money

Angka Kemiskinan Indonesia Menurun, Menjadi yang Terendah Sepanjang Sejarah

Sepanjang sejarah negara ini berdiri, kemiskinan menjadi salah satu hal yang sangat diperangi di setiap era pemerintahan. Guna menekan angka kemiskinan beberapa program pun dijalankan. Hasilnya pun terlihat, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan per Maret 2018 sebesar 9,82%.

Satu digit angka kemiskinan ini menjadi yang terendah sepanjang sejarah. Di tahun 2011 pada bulan Maret angka kemiskinan mencapai 12,49%. Diungkapkan langsung oleh Kepala BPS, Suhariyanto, kalau dikaji secara historis angka kemiskinan per Maret 2018 ini memang menjadi yang paling rendah. Namun, penurunan angka kemiskinan tidak berjalan mulus.

Fluktuatif angka kemiskinan pun kerap terjadi. Kenaikan pun terjadi pada September 2013 dan Maret 2015. Sampai di bulan Maret 2018, angka kemiskinan menurun menjadi 9,82% atau dikisaran 25,95 juta orang.

“Tapi ini adalah untuk pertama kalinya persentase penduduk miskin berada di angka satu digit. Kalau dilihat semuanya biasanya dua digit, jadi memang ini pertama kali dan terendah,” jelas dia.

Angka kemiskinan yang mencapai 25,95 juta orang tentu bukan angka yang kecil. Pemerintah bakal segera menuntaskan dengan menerapkan beberapa kebijakan yang diharapkan dapat tepat sasaran untuk mengusir kemiskinan.

“Caranya dengan kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran sehingga penurunan kemiskinannya bisa cepat, beberapa tahun belakangan ada penurunan tapi sangat lamban, tapi ini persentase kemiskinan yang paling rendah 9,82% tapi jumlahnya masih banyak,” tutup Suhariyanto dikutip dari Kompas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Menggodanya Warna Merah Yang Membuat Perempuan Tertarik Sekaligus Tampil Lebih Menarik




Sebentar lagi peringatan HUT RI ke-73, pasti kamu sudah turut melihat dan merasakan euforia jelang peringatan Hari Kemerdekaan di sekitarmu. Paling terasa pasti urusan warna yang di bulan Agustus ini di dominasi warna bendera merah dan putih. Tapi sebentar, kamu sendiri masih ingat makna kedua warna tersebut? Yup! Merah identik dengan keberanian, sementara putih melambangkan kesucian.

Bicara soal warna merah dan kaitannya dengan keberanian, sebenarnya warna yang satu ini juga punya makna dan asosiasi lainnya lho. Beberapa makna warna merah ini bahkan didukung penjelasan ilmiah dan sejumlah penelitian di belakangnya.

Merah Selalu Punya Makna Filosofis Tersendiri di Berbagai Budaya Negara di Dunia

Bung sudah tahu, kalau di Indonesia, merah itu berani. Tapi bagi orang Tiongkok, warna merah dimaknai berbeda. Merah diasosiasikan sebagai warna yang membawa keberuntungan di negara tirai bambu ini. Bahkan pengantin perempuan di negara tersebut pun diharapkan agar selalu memakai busana berwarna merah dengan harapan kehidupan rumah tangganya kelak selalu dipenuhi oleh keberuntungan.

Sementara di Spanyol urusannya jadi lain. Warna merah diartikan sebagai unsur yang punya stimulus kuat. Tak heran kalau kamu sering melihat aksi matador yang ‘bermain’ dengan banteng, pasti tak asing dengan kain warna merah yang dipakai matador untuk menarik perhatian banteng.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa warna merah? Sebagian menjelaskan warna ini dipilih untuk menyamarkan jika terjadi sesuatu dengan si matador yang mengakibatkan terluka.

Namun di samping itu menurut sains, sejatinya hewan ternak seperti banteng memang hanya bisa mengenali warna-warna terang seperti merah, hijau, dan biru. Dari ketiga warna tersebut, warna merah yang paling kuat. Dalam penelitian lainnya menyebut, kendati banteng bisa saja ‘marah’ saat diberi stimulus dengan warna yang lain, tapi daya serangnya akan lebih kuat kalau dipancing memakai benda yang berwarna merah. Hal ini bahkan sudah dibuktikan oleh peneliti asal Spanyol, José M. R. Delgado, dari Yale University.

