Review

Arloji Mahal Untuk Ukuran Gaji Sang Jendral

foto rm011

Pertengahan April kemarin pihak militer Indonesia sempat dibuat repot memberikan klarifikasi. Bukan soal keamanan negara, tapi ini soal arloji alias jam tangan.

Ujung pangkalnya adalah pemberitaan dari sebuah situs gaya hidup Singapura. Mereka mendapati Panglima Tentara Nasional Indonesia Jendral Moeldoko, tengah menggunakan arloji keluaran Richard Mille dengan tipe RM 011 Felipe Massa Chronograph “Black Kite”.

Kenapa penunjuk waktu itu bisa membuat geger? Jawabnya karena harganya yang tak main-main. Di pasaran, arloji ini dilepas dengan harga tembus Rp1,1 miliar. Jelas sebuah angka fantastis jika mengingat gaji Panglima TNI hanya 5 juta rupiah lebih 40 ribu.

rm011 moeldoko

Tapi sebenarnya apa yang membuat RM 011 Felipe Massa Chronograph “Black Kite” itu begitu istimewa hingga bisa dihargai sedemikian mahal? Pertama kita harus tahu bahwa Richard Mille bukanlah pembuat jam tangan kacangan. Produknya selalu dibuat terbatas dan dibentuk dengan cara terbaik dari bahan-bahan kelas satu.

RM 011 Felipe Massa Chronograph “Black Kite” ini misalnya. Secara keseluruhan tipe tersebut hanya dibuat sebanyak 30 unit saja. Itu pun dipasarkan khusus untuk wilayah Amerika Utara dan Selatan. Saudara kembar dan serupa tapi tak sama diedarkan untuk wilayah Asia dengan kode tipe berbeda. Namun itu pun dengan jumlah terbatas hanya 45 unit.

Ke 30 unit terbatas itu dibalut oleh kerangka metal super kuat berbahan titanium. Bahan ini adalah jenis yang biasa digunakan oleh pesawat tempur dan pesawat luar angkasa. Titanium ini dipadukan dengan emas bertipe 5N red Gold.

Tak berhenti sampai kerangkanya, detail kecil seperti skrupnya pun dibuat dari bahan titanium. Tak dibiarkan telajang, skrup ini dibalut oleh karet berkualitas tinggi. Paduan ini membuat arloji tersebut tahan dibawa ke kedalam air 50 meter.

Fungsi Chronograph yang ditanamkan juga tak main-main. RM 011 mampu mengukur waktu hingga sepersekian detik saja. Selain itu tipe ini juga ditanam teknologi Tourbillon. Salah satu pencapaian tertinggi dalam keahlian pembuatan jam tangan.

Dalam rancangan jam tangan manual yang umum beredar dipasaran, setiap komponennya termasuk jarum penunjuk jam, menit dan detik akan sangat terpengaruh oleh gaya gravitasi. Wajar jika kerap kali waktu yang ditunjukannya meleset sekian detik hingga menit.

Inilah yang diatasi oleh teknologi Tourbillon yang juga ditanam di RM011. Rancangan sumbu-sumbu roda gear dengan teknik ini, akan bergerak sama di posisi kemiringan manapun.

richard mille rm 011 felipe

Diluar itu semua, gengsi paling utama ada pada sematan nama Felipe Massa. Pemilik perusahaan dengan nama Richard Mille itu memang berkawan baik dengan pembalap Formula 1 asal brazil Felipe Massa. Karena itu beberapa tipe produksi RM dipersembahkan untuk kawan baiknya tersebut dan dibuat duplikasinya untuk segelintir orang.

Dengan segudang keistimewaan itu wajar jika RM 011 Felipe Massa Chronograph “Black Kite” menyentuh harga istimewa tersebut. Belakangan Jendral Moeldoko mengklarifikasi bahwa arlojinya bukanlah produksi asli Richard Mille. Nah, apakah sobat Yomamen ada yang tertarik membeli produk aslinya tersebut?

2 Comments

2 Comments

  1. BundaBenua

    May 6, 2014 at 3:53 pm

    mau dong…

  2. yanyang

    May 27, 2017 at 1:18 am

    5 jt 40 ribu? data darimane bang? hehehe dicek dulu deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top