Health

Apabila Vagina Tak Mengeluarkan Darah, Apa Tandanya Si Nona Sudah Tak Lagi Bermahkota?

Apabila Bung berbicara soal keperawanan, apa yang ada dibayangan Bung? Kalau Bung berpikiran jika si nona yang perawan adalah dia yang keluar darah saat pertama kali berhubungan badan, itu adalah pemikiran yang rancu. Darah yang keluar dari vagina, sebenarnya berasal dari selaput dara yang berbentuk seperti lipatan tipis jaringan lunak yang berada di bagian pintu depan vagina.

Tidak semua perempuan terlahir memiliki selaput dara, itu hal terpenting yang mesti Bung tahu. Sehingga tak melulu soal keluar darah menjadi bukti kalau nona adalah perawan. Pun pecahnya selaput dara bisa terjadi karena aktivitas fisik seperti olahraga. Jadi jangan salah kaprah Bung untuk menilai keperawanan si nona dengan menilai dari utuhnya selaput dara. Karena salah kaprah Bung dengan menganggap si nona tidak perawan, bisa membunuh karakter dan mental perempuan.

Karakter Selaput Dara Setiap Perempuan Berbeda-beda

Setiap perempuan ada yang terlahir maupun tidak terlahir tanpa selaput dara. Karena ada juga bentuk selaput darah yang sangat tipis sehingga mudah sobek saat melakukan aktivitas fisik. Seperti berlari, senam, bahkan bersepeda sekalipun. Tidak hanya tipis, ada juga si nona yang memiliki selaput dara yang elastis dan tebal sehingga tetap utuh meskipun telah berkali-kali dilakukan penetrasi.

Dalam Dunia Medis Tidak Dikenal Dengan Istilah Perawan

Kalau Bung bertanya apakah dalam dunia medis dikenal istilah perawan? Jawabanya tidak, Bung. Bahkan apabila terjadi pemeriksaan di sekitar selaput darah, seorang dokter hanya diperbolehkan mendeskripsikan bentuknya tanpa menghubungkan dengan keperawanan.

Hal ini terjadi juga apabila seorang dokter melakukan visum pada korban pemerkosaan, dokter pun hanya bisa menggambarkan kondisi vagina, tidak mendiagnosis perkosaan beradasarkan kondisi selaput dara, Bung. PHS atau Physician for Human Rights, sebuah organisasi yang melakukan advokasi kesehatan pada pekerja pun menyatakan tak ada hubungan antara selaput dara dengan keperawanan.

Tes Keperawanan Masuk Dalam Kategori Kekerasan Terhadap Perempuan

Dulu timbul wacana bakal tes keperawanan dalam persyaratan masuk ke instansi sampai ke tingkat pendidikan. Sebelum pada akhirnya menuai kontra di masyarakat dan hal ini tidak jadi disahkan. Beberapa negara seperti Afghanistan dan Iran kerap melakukan tes keperawanan pada anak-anak perempuan mereka lho, Bung.

Secara umum tes dilakukan oleh tenaga profesional yang akan memeriksa selaput dara yang terletak 1/2 inci pada sebagian besar vagina perempuan. Sebagai tolak ukur dalam bidang kesehatan dan kerap memberikan perhatian pada dunia kesehatan, WHO mengategorikan tes keperawanan sebagai bentuk atau perilaku kekerasan.

“Jika ada dokter yang berani mengklaim selaput dara koyak sebagai tanda ketidakperawanan, maka ilmunya patut dipertanyakan karena itu merupakan pembunuhan karakter kepada pasien,” kata dr. Robbi Asri Wicaksono, SpOG, dokter spesialis kebidanan dikutip dari Tirto.

Salah Kaprah Dalam Memandang Arti Dari Keperawanan

Masih dilansir dari laman yang sama. Dr. Robbi Asri Wicaksono pun bercerita tentang pasiennya yang mengalami disfungsi seksual karena otot vagina yang kaku, membuat vagina tak bisa dipenetrasi bahkan dengan penis sekalipun. Alhasil sang dokter menyarankan pengobatan dengan menggunakan dilator.

Tetapi sang suami dari pasien tersebut tidak mengizinkannya karena menganggap dengan melakukan pengobatan itu, maka  keperawanan dari si nona telah diambil oleh dilator. Vagina harus dipenetrasi menggunakan penis menurut sang suami. Hal ini merupakan salah satu contoh salah kaprah dari pemikiran seseorang, sehingga penyakit yang dialami pasien pun sulit untuk ditangani.

Lantas Bagimana Cara Memandang Arti Keperawanan ?