Laki-laki pun Akan Terlihat Lebih Menarik Kalau Pakai Warna Merah

Okay, Bung, ada cara mudah untuk terlihat lebih menarik tanpa usaha lebih. Gunakan saja warna merah! Sebab berdasarkan penelitian terbaru dari Journal of Experimental Psychology, badan sixpack dan tatapan tajam memang membuat perempuan jatuh hati, tapi laki-laki yang berani tampil dalam busana berwarna merah pun ternyata dinilai atraktif bahkan bisa membangkitkan gairah seksual perempuan lho!

Menariknya, para peneliti mengungkapkan, dalam benak perempuan saat melihat laki-laki tampil dalam busana berwarna merah menandakan kalau laki-laki tersebut mapan, kariernya bagus, dan gajinya besar. Hal ini didasari karena sebenarnya warna merah pun diasosiasikan pada tubuh yang sehat dan jiwa yang tentram, bahkan juga serta simbol kejayaan. Lihat saja, kalau ada acara bergengsi pasti para tamu undangan VIP akan berpose di atas red carpet, bukan?

Nah Untuk Para Nona, Kami Para Lelaki pun Sejujurnya Tertarik Dengan Perempuan Beratribut Merah

Sebagian Nona masih ragu menggunakan warna merah? Mari kita bisikan satu rahasia: “perempuan yang menggunakan warna merah terlihat lebih menarik loh di mata laki-laki”. Ini bukan omong kosong. Kembali lagi soal stimulus, penelitian Adam Pazda, seorang psikolog sosial asal University of Rochester di New York mengklaim bahwa perempuan yang mengenakan busana warna merah dianggap punya daya tarik tersendiri dan terlihat lebih seksi.

Bahkan jauh sebelum penelitian ini dibuat, sebuah lagu berjudul The Lady in Red milik Chris de Burgh bisa sedikit menjelaskan kenapa laki-laki suka melihat perempuan berpakaian merah. Menurut Pazda ditemukan kalau warna yang dipilih perempuan ternyata memang menentukan penilaian lawan jenis terhadap dirinya. Saat perempuan memakai warna merah, biasanya pihak laki-laki akan tertarik secara seksual.

Atribut Warna Merah Tak Cuma Soal Pakaian

Ketika bicara soal atribut, ini tak dimaksudkan hanya soal pilihan busana ya. Karena istimewakan dirimu melalui warna merah bisa dilakukan lewat beragam hal. Ambil contoh misalnya kendaraan yang digunakan sehari-hari. Kita bisa melirik warna baru dari Yamaha New Fino 125 Blue Core varian Grande yaitu warna Luxury Red.
Merahnya tak sekedar merah. Karena pilihan warna merahnya sangat unik. Berbekal matte colour, merah yang disematkan pada motor ini menjadi nuansa eksklusif. Nampaknya merah macam warna Luxury Red ini yang dibicarakan dalam penelitian di atas tadi. Apalagi warna matte tersebut berpadu apik dengan jok bertipe double seat yang berdesain berkelas. Sementara dari depan, cover berwarna merahnya tampak stylish dengan lampu LED yang juga elegan.

Tak cuma urusan tampilan yang bikin penasaran. Mesin Blue Core yang disematkan pada motor ini diklaim 50% lebih irit. Apalagi motor ini juga sudah punya fitur indikator irit bahan bakar untuk berkendara lebih ekonomis dan aman.Tentunya makin lengkap dengan fitur stop & start system yang membuat mesin mati saat berhenti 5 detik dan otomatis menyala kembali jika gas diputar.

Asiknya lagi motor ini sangat praktis. Ban tubelessnya yang lebar membuatnya lebih nyaman dikendarai karena tidak mudah oleng. Dan ketika menghadapi turunan atau tanjakan, Smart Lock System akan membantu mengunci rem agar tak dirundung was-was motor akan meluncur. Sementara, ketika mencari motor di tempat parkir, cukup tekan sekali Advance Key System-nya untuk menemukan Fino-mu dan tekan lebih lama untuk membuka penutup kuncinya.
Dengan kombinasi warna dan fitur macam itu, para perempuan yang menggunakan motor merah satu ini dijamin akan bikin mata kami para lelaki melirik. Penasaran sama motor satu ini? Yuk simak detail lengkap Yamaha New Fino 125 Blue Core di sini!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Review

Tokocrypto Melayani Jual Beli Mata Uang Digital Indonesia

Mata uang digital atau kripto sempat menjadi perbicangan hangat dunia, termasuk di Indonesia. Apalagi bitcoin, salah satu mata uang digital yang memiliki nilai yang sangat tinggi, bahkan satu bitcoin pernah mencapai ratusan juta rupiah apabila ditukarkan. Menoleh ke pasar yang sedang berkembang ini, Indonesia memiliki toko pelayanan soal mata uang digital bernama Tokocrypto.

