Health

Apabila Vagina Tak Mengeluarkan Darah, Apa Tandanya Si Nona Sudah Tak Lagi Bermahkota?

Apabila Bung berbicara soal keperawanan, apa yang ada dibayangan Bung? Kalau Bung berpikiran jika si nona yang perawan adalah dia yang keluar darah saat pertama kali berhubungan badan, itu adalah pemikiran yang rancu. Darah yang keluar dari vagina, sebenarnya berasal dari selaput dara yang berbentuk seperti lipatan tipis jaringan lunak yang berada di bagian pintu depan vagina.

Tidak semua perempuan terlahir memiliki selaput dara, itu hal terpenting yang mesti Bung tahu. Sehingga tak melulu soal keluar darah menjadi bukti kalau nona adalah perawan. Pun pecahnya selaput dara bisa terjadi karena aktivitas fisik seperti olahraga. Jadi jangan salah kaprah Bung untuk menilai keperawanan si nona dengan menilai dari utuhnya selaput dara. Karena salah kaprah Bung dengan menganggap si nona tidak perawan, bisa membunuh karakter dan mental perempuan.

Karakter Selaput Dara Setiap Perempuan Berbeda-beda

Setiap perempuan ada yang terlahir maupun tidak terlahir tanpa selaput dara. Karena ada juga bentuk selaput darah yang sangat tipis sehingga mudah sobek saat melakukan aktivitas fisik. Seperti berlari, senam, bahkan bersepeda sekalipun. Tidak hanya tipis, ada juga si nona yang memiliki selaput dara yang elastis dan tebal sehingga tetap utuh meskipun telah berkali-kali dilakukan penetrasi.

Dalam Dunia Medis Tidak Dikenal Dengan Istilah Perawan

Kalau Bung bertanya apakah dalam dunia medis dikenal istilah perawan? Jawabanya tidak, Bung. Bahkan apabila terjadi pemeriksaan di sekitar selaput darah, seorang dokter hanya diperbolehkan mendeskripsikan bentuknya tanpa menghubungkan dengan keperawanan.

Hal ini terjadi juga apabila seorang dokter melakukan visum pada korban pemerkosaan, dokter pun hanya bisa menggambarkan kondisi vagina, tidak mendiagnosis perkosaan beradasarkan kondisi selaput dara, Bung. PHS atau Physician for Human Rights, sebuah organisasi yang melakukan advokasi kesehatan pada pekerja pun menyatakan tak ada hubungan antara selaput dara dengan keperawanan.

Tes Keperawanan Masuk Dalam Kategori Kekerasan Terhadap Perempuan

Dulu timbul wacana bakal tes keperawanan dalam persyaratan masuk ke instansi sampai ke tingkat pendidikan. Sebelum pada akhirnya menuai kontra di masyarakat dan hal ini tidak jadi disahkan. Beberapa negara seperti Afghanistan dan Iran kerap melakukan tes keperawanan pada anak-anak perempuan mereka lho, Bung.

Secara umum tes dilakukan oleh tenaga profesional yang akan memeriksa selaput dara yang terletak 1/2 inci pada sebagian besar vagina perempuan. Sebagai tolak ukur dalam bidang kesehatan dan kerap memberikan perhatian pada dunia kesehatan, WHO mengategorikan tes keperawanan sebagai bentuk atau perilaku kekerasan.

“Jika ada dokter yang berani mengklaim selaput dara koyak sebagai tanda ketidakperawanan, maka ilmunya patut dipertanyakan karena itu merupakan pembunuhan karakter kepada pasien,” kata dr. Robbi Asri Wicaksono, SpOG, dokter spesialis kebidanan dikutip dari Tirto.

Salah Kaprah Dalam Memandang Arti Dari Keperawanan

Masih dilansir dari laman yang sama. Dr. Robbi Asri Wicaksono pun bercerita tentang pasiennya yang mengalami disfungsi seksual karena otot vagina yang kaku, membuat vagina tak bisa dipenetrasi bahkan dengan penis sekalipun. Alhasil sang dokter menyarankan pengobatan dengan menggunakan dilator.

Tetapi sang suami dari pasien tersebut tidak mengizinkannya karena menganggap dengan melakukan pengobatan itu, maka  keperawanan dari si nona telah diambil oleh dilator. Vagina harus dipenetrasi menggunakan penis menurut sang suami. Hal ini merupakan salah satu contoh salah kaprah dari pemikiran seseorang, sehingga penyakit yang dialami pasien pun sulit untuk ditangani.

Lantas Bagimana Cara Memandang Arti Keperawanan ?

