinjam duit dengan mudah dengan bermodalkan aplikasi. Tapi, ini tidak berlaku bagi Zulfadi, seorang warga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang baru saja tewas gantung diri karena faktor ekonomi.

Zulfadli yang berusia 35 tahun nekat mengakhiri hidupnya dengan cara tak layak karena ada dugaan ia terlilit hutang. Laki-laki yang sehari-harinya bekerja sebagai supir taksi ini, menyempatkan menulis surat wasiat yang menyebut kalau pinjaman online sebagai jebakan setan. Menurut kami, alasan Zulfadli menuliskan hal tersebut karena ada beberapa risiko yang dirasakan apabila bung melakukan pinjam online terutama biaya administrasi sampai plafond kecil.

Rekan Zul bernama Nardi mengatakan kepada polisi kalau Zulfadli datang ke tempat kosnya pada Minggu malam sekitar pukul 21.00 dengan niat menginap. Lantaran ia tidak dapat tidur lelap di mess supir Bluebird. Nardi pun membiarkan ia berada di kamar kosnya, sementara malam itu ia bekerja sebagai tukang cuci mobil pada perusaahn taksi berlambang burung biru.

Setelah kembali keesokan paginya, pintu kostnya terkunci dan tidak dapat dibuka. Akhirnya pintu didobrak dan Nardi menemukan Zulfadli sudah dalam keadaan gantung diri di pintu kamar mandi Kost. Kanit Reskrim Polsek Mampang Prapatan Iptu Anton Prihartono menerangkan, menurut kesaksian saksi korban datang dalam keadaan wajar dan sehat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top