Teknologi

Aplikasi Untuk Menyambut Ramadhan di Gadget Idaman

Ketika Ramadhan datang semua seolah bergerak menuju arah yang religius. Mulai cara berpakaian artis, band yang tadinya flamboyan tiba-tiba punya single religi sampai iklan sirup yang mendadak bernuansa kekeluargaan. Tidak masalah, Ramadhan memang bukan cuma perkara lapar dan haus tapi ini soal peningkatan kualitas diri.

Bercermin dari ini, kenapa tidak kita sebagai pria juga mulai berbenah diri. Sesuaikan gaya hidup dengan bulan yang teduh tersebut. Termasuk juga dalam penggunaan smartphone dan tablet andalan. Mungkin selama ini si telepon pintar dan sabak elektronik hanya digunakan untuk bersosial media, main game dan berselancar di dunia maya.

Kenapa tidak memanfaatkan kecanggihannya untuk lebih memperbaiki kualitas ibadah. Untuk itu Yomamen memberikan daftar aplikasi yang wajib ditengok untuk beraktivitas selama bulan Ramadhan.

Prayer Silencer

Bagi para pria pasti pernah mengalami situasi dimana ketika sholat berjamaah jum’at, ada satu dua dering telepon yang begitu saja berbunyi mengganggu keheningan. Meski berulang kali diingatkan sebelum sholat dijalankan tetap saja ada yang luput mematikan telepon genggamnya.

Nah, aktivitas berjamaah macam begini biasanya meningkat pesat ketika di bulan Ramadhan. Jangan sampai ibadah rusak hanya karena urusan begini. Lagi pula malu rasanya menatap mata-mata gelisah yang melirik kita jika sesudah sholat ketahuan handphone kita yang berbunyi.

Aplikasi Prayer Silencer ini bisa jadi solusinya. Aplikasi besutan Sajid Ahmad ini akan menyesuaikan dengan waktu masuknya sholat. Setelah kita sebagai user mengatur lama diamnya, ia akan otomatis mematikan segala aktivitas dering ketika sudah waktunya sholat. Tentunya dengan catatan, lakukan sholatnya berjamaah dan tepat waktu. Kalau tidak ya, aplikasi ini hanya akan jadi penghias home belaka.

Siraj Islamic Lifestyle

Bisa jadi aplikasi ini merupakan salah satu yang terlengkap. Aplikasi buatan Paseban ini punya sejumlah fitur menarik yang bisa membantu kita melaksanakan ibadah.

Fitur places near me bisa memberi kita informasi dimana masjid atau musholla yang dekat dengan lokasi kita saat itu. Informasi ini dilengkapi foto, peta dan fasilitas yang ada di masjid atau musholla yang dituju.

Fitur prayer times digunakan untuk memberikan jadwal sholat wajib sesuai dengan tanggal masehi atau hijriyah. Serunya lagi, fitur ini dilengkapi dengan countdown menuju sholat berikutnya. Jadi bisa berguna mengantisipasi waktu.

Butuh doa-doa khusus? Gunakan fitur supplication yang berisi bank doa. Sementara jika butuh dorongan semangat berisi kutipan Al-quran dan hadist, aplikasi ini juga punya fitur Quotes.

Fitur paling menarik adalah Muhasabah. Ia berfungsi sebagai rapor ibadah kita. Misalnya kita harus mengisi apakah sholat berjamaah atau tunggal, melaksanakannya tepat waktu atau tidak. Apakah dilengkapi sholat sunnah, apa mengaji, apakah berzikir dan sebagainya. Nantinya kita akan menerima laporan harian dan mingguan.

Islamic Stories

Aplikasi ini berisi kisah-kisah islami yang sudah diotentifikasi mengenai keabsahannya. Cerita macam begini bisa menginspirasi dan memberikan motivasi lebih dalam menjalankan ramadhan.

Tersedia dalam dua versi yaitu lite yang bisa diunduh gratis, berisi 30 kisah. Dan Full version yang berisi 250 kisah cerita. Disarankan untuk mengunduh yang versi berbayar. Toh harganya tidak lebih mahal dari kopi yang biasa kita beli ketika nongkrong.

iQuran Lite

Bisa jadi tajwid bacaan Al-quran kita masih amburadul karena lebih sering bolos ketika diperintahkan mengaji waktu kecil dulu. Nah, aplikasi ini lumayan membantu memperbaiki kualitas baca Quran kita.