Platform yang menawarkan jual beli mata uang digital di Indonesia ini meliputi bitcoin dan juga ethereum. Caranya pun sangat mudah, pengguna hanya perlu menyetorkan saldo sebelum melakukan transaksi. Kelebihan Tokocrypto adalah memiliki biaya transaksi yang rendah. Selain itu, biaya penarikan diklaim lebih terjangkau dari platform lain yang menggeluti bidang pasar mata uang digital.

“Transparansi. Kami ingin pengguna Tokocrypto percaya bahwa platform kami sangat terbuka dan transparan soal informasi dana pengguna agar tak disalahgunakan,” ujar Pang Xue Kai, CEO Tokocrypto yang dikutip dari Liputan6.com

Soal kemanan, platform ini melancarkan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk membangun ekosistem cryptocurrency yang baik dan aman untuk digunakan. Salah satu pihak yang diajak kerjasama adalah Bappebti, sebuah badan yang berada di bawah Kementerian Perdagangan. Bertugas menjadi perantara dan regulator uang yang mengalir dari pengguna.

Kedepannya Tokocrytp akan memperluas ke jenis mata uang digital lain seperti neo, litecoin, ripple, dan cardano. Toko ini sendiri telah didirikan sejak Juni 2017, yang memasuki masa soft launching di bulan April 2018. Sekarang, platform ini  bisa diakses via situs web, sedangkan versi aplikasi akan menyusul pada kuartal kedua 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


money

Nilai Tukar Rupiah Melemah Hampir Mendekati 14.000 Dolar AS

Mata uang Indonesia nampaknya sedang melempem, hingga membuat nilai tukar rupiah menjadi Rp 13.909, hampir mencapai Rp 14.000 per dolar AS. Tentu saja hal ini bukan berita baik Bung. Melemahnya nilai tukar rupiah, lantaran pada Rabu sore, 25 April 2018, bergerak melemah sebesar 37 poin.

Faisyal selaku Analis Monex Investinfo Futures, mengatakan sentimen yang menjadi perhatian para pelaku pasar uang adalah kenaikan vield Amerika Serikat bertenor 10 tahun yang telah melewati level 3 persen sejak tahun 2014. Oleh karena itu, kondisi ini membuka potensi adanya kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat seperti dikutip dari Tempo.co.

Pelemahan rupiah pun terjadi sejalan dengan mata uang di negara berkembang. Apalagi meningkatnya imbal hasil obligasi AS dan prospek suku bunga AS yang lebih tinggi Bung. Maka dolar AS menjadi perhatian pelaku pasar.

“Rupiah bersama dengan mata uang emerging market mengalami tekanan karena faktor itu,” kata analis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada.

Melihat kondisi yang tidak baik ini, membuat Bank Indonesia melakukan intervensi untuk menahan tekanan rupiah lebih dalam. BI bakal menajaga fluktuasi atau naik turunnya nilai tukar sesuai dengan fundamental.

Kekhawatiran soal melemahnya nilai tukar rupiah juga menjadi perhatian pemerintah. Lantaran utang pemerintah dalam valuta asing mencapai US$ 109,6 miliar dari Rp 4.136 triliun total utang pemerintah dalam rupiah.

Kalau rupiah terus melemah bakal menjadi ancaman bagi Indonesia, apalagi bagi Bung yang seorang pengusaha. Lantaran ada beberapa bahan baku yang mesti impor, otomatis harga tak lagi berkompromi seperti dulu. Bukan begitu, Bung?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Dating & Relationship

Ketika Si Nona Melakukan Kesalahan Ini, Bung Hanya Bisa Terdiam Tanpa Tindakan

Nampaknya si nona memiliki hak veto dalam hal pembenaran setiap sikapnya yang kerap kali salah mengambil tindakan. Padahal si nona sudah sering kali mengutarakan janji untuk tidak akan mengulanginya lagi. Tapi setiap kali, janji si nona lebih mirip sebuah omongan tanpa isi yang tak bisa dipegang atau pun diamalkan. Bung yang merasakan kesal dan jengkel pun, sampai tidak tega untuk menegur atau memarahinya.