Mungkin Bung ataupun yang lainnya, masih banyak yang berpikiran usang kalau keperawanan ada korelasinya dengan selaput darah. Sehingga saat berhubungan seksual dan si nona tak mengeluarkan darah, maka si nona pun dianggap sudah tak lagi perawan. Memang tak bisa bisa dibantah, adanya pemikiran semacam ini karena tidak adanya penjelasan secara medis yang lengkap untuk diinformasikan atau menjadi sumber informasi. Sehingga anggapan seperti itu pun muncul secara spontan dari proses bersosialisasi dengan masyarakat atau kawan.

Secara sederhana selaput dara tidak terlibat dalam keperawanan sama sekali. Medical Services Pacific, mendefinisikan bahwa perawan adalah individu yang belum pernah melakukan hubungan seksual sekalipun. Tapi pemahaman seks setiap orang bisa jadi berbeda Bung, sehingga definisi itu pun bisa dipandang salah oleh beberapa orang. Tetapi hubungan seks biasanya mengacu kepada penis yang menembus vagina. Secara tidak langsung permasalahan soal keperawanan dapat dinilai oleh diri sendiri (perempuan). Bukan dengan orang lain atau tenaga medis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Nikmatnya Durian, Tak Sejalan Kalau Dikonsumsi Berlebihan Hingga Menyebabkan Kematian

Teruntuk para penikmat durian, memakan sesuatu yang enak pasti bikin lupa takaran. Perihal nafsu yang mendorong untuk selalu menyantap tanpa ada batasan yang tetap. Tapi nih, untuk bung yang sangat fans mencintai durian, tentu bung harus tahu, efek samping apabila nafsu tak dikontrol.

Pasalnya kondisi buah durian yang terlalu matang mengandung alkohol. Di sisi lain apabila dikonsumsi secara berlebihan juga dipercaya bisa memancing beragam penyakit, sampai kematian! Ya, meskipun kami tidak naif kalau durian juga memiliki manfaat. Seperti meningkatkan energi, kekuatan otot, tekanan darah, memperlancar buang air besar dan menunjang kesehatan kulit.

Lantas efek samping apa saja yang diterima apabila mengonsumsi durian berlebihan dengan kondisi buah yang terlalu matang?

 Memicu Tumbuhnya Kolesterol Tinggi

Durian sebenarnya sehat, mengandung lemak nabati yang baik untuk tubuh. Namun, buah ini cenderung memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal inilah yang menyebabkan kolesterol tinggi,” ujar Dr Inge Permadhi, SpGK dilansir dari Kumparan.

Memang tidak ada yang menampik bahasanya durian memiliki manfaat bagi tubuh bung. Dokter Gizi macam Dr Inge pun mengamini itu. Tetapi selain memiliki manfaat buah durian ternyata dapat menyebabkan kolesteror tinggi. Karena buah durian mengandung banyak gula di dalamnya.

Paling fatal kalau bung mengabaikan peringatan untuk tidak memakan durian secara berlebihan. Kolesterol tinggi mampu memicu beragam penyakit kronis, seperti asam urat dan penumpukan plak pada pembuluh darah yang akan berujung pada stroke dan gagal jantung.

“Durian sebenarnya sehat, mengandung lemak nabati yang baik untuk tubuh. Namun, buah ini cenderung memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal inilah yang menyebabkan kolesterol tinggi,” ujar Dr Inge Permadhi, SpGK

Gula Darah Dapat Meningkat dan Bahaya Bagi Pengidab Diabetes

Bagi bung yang mengidap penyakit diabetes alangkah baiknya tidak mengonsumsi durian. Takutnya, akan mempeburuk kondisi penyakitmu bung. Buah berduri ini terkandung berbagai macam gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa. Alhasil gula darah dapat meningkat karena konsumsi buah durian. Bahkan peningkatan cenderung lebih tinggi dibanding buah manis lainnya seperti pisang dan mangga.

Menambah Berat Badan Hingga Memicu Obesitas

Untuk mengontrol kesehatan mungkin bung memiliki program diet. Tujuannya bukan untuk penampilan belaka, tetapi guna mengontrol asupan kalori untuk menjaga berat badan. Memakan durian secara berlebihan dapat membuat bung mengalami penambahan berat badan sampai memicu obesitas bung.

Karena dalam satu kilogram buah durian berukuran sedang saja, mengandung hampir 1.500 kalori bung, sehingga asupan kalori dari satu durian utuh saja sudah mencukupi hampir 70 persen kebutuhan kalori harian di tubuh.

Memang buah durian bukan satu-satunya hal yang disalahkan karena berat ditimbangan tiba-tiba naik bukan? tetapi terdapat hal berbahaya apabila asupan kalori bung berlebih. Dalam jangka panjang ini dapat meningkatkan risiko terutama seperti naiknya berat badan sampai obesitas.

Setelah itu berat badan yang berlebih agak sulit dikontrol dan dapat memicu seseorang terkena penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, Alzheimer sampai gagal jantung.