Tampil dalam font warna-warni yang dibedakan berdasarkan aturan tajwid. Konon dengan metode pewarnaan ini, perbaikan kemampuan baca bisa terselesaikan dalam hitungan bulan.

iSubha

Lupa membawa tasbih? Nyalakan smartphone dan download aplikasi satu ini. Sebut saja aplikasi ini sebagai tasbih digital. Cukup sentuhkan jemari pada layar maka ia akan menghitung jumlah seperti kita menggunakan tasbih dalam bentuk fisik.

2 Comments

2 Comments

  1. embi

    July 6, 2013 at 2:49 pm

    di windows phone ada ga?

  2. MT

    July 9, 2013 at 11:23 am

    makasih, download ah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Otomotif

6 Kiat Berkendara dengan Motorsport

Yang namanya berkendara dengan motorsport memang agak tricky. Selain harus menyiapkan fisik dan stamina yang prima—lantaran bobot body motor semacam ini pastinya di atas motor skuter matic, menunggangi kuda besi yang satu ini tak seperti naik motor lainnya. Pasalnya, ada tips khusus yang perlu diketahui agar tubuh tetap nyaman selama berkendara dan motor pun tetap dalam kondisi baik setibanya di tujuan seusai berkendara.

1.Biasakan Melakukan Cek Secara Menyeluruh Sebelum Berkendara

Sebelum memulai perjalanan, biasakan mengecek motor apakah motor dalam kondisi prima, mulai dari ban, rem, kopling, hingga sektor lampu. Jika semua aman, baru cari riding position alias posisi duduk yang menurutmu paling nyaman sehingga saat berkendara pun bisa santai namun tetap hati-hati.

2.Pastikan Sudah Tahu Posisi Badan yang Benar Saat Hendak Berkendara

Jangan karena mengejar gagah-gagahan lantas Bung memposisikan badan jauh dari stang sampai tangan lurus dan kaku. Karena ini bukan motor skuter matic, maka badanmu justru harus sedikit menunduk dengan posisi lenganmu sedikit menekuk.

Kenapa harus begitu? Karena lengan yang menekuk ini akan membantumu meredam rebound alias tendangan balik peredam kejut pada stang saat motor menghantam lubang. Kalau posisi sudah mantap, barulah mulai berkendara.

3.Jangan Asal Naik, Posisi Kaki pun Harus Stabil

Untuk posisi kaki, penempatannya harus pas karena ruangnya tak sebanyak di motor skutik yang menggunakan deck lebar. Motorsport hanya punya sedikit footstep tempat meletakan kaki. Lalu paha harus menempel ke tangki motor dengan posisi menjepit. Kendati begitu bukan berarti diam dengan tegang dan kaku. Kakimu harus tetap dalam kondisi relaks.

Posisi ini akan mempermudah untuk melakukan antisipasi bila Bung akan melakukan manuver ekstrem seperti hendak menghindari tabrakan. Dengan paha yang menempel ke tangki, Bung bisa mempertahankan posisi duduk agar tidak tergeser ke kanan kiri dan dapat mengeliminir risiko terpental dari motor.

4.Carilah Posisi yang Senyaman Mungkin untuk Tangan saat Menggenggam Stang

Untuk posisi tangan, perhatikan posisi tangan ketika menekan tuas kopling dan rem depan. Usahakan ketika mengoperasikan tuas rem depan atau kopling yaitu dengan cara menekan ujung tuas supaya ringan. Menekan tuas kopling bisa menggunakan dua jari yang sekiranya dianggap paling nyaman bagi pengendara.

5.Kenali Bentuk Motor Yang Bung Kendarai

Banyak orang meremehkan hal ini dan langsung saja betot gas ketika menunggangi kuda besinya. Padahal bentuk motor yang berbeda akan membuat pengendalian yang berbeda pula. Ambil contoh misalnya GSX-R150 dan GSX-S150. Dua motor Suzuki ini punya DNA yang sama, namun bentuknya berbeda sehingga handlingnya pun akan berbeda.

GSX-R150 dengan fairing tentunya punya body depan yang lebih lebar jika dibanding saudaranya tipe S yang bertipe naked bike. Tentunya butuh ruang lebih lebar jika merambah kemacetan.