Mungkin Bung ataupun yang lainnya, masih banyak yang berpikiran usang kalau keperawanan ada korelasinya dengan selaput darah. Sehingga saat berhubungan seksual dan si nona tak mengeluarkan darah, maka si nona pun dianggap sudah tak lagi perawan. Memang tak bisa bisa dibantah, adanya pemikiran semacam ini karena tidak adanya penjelasan secara medis yang lengkap untuk diinformasikan atau menjadi sumber informasi. Sehingga anggapan seperti itu pun muncul secara spontan dari proses bersosialisasi dengan masyarakat atau kawan.

Secara sederhana selaput dara tidak terlibat dalam keperawanan sama sekali. Medical Services Pacific, mendefinisikan bahwa perawan adalah individu yang belum pernah melakukan hubungan seksual sekalipun. Tapi pemahaman seks setiap orang bisa jadi berbeda Bung, sehingga definisi itu pun bisa dipandang salah oleh beberapa orang. Tetapi hubungan seks biasanya mengacu kepada penis yang menembus vagina. Secara tidak langsung permasalahan soal keperawanan dapat dinilai oleh diri sendiri (perempuan). Bukan dengan orang lain atau tenaga medis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Keren

Karena Olah Raga Ini Bisa Buat Tahan Lama Di Ranjang

Tidak dapat mempertahankan ereksi secara sempurna, membuat hubungan cinta tak berjalan nikmat. Hal Ini dipicu karena laki-laki mengalami disfungsi ereksi, masalah seksual yang ditandai dengan ketidakmampuan laki-laki untuk mencapai dan mempertahankan ereksi. Dahulu, penyakit ini akrab menyerang para lansia tapi kini sekarang banyak usia muda yang sudah mengalaminya

Rata-rata mikirnya pasti yang sudah tua, antara umur 60 hingga 69. Ternyata tidak, ada juga umur 27 dan 28 yang datang ke saya,” kata spesialis Andrologi asal RSU Dr Soetomo Surabaya, dr Susanto Suryaatmadja MS, SpAnd dilansir dari detikcom.

Namun jangan bersedih dan berkecil hati, karena ini dapat diobati. Dokter biasanya memberikan obat slidenafil atau viagara yang dapat melancarkan aliran darah menuju penis. Tapi kalau mau secara alami bisa dilakukan dengan olahraga secara rutin. Yoga dan squat adalah dua contoh, yang aktivitasnya dapat menjadi elemen pendukung mencapai ereksi yang kuat. Selain itu ada beberapa olahraga lain yang dapat mengatasi disfungsi ereksi.

Squat Menguatkan Otot Panggul dan Bokong, yang Dapat Meningkatkan Kualitas Ereksi

Olahraga ini mudah dan efektif dengan cara membungkukkan badan seperti posisi jongkok dengan tangan direntangkan ke depan. Perlahan, posisi badan semakin turun dan dilakukan berulang-ulang. Penekanan terjadi pada arah panggul dan bokong, squat disebut-sebut dapat meningkatkan kualitas ereksi, karena semakin banyak darah yang mengalir ke dekat penis, alhasil semakin mudah mendapat ereksi.

Selain itu, squat dapat meningkatkan produksi hormon testosteron karena olahraga ini merupakan latihan beban. Bahkan beberapa studi melihat ada kaitan antara testosteron yang rendah terhadap performa seks laki-laki.

Selain Ereksi yang Bertahan Lama, Yoga Dapat Meningkatkan Performa Bercinta

Mungkin bagi beberapa laki-laki, Yoga bukan suatu olahraga yang harus dijalankan karena identik dilakukan oleh perempuan. Namun aktivitas yoga yang menyelimuti olah tubuh dan pikiran ini diklaim mampu meningkatkan performa bercinta dengan membuat ereksi tahan lebih lama!

Pakar seks sekaligus penulis buku Sexual Fitness, Hank Wuh, menyatakan ada kaitan erat yoga dengan bercinta. Seperti memperbaiki kesehatan pembuluh darah, yang menjadi faktor paling penting bagi daya tahan dan tingkat ereksi laki-laki. Bisa saja, karena Yoga adalah aktivitas yang berkaitan dengan fleksibilitas dan pernapasan, berguna meningkatkan kualitas mental dan fisik.

Kegel, Olahraga yang Mengatasi Masalah Inkontinensia

Inkontinensia adalah masalah buang air kecil, di mana seseorang mengalami kesulitan menahan buang air kecil sampai mengompol saat mengalami stres. Ternyata olahraga kegel dapat mengobati masalah ini bung, sekaligus bisa memerangi masalah kaum adam seperti disfungsi seksual.

Cara olaharaga ini unik, yakni dengan menkonstraksikan otot dengan menahan kencing, awal-awal coba tahan selama lima detik dan setelah itu, dikendurkan. Ulangi latihan ini, setidaknya lima kali berturut-turut dengan menambah durasi menahan buang air kecil 15-20 detik.

Melakukan hal tersebut, konon dapat meningkatkan kesehatan sekaligus stamina penis. Seperti khasiat olahraga yang disebutkan sebelumnya, Kegel dapat meningkatkan aliran darah ke penis dan yang terpenting mampu meningkatkan kemampuan mengontrol ejakulasi.

