Teknologi

Baterai Bocor di Smartphone, Bisa Jadi Karena Kecerobohan Pengguna. Tak Percaya?

Saat gawai mulai mengalami baterai lemah, tentu saja membuat bung gelisah. Selain pekerjaan yang tertera di sana dan harus dicek secara dadakan. Ada pun gawai menjadi pusat, sehingga kalau gawai mulai lowbat atau low battery, bung merasa mati gaya.  Padahal kalau dicek lagi rasanya baterai baru saja penuh.

Baterai bocor adalah hal yang tidak mengenakkan. Membuat bung harus selalu membawa chargeran dan mencari colokan. Kalau setiap saat tentu saja menjengkelkan. Apple dan Samsung merupakan dua perusahaan gawai yang menjanjikan produknya memiliki baterai yang dapat bertahan lama. Tapi nyatanya hal tersebut nihil. Bisa saja kebocoan baterai dikarenakan kecerobohan pengguna lho bung. Seperti banyak membuka aplikasi tapi lupa ditutup.

Update Gawai Pintar Membuat Daya Tahan Baterai Melesat Turun

Kejadian ini lumrah dikala bung harus mengupgrade iOS atau Android. Tanpa disadari usia baterai bakal lebih pendek dari biasanya. Hal ini terjadi karena OS secara otomatis mengembalikan pengaturan aplikasi ke konfigurasi aslinya bung. Bung harus mengoptimalkan gawai pintar kembali agar performa baterai lebih efisien.

Aplikasi Aktif Tiap Waktu Meski Tak Terlalu Butuh

Kalau bung penasaran apa yang membuat daya tahan baterai melemah sehingga gampang sekali untuk charger. Bung bisa membukan pengaturan atau setting dengan melihat aplikasi apa yang banyak menghabiskan daya baterai. Jika menemukan aplikasi dengan label “background activity“, bung bisa menon-aktifkkan fitur background app refresh. Apalagi jika aplikasi terebut tidak terlalu butuh setiap saat, dapat bung sikapi dengan fitur background app refresh diubah ke manual.

Mengaktifkan GPS Setiap Saat

GPS yang aktif setiap saat dapat memakai daya baterai. GPS akan selalu memperbarui lokasi di mana pun beranjak. Alangkah baiknya bung mematikan fitur ini lantaran tidak terlalu penting juga. Apalagi bung menyalakannya agar otomatis bisa update. Tentu saja hal tersebut kurang faedah. Aktifkan GPS saat sedang dibutuhkan saja.

Bluetooh Tidak Perlu Selalu Aktif Bung

Mungkin ada beberapa pengguna yang selalu mengaktifkan Bluetoothnya sepanjang hari. Atau ada yang secara tidak sengaja mengaktifkannya. Hampir sama seperti alasan-alasan sebelumnya bahwa mengaktifkan Blueetooth seharian bisa menguras baterai lebih cepat dari biasanya. Baiknya bung jangan lupa mengecek atau mematikan Bluetooth sehabis pakai.

Selain itu menggunakan WiFi juga lebih hemat dari pada memakai data seluler loh bung. Karena data seluler bisa memakan daya baterai saat mencari sinyal. Dikala sinyal sedang jelek sangat direkomendasikan bung menyalakan fitur Airplane mode karena itu dapat membuat gawai pintar berhenti mencari sinyal.

Cahaya Layar Gawai yang Terlalu Terang Juga Memakan Baterai

Memang gelap kalau tingkat brightness atau cahaya layar diredupkan. Tetapi itu sangat berguna untuk menghemat daya baterai yang bung miliki. Secara bijaknya redupkan atau kurangi tingkat cahaya layar saat daya baterai bung ingin habis atau gunakan fitur kecerahan otomatis. Karena dengan fitur tersebut cahaya layar dapat beradaptasi dengan cahaya sekitar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Baca Permission Apps Agar Kasus Meresahkan Macam Pinjaman Online Tak Terulang

Serupa dengan aplikasi lain, dalam kasus aplikasi fintech, sebenarnya ada ‘Permission Apps’, sialnya sudah menjadi kebiasaan kita untuk tidak membaca terlebih dahulu. Padahal di situ tertulis untuk meminta akses untuk membaca SMS, kontak sampai panggilan masuk. Apabila kita tidak memberikan akses, otomatis sang penagih utang online tidak dapat memberikan kabar macam-macam kepada kerabat bahkan atasan kalian.