Pankreas Akan Merasa Lelah Karena Durian yang Dikonsumsi Tak Berhenti, Malahan Bertambah

Dr Inge Permadhi, SpGK yang membuka praktik di RS Siloam menyatak penyebab lain apabila bung mengonsumsi durian yang terlalu matang. Seperti sudah dijelaskan bung, kalau durian yang terlalu matang akan mengandung alkohol. Jika dikonsumsi secara tidak terkontrol akan menimbulkan beragam penyakit, salah satunya pankreas akan lelah untuk bekerja. Karena saat mengonsumsi durian tanpa batasan mendorong pankreas untuk terus bekerja secara jor-jor’an.

Kandungan gula yang terdapat pada durian terlalu matang, akan membuat kerja pankreas semakin keras untuk menghasilkan insulin, jika dibiarkan, dapat memicu kerusakan sel-sel pada pankreas yang berujung pada obesitas,” pungkasnya.

Tak Diduga Kalau Durian Juga Bisa Menyebakan Kematian Bagi Penikmatnya yang Memakan Tanpa Tau Aturan

Terdapat satu kombinasi berbahaya lho saat menyantap buah berduri ini, yakni menyantapnya sambil menenggak minuman keras. Lantaran perut bisa mengalami keram ringan sampai parah apabila dikonsumsi berbarengan dengan minum-minuman keras.

Tingkat keparahannya tergantung dari berapa banyak durian dan alkohol yang bung konsumsi saat itu. Alasan kenapa durian dapat menyebabkan kematian dalam kasus ini. Karena buah ini mengandung senyawa sulfur yang disebut dietil disulfida yang dapat menghambat kerja enzim aldehyde dehydrogenase (ALDH) dalam hati yang berfungsi untuk memecah alkohol.

Ditambah lagi durian merupakan buah tinggi kalori, jadi saat menambahkan alkohol  membuat perut dan hati sangat sulit mencerna makanan. Hal inilah dapat menyebabkan gejala hangover berlebihan. Kadar alkohol dalam darah yang gagal dipecah oleh tubuh karena dihambat oleh durian yang berubah menjadi sangat beracun.

Efek yang diterima saat itu juga, bung akan mengalami pernapasan pendek, tidak responsif, seperti orang linglung atau bingung, sampai kehilangan kesadaran dan berakhir koma. Selain itu, durian tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, jadi makan durian bersama minuman keras bisa meningkatkan tekanan darah.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Health

Seorang Lelaki di Tangerang Meninggal, Setelah Mengonsumsi Durian Berlebihan

Menikmati buah durian (bagi yang menyukai) tentu adalah kenikmatan. Teksturnya yang lembut menambah kelezatan tersendiri dari buah yang berduri tajam ini. Meskipun enak, durian tidak bisa dikonsumsi berlebihan. Apalagi bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

Hal mengenaskan menimpa kepada Adie Syarifudin yang secara mengenaskan tewas bersimbah darah setelah kebanyakan makan durian. Laki-laki berusia 53 tahun ini ditemukan di Desa Curug Wetan, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Pihak Kepolisian telah memastikan kalau Adie tewas bukan dibunuh. Sebab, sehari sebeleum mereggang nyawa Adie memakan banyak buah durian.

Kasat Reskrim Polres Tanggerang Selatan AKP Alexander Yurikho menuturkan kalau Adie tewas dengan pembuluh darah pecah. Laki-laki yang kesehariannya bekerja sebagai supir angkutan umum jugas mengidap penyakit darah tinggi. Sebagaimana dijelaskan oleh pihak keluarga.

Diduga korban meninggal karena sakit darah tinggi dan memakan durian, yang mengakibatkan pecah pembuluh darah dan darahnya keluar dari hidung,” kata Alexander.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Para Perempuan Rupawan yang Siap Bertarung di Panggung Politik 2019

Pada dasarnya panggung politik memang bebas dimiliki siapa saja, tidak tertuju kepada laki-laki, namun juga perempuan. Demi melenggangkan langkah menjadi wakil rakyat, jalan yang ditempuh pun lewat jalur legislatif. Pada pesta demokrasi yang diadakan di tahun 2019 ini, beberapa nama baru sampai mantan penggiat industri hiburan, siap menampung aspirasi rakyat untuk direalisasikan. Para perempuan ini tidak hanya dibekali wajah yang rupawan. Tetapi memiliki segudang kualitas terutama dari sektor pendidikan untuk bisa merubah nasib rakyat menjadi lebih baik.

Para perempuan ini bakal menjadi sesuatu yang segar di panggung politik. Karena membawa harapan baru, ide baru serta trobosan baru yang siap dilancarkan apabila bisa duduk di kursi pemerintahan. Nama-nama yang disebutkan, ada yang sudah malang melintang di pertelevisian karena sudah menancapkan kiprahnya sebagai politikus. Bahkan, ada yang masih berusia belia yang sudah menyatakan ‘siap’ untuk menjadi penyambung lidah rakyat.