Para pria melakukan latihan kardio untuk menyehatkan jantung, juga melakukan latihan beban untuk membentuk otot. Sayangnya kekuatan otot dasar panggul malah diabaikan,” ungkap urolog Dr Andrew L. Siegel, dikutip dari jurnal National Center for Biotechnology Information.

Risiko Disfungsi Ereksi Bisa Juga Turun dengan Melakukan Aerobik

Berenang, jalan cepat, lari, dan bersepeda, membantu meningkatkan sirkulasi sampai aliran darah secara signifikan. Risiko disfungsi ereksi juga bisa terselesaikan. Aerobik mampu menjaga kesehatan pembuluh darah, sekaligus membuat bung lebih kuat dan lebih lama ereksi-nya, karena hormin endorfon dilepaskan membuat rileks alhasil dapat meningkatkan kinerja seksual.

Simpel dan Bermanfaat, Bung Juga Bisa Melakukan Push-Up dan Sit- Up

Tidak terpaku akan soal bagaimana membuat ereksi menjadi kuat, namun push-sup dan sit-up dapat meningkatkan kualitas bercinta apabila dilakukan dengan latihan beban. Karena dua jenis latihan ini melatih otot bahu, dada dan perut yang sangat bekerja saat berhubungan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Ketika Bung Mulai Bertanya Soal Ini, Berarti Bung Memiliki Rasa Dengan Sahabat Sendiri

Pernah memiliki perasaan dengan lawan jenis yang notaben adalah teman? pasti semua orang pernah mengalami hal ini, ada yang coba mengutarakan ada pula menyimpan rapih di hatinya. Namun ada satu kecenderungan bahwa teman perempuan bung tahu, apakah bung memiliki perasaan dengannya lewat sebuah pertanyaan.

Dikatakan Dr. Terri Orbuch, Ph.D., professor Oakland University dalam Woman’s Health Mag, adalah saat bung lebih banyak bertanya tentang si nona. Mulai dari kabar, apa yang nona suka, perasaan, sampai apa yang nona lakukan. Apabila bung mulai merambah ke pertanyaan sensitif semacam ini, lambat laun nona akan menyadari. Bahwa laki-laki yang konon adalah teman di depannya ini, sudah mulai menaruh rasa.

Selain itu, Dr. Terri juga mengatakan kalau laki-laki yang banyak bertanya tentang sahabat si perempuan, atau seperti apa keluarga sampai soal hubungan dengan teman laki-laki A dan B. Sudah menjadi sinyal kuat, bahwa si laki-laki memiliki ketertarikan. Meskipun di kondisi seperti itu banyak juga perempuan yang menganggap itu adalah pertanyaan biasa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Lebih Tahu

Lewat Aroma Kopi, Bung Bisa Mengecek Bau Badan Sendiri

Saat berada di tempat umum, hal yang paling menjengkelkan adalah ketika kita berada dekat dengan orang yang memiliki bau badan mengganggu. Di saat itu juga, kita ingin menghindar atau berharap ia pergi. Namun ada baiknya kita berkaca sebelum menjustifikasi, dengan mengecek diri sendiri. Apakah kita memiliki bau badan yang mengganggu seperti orang tersebut atau tidak.

Masalahnya bukan hal mudah untuk mengetahui aroma tubuh sendiri, kan bung? sebab sistem penciuman kita tidak sensitif pada aroma spesifik seperti tubuh sendiri. Pamela Dalton Ph.D., M.P.H., dari Monell Chemical Senses Center juga mengatakan hal demikian, walau begitu ia membeberkan beberapa cara untuk mengetahui apakah bau badan kita mengganggu atau tidak.

Salah satunya dengan mencium aroma kopi selama beberapa menit, setelah itu bung cium aroma ketiak atau area tubuh lainnya yang sangat berpotensi bau. Hal ini bekerja karena saat mencium aroma kopi indra penciuman sedang dinetralkan, supaya mudah untuk mendeteksi bau badan. Kalau bung ingin lebih pasti lagi, coba membaui area tubuh yang dipenuhi kelenjar apokrin seperti ketiak dan selangkangan, karena area tersebut memproduksi keringat berbau yang bercampur dengan bakteri pada kulit.

Di sisi lain laki-laki juga tak handal dalam mengidentifikasi bau dibanding perempuan. Karena perempuan akrab dengan aktivitas yang beraroma seperti memasak dan berbelanja. Hal ini membuat kaum hawa sangat peka dalam mencium aroma sekitar dibanding laki-laki.

Ketika mencium aroma, mereka (laki-laki) tidak secara aktif mencari tahu siapa yang memancarkan aroma di lingkungan tersebut,” kata Dalton.

Nah, apakah bung sendiri siap mendeteksi aroma tubuh sendiri?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top