Kasus penagihan utang online memang gencar di pertengahan tahun 2018, tetapi hal semacam ini berpotensi bisa kembali terjadi. Mungkin di dalam bidang lain tidak hanya perbankan. Maka dari itu kami mengingatkan untuk bung lebih teliti dan membiasakan membaca permission apps, jangan di-iya-kan saja. Dari pada bung menyesal nantinya.

Perhatikan Apabila Aplikasi Meminta Panggilan ke Nomor Ponsel di Kontak Bung

Jangan sesekali bung mengiyakan, apabila ada aplikasi meminta izin ‘Directly call phone numbers’. Lantaran pihak aplikasi memiliki akses untuk melakukan panggilan ke nomor ponsel yang ada di kontak bung. Berbahayanya lagi ini dapat disusupi malware yang secara diam-diam dapat melakukan panggilan ilegal. Bahkan pembicaran bung dengan lawan bicara ditelfon dapat disimak secara diam-diam lho.

Apalagi Memberika Akses Membaca dan Menerima Pesan

Jangankan aplikasi, apabila ada seseorang yang membaca SMS atau pesan pasti bung merasa risih kan? ini lah yang terjadi pada aplikasi fintech yang kerap meminta akses untuk membaca dan menerima SMS dari gawai yang mengunduh sebagai jaminan. Untuk itu apabila ada aplikasi lain yang meminta akses ‘Send, Recieve, and Read SMS and MMS messages’. Lebih baik urungakan niat untuk mengunduh.

Meminta Izin Untuk Mengubah Hingga Menghapus File yang Ada di Kartu MicroSD

Ini sangat mengerikan bukan?  bayangkan kalau bung memberikan izin aplikasi untuk ‘Modify or delete SD card contents’. Pihak aplikasi bisa membaca dan menghapus file yang ada di kartu microSD! kalau ada foto dan video yang disalahgunakan , bagaimana? tanpa perlu dijelaskan tentu bung tahu kan efeknya.

Jangan Menganggap Nomor IMEI Tidak Penting

Biasanya ada juga Permission Apps yang meminta akses aplikasi pada identitas di perangkat. Seperti nomor IMEI dan nomor telpon pengguna. Maka dari itu apabila ada aplikasi yang minta izin untuk ‘Read Phone Status and identity’, Tentu kamu tak bisa menganggap itu tidak berbahaya.

Hindari Apabila Ada yang Meminta ‘Find Accounts on The Device and Read your Contacts

Ini juga sama bahayanya dengan yang lain bung. Kalau bung memberikan izin maka aplikasi dapat membaca semua kontak dan akun yang ada di gawaimu. Tak cuma kontak di handphone aja, surat elektronik sampai media sosial juga bisa diaksesnya. Biasanya permintaan aplikasi semacam ini ditemukan di aplikasi medsos.

Setelah membaca ini semua bung seharusnya sudah mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dizinkan aplikasi saat mengakses. Hingga rentetan kasus yang terjadi seperti pada pinjol tidak bisa menimpa bung-bung sekalian, toh mereka tidak dapat berlaku seenaknya apabila bung mau lebih teliti untuk membiasakan membaca segala hal bukan?

Eittss, tunggu dulu bung. Bukan berarti kami menyalahkan setiap pengguna yang tidak membaca hingga akhirnya berujung menerima makian yang melengking sampai ungkapan yang merendahkan martabat dari penagih utang online.