Padahal kalau Bung tidak memarahai dan tidak mengingatkannya, si nona tidak bisa berpegang pada prinsipnya. Kalau ini terus berjalan begitu saja tentu dapat menjadi hal yang buruk bagi dirinya sendiri. Sedikit berbeda dengan Bung yang sudah berapa kali dituntut berubah saat melakukan kesalahan pada si nona, dan Bung pun segera introspeksi sembari menata diri kembali.

Menyelesaikan Masalah Tanpa Pikir Panjang, Membuat Si Nona Ujung-ujungnya Geram

Ketika masalah mencuat dengan segala kepelikannya di setiap sisi, membuat si nona panik dan juga emosi. Begitu emosi mulai melanda hati, si nona pun terburu-buru mencari solusi. Tanpa basa-basi ia langsung melancarkan solusi tersebut hingga ujung-ujungnya menyesal lantaran tidak berpikir panjang. Anehnya, tak cuma sekali tetapi berkali-kali. Bung pun selalu mengingatkan sedari awal untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Namun si nona pun tak mendengarkan, hingga akhirnya Bung angkat tangan, meski kadang jadi sasaran korban kekesalannya.

Si Nona Kerap Mengecap Bung Tidak Peka. Padahal Ketika Ditanya Ada Masalah, Si Nona Selalu Menggelengkan Kepala

Ya begitulah si nona, selalu menghadirkan teka-teki yang buat laki-laki untuk berpikir sendiri. Ibarat ujian tanpa kisi-kisi, Bung harus mengerjakannya sekuat tenaga dan hati. Si nona pernah dirundung masalah hingga mukanya ngedumel lecek yang membuat Bung bertanya-tanya ada apa. Seraya dengan halus ia menjawab, “Tidak ada apa-apa”, meskipun Bung tahu ada masalah tetapi mengoreknya menjadi hal yang sia-sia. Ketika emosinya sudah mencapai ubun-ubunnya, lagi-lagi Bung jadi korbannya dengan mendapat cap sebagai laki-laki tidak peka.

Selalu Mendengarkan Omongan Orang Lain Meskipun Kenyataan Yang Terjadi Sangatlah Berbeda. Tapi Apa Daya, Si Nona Tetap Teriris Hatinya

Ketika kehidupannya kerap dijadikan bahan omongan beberapa orang hingga sampai kepada telinganya, tentu membuat si nona tak enak badan. Maaf, maksudnya tak enak hati. Kejadian itu membuat si nona down dan kerap menangis karena terkenal syndrom social justice. Padahal Bung bilang, abaikan saja, ibarat anjing menggonggong kafilah berlalu. Tapi bagi si nona kutipan bijak itu tak dapat menjadi jawaban. Intinya, omongan orang pasti ada, lebih baik tak usah didengarkan. Karena hidup itu kita yang jalani tapi orang lain yang pusingi.

Perihal Diet Menjadi Aksara Kambuhan Yang Kerap Tak Bisa Dilakukan

Untuk urusan makanan, Bung selalu bisa melahap apa saja karena badan Bung tidak gampang melar. Beda halnya dengan si nona, yang bisa terbuka perutnya hingga kelihatan gemuk dari biasanya. Menjadi gendut tentu hal yang tidak disukai oleh wanita. Alhasil program diet pun dijalankan, namun programnya tak berjalan karena selalu beringas kalau melihat makanan. Ketika Bung coba mengingatkan, si nona malah sentimen, dengan senjata andalannya si nona berkata, “Kamu harus mencintai aku apa adanya!”. Padahal apabila tubuh si nona bagus, tentu dia juga bakal suka.

Kerap Membicarakan Pernikahan Dan Pelaminan Namun Tak Bisa Menabung, Karena Kalap Melihat Diskonan

Ada dua hal yang saling berkaitan dengan si nona, yakni belanja. Belanja nampaknya menjadi momok yang sulit dihindarkan sehingga si nona tak dapat memisahkan mana yang harus dibeli dan tidak. Namun hal yang tidak perlu dibeli seketika ingin dimiliki saat ada diskonan yang menarik hati. Tak pelak, Bung selalu mengingatkan tentang janji dan ikatan pernikahan yang kerap kali diucapkan setiap telponan. Tetapi si nona bilang, “Ini terakhir, besok aku mulai nabung,”. Ya sudahlah Bung, lebih baik dengarkan dan berdoa saja agar si nona dapat disadarkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

Yomamen.com adalah majalah online khusus pria Indonesia. Lahir dari keinginan untuk menyediakan tulisan khas laki-laki Indonesia. Membahas sekaligus mengkritisi urusan maskulinitas dan gaya hidup pria modern.

Facebook

Copyright © 2017 Yomamen.com

To Top