Hal lainnya misalnya spion GSX-R150 yang ditanam di body depan sementara GSX-S150 berada di tangki. Ini akan membuat perbedaan karena GSX-S150 spionnya akan bisa ikut menyelip jika stang dimainkan ketika beraksi diantara kendaraan lain, sementara tipe R butuh perhitungan sebelumnya karena spionnya tang tak bergerak.

6.Kenali Juga Karakter Motormu Agar Tepat Mengambil Kesimpulan Di Jalan

Bung harus mengenali karakter motormu dengan tepat. Mulai dari karakter mesin hingga karakter berkendaranya. Coba kita ambil contoh GSX-S150. Untuk urusan dapur pacu GSX-S150 ini disematkan mesin berkapasitas 150 cc DOHC yang sama dengan saudaranya tipe R. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

Karakternya jinak diputaran bawah sehingga membuatmu tak repot kalau mengendalikannya di RPM rendah.Tapi jangan lantas anggap remeh tenaganya. Kenali dulu, karena ketika diputaran menengah dan atas kalau tak siap, Bung akan dibuat terkejut dengan ledakan tenaganya.

Untuk dimensi, tampilan dari motor garapan Suzuki ini mempertontonkan rangka Single Cradle yang bisa terlihat jelas. Ukurannya sendiri memiliki panjang 1.975 mm, lebar 674 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.070 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase sendiri mencapai 1.300 mm.

Dengan ukuran macam ini, GSX-S150 ini bisa dibilang cukup besar untuk kelas 150cc. Tapi tak perlu khawatir, tinggi jok yang 785mm sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia tanpa harus berjinjit.

Ukuran kekar ini berlanjut hingga kaki-kaki. Di depan menggunakan suspensi teleskopik besar dengan di belakang mengusung tipe monoshock guna menambah kestabilan berkendara. Velg alloy berukuran 2,15 inchi di depan dan 3,5 inchi di belakang dibalut ban depan 90. Tentunya cukup lebar untuk membuatmu tetap stabil di jalan lurus, namun cukup lincah untuk melakukan manuver.

Nah dengan kiat-kiat macam itu tentunya Bung akan lebih aman dan nyaman mengendari motorsport milikmu.

2 Comments

2 Comments

  1. embi

    July 6, 2013 at 2:49 pm

    di windows phone ada ga?

  2. MT

    July 9, 2013 at 11:23 am

    makasih, download ah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Teknologi

Kalau Bung Ingin Mengganti Gawai Di 2018, Berikut 5 Smartphone Yang Dicari Banyak Orang

Siapa diantara Bung yang ingin mengganti gawai di tahun ini ? Bagi Bung yang ingin mengganti diharap bersabar karena banyak smarthpone canggih yang hadir di tahun ini. Memiliki gawai sudah menjadi kebutuhan dan prestise bagi setiap orang. Jangan heran pula apabila ada orang kerap gonta-ganti gawai atau memiliki lebih dari satu. Karena itu sudah menjadi hal yang biasa.

Hasrat ingin memiliki gawai terbaru selalu hadir lantaran teknologi kian maju tanpa henti. Apa lagi di bulan ini akan diadakan Mobile World Congress di Spanyol yang merupakan konferensi perangkat mobile terbesar di dunia. Dari konferensi itulah biasanya muncul garapan-garapan anyar dari berbagai merek yang siap bersaing di pasaran.

 

Tingkat Evolusi Dari Samsung Galaxy S8

Sumber : GSMarena.com

Setelah berjaya dengan mengeluarkan Samsung Galaxy S8. Samsung kembali meningkatkan kualitas gawai terdahulunya dengan mengeluarkan Samsung Galaxy S9 pada tanggal 25 Februari mendatang. Apabila Bung mencari dengan gawai dengan kamera yang berkekuatan paling maju, rasanya hal itu dapat Bung jumpai pada Samsung Galaxy S9.

Samsung menghadirkan fitur terbaru yakni super speed dual pixel di kamera Galaxy S9 yang mampu menangkap fokus lebih cepat dibanding beberapa gawai terdahulu. Auto fokus yang super cepat dapat mengambil gambar dengan sekejap sehingga hasil foto bakal lebih tajam dua kali lipat! Untuk segi desain, Samsung Galaxy S9 tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S8.

 

2 Comments

2 Comments

  1. embi

    July 6, 2013 at 2:49 pm

    di windows phone ada ga?

  2. MT

    July 9, 2013 at 11:23 am

    makasih, download ah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top