Kami pun juga tak setuju dengan cara yang dilakukannya. Seperti yang diungkapkan Kepala Divisi Advokasi Bidang Perkotaan Masyarakat Urban LBH Jakarta, Jeanny Silvia Sari Sirait di Kumparan, Kalau aksi debt collector yang melakukan teror kepada nasabah adalah tindak pidana. Karena semua sudah di atur lewat sebuah SOP tentang cara penagihan, dan penagihan perbankan melarang menggunakan kekerasan fisik atau verbal.

Tapi alangkah baiknya juga kita tidak hanya melihat satu sisi kan? bahwasanya hal-hal semacam ini dapat dihindari kalau kita cekatan membaca permission apps-nya. Dengan tidak memberikan akses yang bersifat pribadi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Pekan Ini Jokowi Meminta Seluruh Maskapai Turunkan Tarif Tiket

Bukan hanya warga yang berteriak imbas dari tingginya tarif tiket pesawat, namun kalangan industri seperti perhotelan dan restoran juga mengalami hal yang sama. Karena hal ini Jokowi pun mengimbau masakapai supaya seluruh maskapai turuntkan tarif tiket pesawat pekan ini karena banyaknya keluhan.

Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kalau pemerintah optimis tarif tiket bisa turun karena sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah maskapai nasional. Hanya saja pemerintah tidak dapat memastikan tarif tiket pesawat akan benar-benar kembali turun sesuai harga semula pada akhir 2018 lalu.

Pemerintah juga masih membuka ruang bagi maskapai untuk menaikkan tarif tiket pesawat dengan level yang rendah yakni sekitar 10 persen – 20 persen dari rata-rata tarif tahun lalu. Tak seperti sekarang yang dikeluhkan banyak pihak karena harga tiket naik sampai berada di kisaran 40 persen sampai 60 persen yang dikeluhkan banyak pihak.

Kami balance, jadi kami pikirkan semuanya. Airline dipikirkan, tapi masyarakat juga,” tekannya dilansir dari Kompas.

Sebelumnya, tarif tiket pesawat dikeluhkan banyak pihak, salah satunya Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani menduga tingginya tarif tiket pesawat disebabkan oleh tingginya harga avtur yang dijual PT Pertamina (Persero).

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Baik

Dari Jasa Penitipan Hewan Sampai Manfaatkan Hobi, Bisa Jadi Penambah Pundi-pundi

Tatkala hidup sudah mulai terasa nge-pas, muncul dalam benak pikiran untuk mencari kerja lain atau penghasilan tambahan. Nah dari dua pilihan antara mencari kerja lain atau mencari penghasilan tambahan. Secara realistis bung pasti akan memilih penghasilan tambahan, kan? karena sudah merasa nyaman di lingkungan kerja sekarang atau lebih bijaknya lagi, ingin coba berbisnis sekaligus menghasilkan uang tambahan.

Polemik dari berbisnis atau mencari uang tambahan adalah sulitnya menentukan ingin melakukan apa. Apakah menjual jasa atau menjual produk. Kalau bung belum terfikirkan, dilansir dari Cermati.com ada beberapa cara yang dapat bung lakukan untuk melengkapi kebutuhan hidup.

Lihat Hobi dan Talenta yang Bung Miliki, Adakah yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Menambah Pundi-Pundi

Bekerja lewat hobi yang dibayar adalah anugerah. Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan emas semacam ini. Meskipun hanya menjadi penghasilan sampingan, tentu dalam menjalani tidak ada rasa beban, malah bung kegiarangan. Coba deh gali lagi terkait hobi atau talenta yang tersimpan di dalam diri.

Kira-kira adakah gudang kreatifitas yang dapat bung manfaatkan untuk menjadi penghasilan tambahan? mungkin bung handal dalam mengambil foto atau bisa membuat aksesoris, dan kerajinan tangan. Coba manfaatkan segala talenta dan hobi yang dipunya, aji mumpung kalau hal tersebut bisa bung manfaatkan guna menjadi penghasilan tambahan.

Tengok Isi Kamar,  Barang Kali Ada Barang Pribadi yang Dapat Disewa

Memiliki impian menjadi musisi membuat bung membekali skill dengan membeli alat musik sendiri. Ketika impian itu sirna dan alat musik pun mendekam di rumah saja. Alangkah baiknya bung sewakan demi mengundang segelintir uang masuk ke kantong.