Tsamara Amany Alatas

Sumber : https://www.instagram.com/tsamaradki/

Para politisi muda nampaknya harus bersaing sengit untuk mendapatkan kursi pemerintahan. Lantaran sangat berat untuk menembus peta perpolitikan Indonesia, apalagi anggapan “yang muda tau apa?” nampaknya masih terdengar. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan niat dari Tsamara Amany Alatas.

Politisi muda yang mendaftar sebagai calon legislatif lewat Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dengan usia baru menginjak 22 tahun ternyata Tsamara maju karena ingi mewakili kalangan pemuda yang apolitis terhadap kondisi politik Indonesia lho bung. Rencananya, Tsamara akan maju di dapil Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Potensinya sebagai politikus masih panjang mengingat usianya yang masih muda.

Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka

Sumber : https://www.instagram.com/isyanabagoesoka/

Masih dari Partai yang sama, kali ini seorang Praktisi Media yang telah malang melintang bekerja sebagai Reporter dan Presenter di berbagai stasiun televisi Swasta, yakni Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka. Perempuan berparas manis kelahiran 13 September 1980 ini mulai melangkahkan kakinya ke dunia politik Indonesia.

Sebagai mantan praktisi media Isyana memiliki hal yang fokus sesuai dengan bidang yang digeluti sekaligus membesarkan namanya. Isyana mengatakan akan berfokus pada RUU Penyiaran, karena ia menilai tidak banyak program di media massa yang dapat menghasilkan budi perkerti bagi seoarang anak.

Saya sangat konsen pada pendidikan anak-anak dan juga pendidikan anak-anak tidak hanya di sekolah tapi juga segala sesuatu di dunia pertelevisian saat ini. Segala sesuatu yang ada di internet segala sesuatu yang bisa dilihat anak-anak saat ini, ini juga salah satu juga harus diatur agar anak Indonesia tumbuh dengan generasi yang memiliki budi pekerti,” ujar Isyana.

Tina Toon

Sumber : https://www.instagram.com/tinatoon5/

Mantan artis cilik Tina Toon juga mulai merambah dunia politik. Pada Pileg 2019 ia akan menjadi caleg DPRD DKI Jakarta lewat partai PDI Perjuangan. Ia akan maju di daerah pemilihan dua yang melingkupi Cilincing, Koja, dan Kelapa Gading. Tina sudah memikirkan matang-matang tentang pilihannya, Tina juga mengakui sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Dengan mempelajari politik dan siap terjun bersama Rakyat.

Rencananya, mantan penyanyi cilik yang terkenal dengan lagu bolo-bolo ini ingin duduk di Komisi E agar memiliki fokus pada pendidikan ibukota. Pasalnya Tina memiliki keresahan terhadap kepemimpinan Gubernur DKI, Anies Baswedan karena beberapa permasalahan. Terutama tentang ketimpangan ekonomi di Jakarta utara sampai penataan UMKM yang tidak berjalan semestinya.

Olla Ramlan

Sumber : Breakingnews.co.id

Nama Olla Ramlan yang sering menghiasi layar kaca, juga memiliki keinginan yang sama dengan menjadi caleg dari Partai NasDem untuk dapil Jawa Barat IV. Meliputi Kabupaten dan Kota Sukabumi. Bisa dibilang ada satu benang merah antara popularitas sebagai artis dengan politikus, yang biasanya dilakoni beberapa artis senior lantaran sudah kalah bersaing dengan artis muda.

Tetapi Olla memiliki alasan lain yang lebih mulia, keinginannya menjadi anggota DPR karena ingin bermanfaat bagi masyarakat luas. Ia juga sudah merasa mendapatkan banyak hal selama di dunia hiburan maka dari itu ingin berbuat lebih banyak, lebih dari menghibur di layar kaca.

Farah Puteri Nahlia

Sumber : MEDIAJABAR.com

Farah mungkin memiki kesamaan dengan Tsmara. Di usianya yang masih belia, ia memberanikan diri dengan terjun ke dunia politik bung dengan menjadi caleg. Rencananya Farah akan maju di tingkat DPR RI di dapil Subang, Majalengka dan Sumedang.

Farah sendiri akan diusung oleh PAN atau Partai Amanat Nasional. Alumni dari University of London ini telah terbiasa dengan melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Tentu saja, itu jadi alasan utama kenapa ia ingin terjun ke dunia politik. Dengan membantu masyarakat karena hal-hal sosial sudah menjadi passion-nya.

Selain itu pengaruh keluarga juga jadi alasan selanjutnya, lantaran keluarga juga aktif berkecimpung di dunia politik. Tetapi ia mengaku tidak menerima paksaan dan siap membantu sekaligus mengabdi untuk  masyarakat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top