Menyewakan barang pribadi bisa bung manfaatkan untuk menjadi penghasilan tambahan. Lakukan promosi dari mulut ke mulut atau infokan lewat sosial media. Karena bisa jadi ada salah satu teman bung yang membutuhkan barang tersebut.

Terpenting yang mesti bung ketahui adalah bung harus jeli barang apa saja yang bisa disewakan. Paling mudah untuk disewakan adalah kendaraan terutama mobil. Atau kalau bung memiliki kamar kosong lebih di rumah, bisa bung sulap menjadi kos-kosan.

Ketika menyewa barang pribadi tidak lagi diminati oleh kerabat dan kawan, jangan patah akal di tengah jalan. Manfaatkan forum jual beli online untuk menjual barang pribadi. Siapa tahu ada calon pembeli yang memang sedang mencari yang bung jual saat itu.

Selain itu coba bung fikirkan kembali kira-kira barang apa saja yang bisa disewakan yang berada di sekitar bung saat ini.

Sampai Menjadi Partisipan dalam Survei Online Pun Bisa Meraup Penghasilan

Mendapatkan penghasilan bisa bung mulai dengan menjadi partisipan dalam survei online. Bung bisa mendapatkan hal ini dengan mudah di internet, karena beberapa situs banyak membutuhkan jasa seperti ini untuk membantu penelitian yang sedang ditelusuri bung.

Dengan bermodalkan pengalaman dan tidak perlu menguras tenaga, bekerja sebagai partisipan survei sangat mudah dilakukan. Tetapi bung mesti berhati-hati karena ada modus penipuan yang kemungkinan akan ada dalam proes pekerjaan semacam ini.

Menerima Jasa Penitipan Hewan Saat Pemilik Sedang Liburan

Kalau bung penyuka dan pecinta binatang, tentu tak merasa keberatan untuk mengurus hewan peliharaan. Saat musim liburan tiba, biasanya sangat tidak mungkin untuk sang pemiliki membawa hewan peliharaanya untuk ikut bersama.

Ditinggal di rumah selama berhari-hari juga tidak mungkin, bisa jadi hewan peliharaan kelaparan dan membutuhkan perhatian. Maka dari itu penting untuk menemui jasa penintipan hewan semacam ini. Bung bisa mendapatkan pelanggaan yang banyak bung dapat memanfaatkan promo lewat media sosial.

Selain itu pastikan bung memiliki banyak waktu luang untuk memberikan perhatian terhadap hewan peliharaan.

Jadilah Penulis Lepas Demi Menyelematkan Penghasilan dari Terjun Bebas

Setiap orang pasti bisa menulis, hanya tinggal diasah saja kemampunya supaya mendapatkan sentuhan yang istimewa. Apabila bung tertarik dengan dunia tulis menulis bahkan merasa ada bakat di dunia, bung dapat mengajukan pekerjaan dengan menjual jasa dan kreatifitas menulis secara online.

Biasanya banyak situs di luar sana yang membutuhkan jasa penulis lepas. Bung tak perlu repot-repot untuk mengerjakan setiap tugasnya, cukup di rumah di depan laptop bung dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Biasanya sebagai penulis lepas akan dibayar pertulisan.

Dengan meningkatkan produktifitas sekaligus mendapatkan pekerjaan sebanyak mungkin (yang berarti masih bisa di-handle), maka bung dapat mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan.

Mencari penghasilan tambahan memang sangat membantu di zaman sekarang. Bermodalkan satu pekerjaan dengan gaji yang tidak istimewa, bisa membuat bung dirundung kecewa. Mencari penghasilan tambahan pun tak berarti bung bekerja setiap sabtu dan minggu. Karena jam kerja yang fleksibel tentu bung bisa menyesuaikan dengan waktu yang bung miliki.

Dari sekian pekerjaan di atas, mana yang buat bung pensaran untuk mencoba?

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top